Iran Perkenalkan Drone Baru Multiguna Bernama Gaza

20210523 112935 e1621745415679

Militer Internasional –  Pesawat tak berawak baru atau drone dengan nama Gaza, dipresentasikan oleh Iran sehari setelah Israel dan Hamas yang berbasis di Gaza menyetujui gencatan senjata setelah 10 hari saling serang dengan permusuhan yang intens.

Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC) telah meluncurkan model baru pesawat udara tak berawak (UAV) yang akan diadopsi oleh militer. Dalam sebuah upacara yang dihadiri oleh Panglima IRGC Hossein Salami, Iran mempersembahkan drone multiguna baru bernama “Gaza”, dirilis Sputniknews.com pada Jumat 21-5-2021.

UAV baru ini menawarkan jangkauan operasional 2.000 kilometer dan dapat mengisi sejumlah peran – bisa menjadi pesawat pengintai, membantu dalam misi pencarian dan penyelamatan, dan membantu mengoordinasikan upaya dalam mengurangi dampak bencana alam.

Selain itu, Gaza juga bisa berperan sebagai drone penyerang. UAV dapat membawa hingga 13 bom dan sekitar 500 kilogram peralatan. Semua persenjataan yang disajikan dikembangkan dan diproduksi di dalam negeri di Iran.

Negara ini telah secara aktif mengembangkan industri pertahanannya dalam dekade terakhir dengan keinginan untuk mengganti pembelian senjata asing, yang menjadi tidak tersedia karena larangan PBB.

Teheran telah mencapai hasil yang signifikan di bidang peningkatan kompleks industri militernya dan meluncurkan sistem pertahanan udara buatan dalam negeri, senjata kecil, speedboat militer, kapal perang, dan bahkan jet.

Larangan PBB atas penjualan senjata ke Iran dicabut pada tahun 2020 meskipun ada protes oleh pemerintahan Trump saat itu, yang mengancam akan memberikan sanksi pada negara-negara yang menjual persenjataan ke Teheran.

*Foto: Drone Gaza. (@ IMA Media – Iran)

Leave a Reply