Iran Kembangkan Radar Canggih, Deteksi Target Jauh

Sistem Pertahanan Udara Khordad 3 Iran. (@ Tasnimnews.com)

Teheran¬† –¬† Jakartagreater.com,¬† Sistem pertahanan udara Khordad 3 Iran yang dikembangkan oleh Iran berhasil mendeteksi dan menjatuhkan drone pengintaian AS, RQ-4 Global Hawk, pada Juni 2019, setelah diduga melanggar perbatasan Iran, dirilis Sputniknews.com pada Minggu 11-8-2019.

Militer Iran telah mempresentasikan sistem radar “Falaq” yang baru, yang dikembangkan dan diproduksi di dalam negeri dan diharapkan untuk melengkapi sistem pertahanan udara yang ada, seperti S-300.

“Falaq” adalah jenis sistem radar bertahap, yang mampu mendeteksi berbagai target dari jarak jauh, kata Brigadir Jenderal Angkatan Udara Iran Alireza Sabahi-Fard pada 10 Agustus 2019.

“Sistem ini memiliki kemampuan tinggi dan dapat mengidentifikasi semua jenis Rudal jelajah, pesawat siluman, sistem Drone, dan Rudal Balistik untuk jarak 400 kilometer”, katanya.

Politisi Iran baru-baru ini telah menekankan pencapaian industri militer Iran, mencatat bahwa salah satu produknya, sistem pertahanan udara Khordad 3, baru-baru ini membuktikan efisiensinya dengan menjatuhkan Drone American RQ-4 Global Hawk.

Teheran mengatakan bahwa Drone itu melanggar perbatasannya dan gagal menanggapi berbagai peringatan, sementara AS mengklaim bahwa UAV terbang di atas perairan netral.

Ketegangan antara AS dan Iran telah meningkat baru-baru ini di tengah kampanye sanksi “tekanan maksimum” Washington terhadap Iran dan peningkatan militer AS di wilayah tersebut.

Tindakan AS telah memaksa Teheran untuk memprioritaskan pengembangan senjata dalam negeri, seperti sistem pertahanan udara, tank dan Jet dalam beberapa tahun terakhir.

Tinggalkan komentar