Iran Ganggu Kapal AS di Selat Hormuz

Iran mulai unjuk gigi menghadapi ancaman sanksi ekonomi dari AS. Iran mengatakan akan menutup Selat Hormuz, jika sanksi itu diberlakukan. Keteganganpun mulai meningkat di Selat Hormuz. Insiden pertama terjadi saat USS New Orleans, kapal angkut amfibi, sedang berlayar melewati Selat Hormuz menuju Teluk Persia, minggu lalu. Tiga kapal cepat Angkatan Laut Iran mendekat dalam jarak 500 yard ke kapal AS.

Insiden kedua melibatkan sebuah kapal Penjaga Pantai AS di lepas pantai Kuwait, yang juga didekati satu kapal cepat Iran. Para pelaut di kapal Penjaga Pantai USCGC Adak melaporkan, mereka melihat orang-orang Iran di kapal cepat itu mengacungkan senapan-senapan serbu AK-47 dan satu senapan mesin berat. “Saya dapat mengonfirmasikan ada beberapa gangguan,” kata pejabat senior kepada AFP.

Ketegangan antara AS dan Iran memburuk dalam pekan-pekan belakangan ini saat Barat berusaha memperketat sanksi terhadap Iran terkait program nuklirnya dan serangkaian insiden, seperti pembunuhan pakar nuklir Iran, hukuman mati seorang bekas Marinir Amerika kelahiran Iran atas tuduhan sebagai mata-mata CIA, dan penahanan sebuah pesawat tanpa awak milik AS oleh Iran pada bulan lalu. (JKGR).

Tinggalkan komentar