Iran Luncurkan Dua Sistem Senjata Baru

Jakartagreater.com – Iran telah meluncurkan dua senjata baru – roket udara-ke-darat jarak pendek dan rudal darat-ke-darat berjangkauan 700 km – yang keduanya ditujukan untuk pasar ekspor, lansir Defenseworld.

Iran telah memasok senjata ke Suriah dan negara-negara lain di Timur Tengah dan Afrika secara gratis, dan dengan berakhirnya sanksi PBB bulan depan, Iran kemungkinan ingin menjadi eksportir senjata.

Senjata-senjata itu dipajang di “National Aerospace Park” di Teheran, tempat pameran permanen IRGC yang diresmikan pada hari Minggu.

Roket pemandu ‘Fadak’ yang baru nantinya akan mempersenjatai jet serang Sukhoi Su-22. Teheran telah memproduksi roket Fadak 80 mm yang terinspirasi dari roket S-8 buatan Soviet. Tapi yang baru adalah versi udara-ke-permukaan dengan empat sirip di dekat kepalanya, digunakan untuk memandu roket ke target yang dituju.

Roket ini dilengkapi dengan hulu ledak anti-lapis baja berdaya ledak tinggi. Roket Fadak berbobot 11-16 kg, bergerak dengan kecepatan 700m/detik dan berdaya jangkau 2-4 km.

IRGC juga memamerkan rudal balistik “Zolfaqar Basir” dengan jangkauan 700 km, lebih dari dua kali lipat jangkauan rudal Iran sebelumnya – Persian Gulf (300 km) dan Hormuz (250 km). Hulu ledak senjata dilengkapi dengan sistem pencari optik.

Versi darat-ke-darat dari rudal Zolfaqar (jarak- 750 km) digunakan dalam operasi melawan militan ISIS di Suriah pada Oktober 2018 dan dalam serangan rudal di pangkalan udara AS di Ain al-Assad di Irak pada Januari 2020, lapor media Iran.

6 pemikiran pada “Iran Luncurkan Dua Sistem Senjata Baru”

  1. produktif sekali ni Iran sekarang buat rudal bermacam jenis dan type, negara kalau sudah berhasil kuasai teknologinya suka2 mereka mau buat berapa banyak berapa macam, moga2 kita kebagian rudal yang paket gratisan dan banyak

Tinggalkan komentar