Agu 142018
 

Menteri Pertahanan Iran, Jenderal Amir Hatami berada di dekat rudal Fateh- Al-Mobeen yang berarti Penakluk Hebat © Iran MoD via Tasnim News

JakartaGreater.com – Kementerian Pertahanan Iran meluncurkan generasi baru rudal balistik domestik “Fateh Al-Mobeen” (Penakluk Hebat), yang dapat menghindari radar dan mencapai sasaran dengan akurasi tinggi, seperti dilansir dari laman Tasnim News.

Dalam sebuah upacara yang diselenggarakan di Teheran pada hari Senin, 13 Agustus 2018, Menteri Pertahanan Iran Brigjend Amir Hatami meluncurkan generasi baru dari rudal balistik Fateh Al-Mobeen, menurut keterangan Organisasi Antariksa Kementerian Pertahanan akan mampu memenuhi kebutuhan praktis Angkatan Bersenjata dengan mengubah ide menjadi sebuah produk dalam rentang waktu yang singkat.

Menteri Pertahanan mengatakan bahwa generasi terbaru Fateh ini adalah rudal yang tangkas, mampu menghindar radar dan taktis dengan akurasi yang tinggi, dan telah sepenuhnya dirancang oleh para ahli lokal dan berhasil diluncurkan.

Menteri Pertahanan Iran, Jenderal Amir Hatami berada di dekat rudal Fateh Al-Mobeen © Iran MoD via Tasnim News

Menurut publikasi, rudal balistik jarak pendek terbaru itu memiliki jangkauan antara 300 – 500 kilometer. Bagi Hatami, rudal baru ini menunjukkan komitmen Iran untuk memperkuat kemampuan defensif Iran.

Produksi massal rudal baru tersebut akan membantu Iran membuat langkah besar dalam meningkatkan kemampuan pertahanan dalam negeri dan menambah efek pencegah.

Dia lebih lanjut Hatami menekankan bahwa Angkatan Bersenjata Iran tak akan pernah mundur dari rencananya untuk mempromosikan industri rudal serta meningkatkan kemampuan rudal dalam negerinya.

Rudal balistik Fateh Al-Mobeen ditampilkan saat inagurasi © Iran MoD via Tasnim News

Hatami juga mencela campur tangan asing di ranah pertahanan Iran dan upaya untuk membatasi kekuatan rudal Iran, Brigjend Hatami mengatakan bahwa Iran tidak akan pernah mengizinkan pihak luar untuk ikut campur dalam masalah domestiknya.

Sebelumnya, dalam latihan Angkatan Laut di Selat Hormuz yang berlangsung di minggu pertama bulan Agustus, Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) telah meluncurkan varian anti-kapal dari rudal Fateh-110 Mod 3 dari pangkalan di Bandar-e-Jask, tenggara Iran. Rudal tersebut terbang lebih dari 100 mil di jalur penerbangan di selat Hormuz menuju lapangan uji di gurun Iran, menurut Fox News.

Iran menampilkan rudal jelajah tak dikenal saat parade hari militer bulan April 2018 © Atta Kenare via Defense News

Fateh Al-Mobeen bukanlah satu-satunya “rudal baru” yang ditunjukkan oleh Iran tahun ini. Pada bulan April 2018, Iran juga telah menampilkan rudal jelajah yang tak dikenal selama parade Hari Angkatan Bersenjata Iran. Ditandai dengan inisial dari Angkatan Udara Republik Islam Iran, rudal tersebut memiliki sirip trapezoidal grid yang sering digunakan pada misil buatan AS dan dilengkapi seeker di ujungnya.

Bagikan:

  7 Responses to “Iran Luncurkan Fateh, Rudal Balistik Pribumi”

  1.  

    kapan kita bisa mengikuti jejak iran nih

  2.  

    setuju bung,

  3.  

    Kayaknya Indonesia kudu belajar ke Iran ne, biar ga tergantung impor melulu. Teknologi siluman dan presisi di buat oleh lokal, menjadi harapan baru buat negara 2 berkembang di sekitar.

  4.  

    Tunggu sebentar lagi rudal Indonesia akan muncul

  5.  

    hebat iran, bisa membuat rudal

    •  

      rudal fateh…ini kayaknya untuk rudal balistik jarak pendek. setahuku jenis rudal balistik buatan iran untuk balistik jarak jauh ribuan kilometer cukup banyak. salah satunya, ashora, shab3, sahab 5, koramsar, sejjil, dll

      indonesia harus belajae banyak dengan iran kalau soal missile balistik dan missile ATGM, dan lainnya.

  6.  

    Mantap nih, ditunggu komennya bung Ganar 😀

 Leave a Reply