Jan 272016
 
Airbus A380 (AP Photo/Francois Mori)

Airbus A380 (AP Photo/Francois Mori)

Jakarta -Iran terus mengejar ketertinggalannya di sektor transportasi udara, setelah dicabutnya sanksi internasional khususnya, dari Amerika Serikat dan Eropa.

Iran telah menyatakan niatnya untuk membeli 114 Airbus buatan Uni Eropa. Tidak hanya di situ, kini Iran juga berencana membeli pesawat Boeing buatan Amerika Serikat.

Wakil Menteri Perhubungan Iran, Asghar Fakhrieh Kashan, mengatakan, 26/1/2016, ingin membeli 100 pesawat Boeing tanpa merinci jenis pesawat yang akan dibeli.

Meski masih ada beberapa sanksi tambahan baru dari AS, Boeing tampaknya tidak mempersoalkan rencana pembelian ini.

Negosiasi pembelian pesawat baru antara Iran dan Airbus Eropa lebih maju daripada Boeing AS. Presiden Iran, Hassan Rouhani Rabu, 27/1/2016 akan menandatangani pembelian 114 pesawat baru keluaran Airbus, saat melakukan lawatan ke Paris.

Pembelian pesawat Airbus ini dinilai sangat vital, karena maskapai Iran selama ini dilarang terbang ke ruang udara Uni Eropa. Pesawat milik maskapai Iran dinilai gagal memenuhi standar keselamatan penerbangan.

Airfleets.net, mencatat, umur rata-rata pesawat maskapai Iran berkisar 27 tahun, sudah tua. Untuk itu, maskapai Iran memang sangat membutuhkan pesawat baru untuk peremajaan.

Menteri Perhubungan Iran, Abbas Akhoundi, mengatakan Iran saat ini memiliki 250 pesawat penumpang, namun hanya 150 yang bisa beroperasi. Kini Iran membutuhkan 400 pesawat jet baru untuk melayani rute jarak menengah dan 100 pesawat jet baru untuk melayani penerbangan rute pendek.

Finance.Detik.com

  22 Responses to “Iran Borong Pesawat dari Eropa dan AS”

  1.  

    Widihhh borong2…

    •  

      Ayo PT. DI. .. Buruan tawarin itu pesawat CN235 ke iran. . bisa laku 10 peaawat kan lumayan buat menopang hidup para karyawan. .

      •  

        kalopun mau, sana mesennya ke Airbus deh kyknya 😮 . . . . .

        •  

          Makanya perlu loby pilitik dilakukan oleh pemerintah. Jokowi harus cepat datang ke Iran. Sebelum kena sanksi Iran sudah minta CN235 ke Indonesia tapi keburu kena sanksi ,alangkah lebih baik segera di ulang penawaran baru sebelum di embat airbus.
          Atau DI yang harus agresif menawarkan pesawatnya. Dunia bisnis siapa cepat dia dapat. Saya salut sama presiden CHINA ,begitu sanksi di cabut ,dia jadi kepala negara pertama yang datang ke Ira,

        •  

          yup bung komerat…
          Xi Jinping menandatangani pernyataan bersama dngn Hassan Rouhani dlm mendukung aplikasi Iran tuk mendpt keanggotaan penuh di SCO, yg dianjurkan oleh Rusia & Cina.
          Teheran mengajukan diri tuk menjadi anggotaan pd 2008, namun karena sanksi internasional, negara tsb tak dpt mejadi anggota.

          dngn dicabut’a sanksi, pemerintah Iran mengatakan bahwa salah satu prioritas negara’a adalah mendapatkan keanggotaan penuh SCO.

        •  

          ntar kaum 2D disini, JOKOWI ANTEK SYINGAAAAHHH, la wong mengadakan pertemuan bilateral aja dituduh kayak sebegitunya sama kaum John Ryu..

    •  

      biar si asu gk rese makannya Iran order jg boeingnya hehehhehehe…

      itu semua berlaku buat negara non blok..biar eropa dan usa gk rese beli jg alutsistanya jangan hanya fokus beli punya rusia..klo berat sebelah siap siap aja di kirim krismon dan proxywar….semua itu bisnis..

      dapet note: ojok kesusu kirim pesannya, alon alon bae…

  2.  

    1

  3.  

    Ayo PT DI ini lahan yang menguntungkan utk promosi pesawat buatan DI dengan menawarkan pesawat penerbangan jarak pendek utk maskapai iran…. ayo bersaing, jgn minder….GOooooo…

  4.  

    itu syarat biar gk di embargo om……..syaratnya embargo lo gw cabut..tp lo jangan condong mulu ke rusia……..!!!! gw jg pingin alutsista laku di beli lo…

    cita cita usa itu pengen semua negara menjalin ekonomi ke negaranya..sekarang anda kalkulasikan pembelian pesawat sebanyak 100 biji. gw yakin obama bakal jd saksi pembeliannya..ingetkan Indonesia juga beli airbus dan boeing..

    ini bukan sandiwara om..tp tekanan..ky waktu sma senior gencet junior, gk nurut yg siap jd korban bully dan di fitnah…kan usa dan erope punya temen kuat di timteng, sekali keluarin fatwa semua mematuhi…habislah iran..

  5.  

    iran capek disuruh sandiwara terus, jadinya selesai sudah sinetron season 1-nya hehehe….

  6.  

    disangsi??
    tapi jika beli? oh no problem hhhhhhhhhhhh

  7.  

    Wah…100 milyar dolar piutang Iran yg dibekukan dah mo cair rupanya xixixixi……

  8.  

    Berakhir happy ending, bung. Saatnya memulai season-2 dengan alur cerita yang lebih membikin penonton penasaran.
    Salut buat Iran & Obama xixixixi…..

  9.  

    horang kaya 😎

  10.  

    sekian lama kena sanksi, masih mampu membeli ratusan pesawat penumpang. terbukti bahwa iran tidak mempan ditekan oleh as and the gank, dia mampu bertahan. dapat dijadikan pelajaran untuk negara non blok

    •  

      akhirnya iran jatuh kepelukan fabian kah?

    •  

      @aboed
      Justru embargo barat berhasil melunakkan Iran. Pemilu Iran partainya Ahmedinejad yg keras ke barat kalah dan rakyat Iran pilih partai moderat pimpinan Rouhani. Rakyat Iran sudah cape hidup susah krn embargo ekonomi, dilarang jual minyak dan dicabut dr sistem keuangan dunia, blm lagi inflasi dan pengangguran yg akut.. 70% pendapatan negara Iran adl minyak dan mereka gak bs jual minyak. Akhirnya Iran sepakat perjanjian nuklir dgn AS n the genk. Pelajaran: Negara gak bs makmur klo tidak berdagang dan klo masalah sm negara barat ya siap2 sengsara rakyatnya. Negara sih gak hancur klo diembargo, tp siap2 miskin aja rakyatnya.

  11.  

    siap siap jadi barang rongsokan..bertingkah sedikit,,di embargo

  12.  

    Saudi hentikan penerbangan & perdagangan ke Iran…??
    sinetron murahan.

    Turki bersitegang dngn Rusia…??
    hmm. sinetron akhir pekan.

    perseteruan akar rumput Malaysia & Indonesia…??
    halah… pasti sinetronan jg.

    emang sich, panggung sandiwara…
    tp ga gitu” jg x.