Des 062018
 

Peluncuran rudal Salamcheh dari sistem pertahanan udara jarak menengah Mersad © Kemhan Iran via Iran Project

JakartaGreater.com – Iran ingin meningkatkan jangkauan rudalnya, seorang pejabat militer senior yang dikutip oleh Reuters mengatakan pada hari Selasa, sebuah langkah yang akan membuat Amerika Serikat menganggap program senjata Teheran sebagai ancaman keamanan regional.

Presiden AS Donald Trump telah menarik diri dari perjanjian nuklir internasional pada bulan Mei dan memberlakukan kembali sanksi terhadap Iran, mengkritik kesepakatan itu karena tidak termasuk pembatasan pada pengembangan rudal balistik Iran.

“Salah satu program terpenting kami adalah meningkatkan jangkauan rudal dan amunisi”, menurut Kepala Staf Angkatan Udara Iran, Brigadir Jenderal Aziz Nasirzadeh, dilansisr dari kantor berita resmi Fars News.

“Kami tidak melihat batasan apa pun untuk diri kami di bidang ini”.

Militer Iran telah menyebutkan 2.000 km (1.240 mil) sebagai jangkauan rudal saat ini, dan mengatakan bahwa pangkalan Amerika Serikat di Afghanistan, Uni Emirat Arab dan Qatar, ditambah lokasi kapal induk AS di Teluk, masih berada dalam jangkauan.

Nasirzadeh tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang “seberapa jauh” Iran ingin meningkatkan jangkauan rudalnya tersebut, menurut laporan Fars.

Teheran menegaskan program misilnya adalah murni defensif namun ancaman akan mengganggu jalur pengiriman minyak melalui Selat Hormuz di Teluk, merupakan akal Washington mencoba untuk menghalangi ekspornya.

Pada akhir pekan yang lalu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengutuk apa yang disebutnya sebagai pengujian rudal balistik jarak menengah yang mampu membawa bermacang jenis hulu ledak sebagai pelanggaran terhadap perjanjian program nuklir Teheran.

Bagikan:

  3 Responses to “Iran Ingin Tingkatkan Jangkauan Rudalnya”

  1.  

    Wah, masih percaya dengan berita menyesatkan dari Reuters? Mana nih para sales pro media barat?

  2.  

    Wow sudah punya yg bagus, masih ingin lagi 😕
    Fateh-110 juga dibilang cukup baik, klo ada rudal yg diluncurkan untuk menargetkan pangkalan minyak di Ras Tanura, sudah cukup itu…..
    Sebutlah 24 rudal Fateh-110 cukup untuk menembus sistem pertahanan patriot yg mangkal di Ras Tanura…. 😆

  3.  

    Iran ditengah tekanan dan sangsi aja masih bs mandiri, lain hal klu minyaknya habis dan itu jg muskil terjadi sekarang.

 Leave a Reply