Iran Klaim Peringatkan 2 Drone AS selama Latihan Perang Zolfaqar-1400

rudal iran

JakartaGreater – Tentara Iran meledakkan target musuh hipotetis dengan drone bunuh diri buatan dalam negeri selama latihan militer besar-besaran di wilayah pesisir tenggara negara itu dan zona angkatan laut.

Dalam operasi cepat pada hari Senin, 8/11/2021, selama tahap utama latihan bersama, dengan nama sandi Zolfaqar-1400, drone bunuh diri “Arash” Angkatan Darat Iran terbang jarak jauh untuk mencapai target dengan akurasi tinggi.

Drone pengintai juga memantau zona latihan sebelum UAV tempur Angkatan Darat menghancurkan kapal musuh hipotetis.

Menurut juru bicara latihan Iran, sistem rudal pertahanan udara “Mersad” buatan dalam negeri juga mencapai serangkaian target pada Minggu malam.

Latihan perang yang sedang berlangsung meliputi area seluas lebih dari satu juta kilometer persegi di tenggara Iran, membentang dari bagian timur Selat Hormuz hingga bagian utara Samudra Hindia, hingga garis lintang 10 derajat, dan sebagian Laut Merah. .

Pasukan yang bertugas di infanteri Angkatan Darat, unit lapis baja, resimen mekanik, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Pertahanan Udara telah mengambil bagian dalam tahap utama latihan.

Dalam komentar pada konferensi pers pada hari Sabtu, 6/11/2021, Wakil Kepala Angkatan Darat Iran untuk Koordinasi Laksamana Habibollah Sayyari mengatakan latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tempur dan pertahanan unit Angkatan Darat dalam melindungi integritas teritorial negara.

Dia juga mencatat bahwa pasukan Iran akan menunjukkan kekuatan Iran di perairan jauh selama latihan perang, dan memperingatkan musuh bahwa setiap tindakan agresi terhadap Iran akan menarik tanggapan yang menghancurkan dari Angkatan Darat.

Peralatan Baru

Pasukan Angkatan Darat Iran meluncurkan latihan militer skala besar dengan nama kode Zolfaqar-1400 di Laut Oman, utara Samudra Hindia dan sebagian Laut Merah, menggunakan kombinasi peralatan baru.

Latihan perang itu melibatkan pasukan dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Pertahanan Udara. Zona latihan mencakup area seluas lebih dari satu juta kilometer persegi tenggara Iran, membentang dari bagian timur Selat. Hormuz ke bagian utara Samudra Hindia, hingga garis lintang 10 derajat, dan sebagian Laut Merah.

drone iran 1

Drone Iran dalam Latihan Perang Zolfaqar-1400. (@Tasnimnews.com)

Iran mengerahkan berbagai peralatan dan amunisi buatan sendiri, termasuk pengintaian canggih dan drone tempur dengan berbagai jangkauan, akan digunakan dalam latihan perang.

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tempur dan pertahanan unit Angkatan Darat dalam melindungi integritas teritorial negara, kata komandan Iran.

Iran Peringatkan Amerika Serikat

Pertahanan Udara Iran memperingatkan UAV Amerika untuk tidak mendekati wilayah udara latihan militer di wilayah selatan Iran.

Saat Angkatan Darat Iran menggelar latihan perang besar-besaran, dengan nama sandi Zolfaqar-1400, di seluruh wilayah pesisir tenggara negara itu dan zona angkatan laut, unit Pertahanan Udara mendeteksi pesawat Amerika mendekati zona latihan, ungkap Tasnimnews.com, 9/11/2021.

Tentara Iran mengatakan pasukannya telah melacak drone MQ-9 dan RQ-4 Amerika bermil-mil jauhnya dari zona latihan.

Ketika drone AS bermaksud memasuki wilayah informasi penerbangan (FIR) dan zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) di wilayah udara Iran, mereka dilacak dan diberi peringatan oleh Pertahanan Udara Iran, kata Angkatan Darat Iran.

Menyusul peringatan yang menentukan, pesawat tak berawak Amerika, yang memiliki rencana untuk mengumpulkan informasi dan mendekati zona latihan, mengubah jalur mereka dan terbang menjauh dari perbatasan udara Iran, tambahnya.

Latihan militer gabungan itu berakhir pada Selasa pagi dengan parade angkatan laut yang melibatkan berbagai unit Angkatan Laut.

*Foto: Sistem Rudal Iran. (@Hossen Zohrevand- Tasnimnews.com)

Leave a Reply