Iran Klaim Mampu Membuat Kapal Induk Sendiri

Kapal perang angkatan laut Iran (sumber : jakartagreater)

Iran mengklaim mampu membuat kapal induk sendiri tanpa bantuan dari pihak asing. Hal ini diungkapkan Wakil Komandan Angkatan Laut Bidang Koordinasi, Laksamana Peiman Jafari Tehrani.

”Saat ini, Kementerian Pertahanan dan Angkatan Laut sudah membangun peralatan militer untuk perang angkatan laut, namun Departemen Pertahanan akan memproduksi berbagai jenis rudal dan kebutuhan Angkatan Laut lain untuk memenuhi penggunaan rudal itu,” kata Tehrani.

”Membangun sebuah kapal induk juga di antara tujuan yang dikejar oleh Angkatan Laut dan kami berharap untuk mencapai tujuan ini,” lanjutnya, seperti dikutip Russia Today.

Sebelumnya, pada tahun 2011 Iran juga pernah mengeluarkan pernyataan serupa. Namun, hingga kini belum ada realisasinya.
Tahun 2014 ide untuk membangun kapal induk sendiri kembali dipertegas oleh pemerintah Iran, ketika itu seorang pejabat Angkatan Laut Iran, Laksamana Habibollah Sayyari, mengklaim bahwa negaranya mampu membangun kapal induk. ”Seperti yang telah kita kerjakan, berhasil memproduksi kapal perang dan kapal selam, kami juga memiliki kemampuan untuk membangun kapal induk dan kapal selam berat,” tegas Sayyari pada saat itu.

sumber : Russia today

Tinggalkan komentar