Iran Persiapkan Penerbangan Perdana Qaher-313

107
4

Jet tempur Qaher-313. (defence-blog.com)

Presiden Iran Hassan Rouhani menghadiri upacara persiapan penerbangan jet tempur siluman single-seat Qaher-313.

Jet tempur Qaher-313 Iran ini diresmikan pada bulan Februari 2013. Jet tempur siluman single-seat dapat lepas landas dan mendarat di landasan pacu pendek.

Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Hossein Dehqan mengumumkan bahwa jet tempur siluman Qaher-313 single-seat hampir siap.

Hossein Dehqan menyatakan bahwa negaranya telah memasuki tahap akhir dari produksi jet tempur yang dikenal dengan nama Qaher-313, menambahkan bahwa pesawat siap menjalani tes yang berbeda.

Qaher-313 (juga bernama F-313) merupakan jet tempur terbaru Iran yang diumumkan pada 1 Februari 2013. Menurut sumber pemerintah Iran, F-313 Qaher dirancang dan diproduksi di dalam negeri Iran oleh Iran Aviation Industries Organization (IAIO), sebuah divisi dari Departemen Pertahanan, dan IRIAF. Manajer proyek adalah Hassan Parvaneh.

Sumber: defence-blog.com

107 COMMENTS

  1. Bner tuh mas jimmy, klo menyangkut iran lebih bnyak propagandanya dr pada riill nya,. Gembar gembor bavar misilnya lebih hebat dr S300 tapi yaa tetep ngotot minta S 300 dari rusia,. Mbangun frigat siluman canggih,. Ga taunya masih rebuild & redisgn dari kaprang bwt vosper inggris wkt d belu era shah iran.

  2. cukup cukup cukuupp bung destro ..!” jangan tulis banyak banyak gitu ..aku sakit bung destroyer ..jagan kau buat aku makin sakit.. hiks hiks hiks..tapi kau peuteuy sungguh teerrrlllaallluuuu …hahaha becanda bung destroyer

  3. saya belum yakin.. belum ada video pesawat take off dan terbang..

    kedua nozzelnya statis..

    ketiga,, sayapnya menurut artikel yg sempat saya baca tadi, bentuk aneh itu tidak terbayangkan fungsinya.. ah entahlah.. itu memang kemajuan avionik dan aerodinamika ataukah sekedar propaganda.

  4. Apakah semua itu rekayasa atau tidak, kita tunggu saja tanggal mainnya.
    karena cepat atau lambat “kebenaran” akan terbukti.

    versi pro atau versi kontra

    saat semua terbukti, kita tinggal lihat, siapakah pihak yang berbesar hati mengakuinya

  5. ya ampun nih iran g ada kapok2 nya dipermalukan… omong2 itu pk mesin apa kecil bener,mesin potong rumput x y… y tp mklum lah untuk naikan popularitas pr politikus iran, klw g slh bentar lg kan akan ada pilpres d iran. kasihan rakyat iran dibohongi teruss…

  6. untuk knalpot dua buah,tangki nya sebesar apa?? belum untuk kemanapun gotong senjata yang berat nya bisa sampai ber ton ton.. lihat dari dimensi sekecil itu hampir mirip sebesar peswat tucano indonesia.
    f16 ajah yang single engine pesawat nya segede gaban.

  7. Ayo iran, yang penting buktikan bisa terbang dulu, biarin aja orang pada sirik dan mencemooh, kenapa? sebab “sirik tanda tak mampu”

    Toh ini masih protoipe, tidak harus memiliki ukuran 1:1 dengan yang telah kalian rancang sebelumnya, toh Jepang juga membuat prototipe tidak seukuran pesawat tempur aslinya.

  8. Kadang heran jg disini rata2 kita suka menghina hasil kerja keras negara lain sementara negara kita aja masih terseok2 dalam pengembangan alutsista dlm negri sampai mengundang negar lain untuk R&D bersama dan pembelian dgn TOT. Negar2 lain walau di embargo disegala bidang masih mampu negaranya berdiri dan berdikari didukung rakyat yg nasionalisme lbh dr bangsa kita!

  9. ????? Apakah pespur itu tdk berkaitan dgn militer? Meskipun pespur2an? (Propaganda)

    “Gak tau gw apa yang gw bisa percaya dengan pernyataan sepihak begini. ”

    Lah terserah situ, percaya ato tdk, terserah.

  10. Mau tanya om, saya newbie.

    1. Jet tempur siluman pasti konsumsi bahan bakar tinggi, karena dia bukan pem-bom. Dia Jet Tempur jadi terbang sedikit diatas permukaan tanah yang rapatan udaranya menyebabkan konsumsi bahan bakar tinggi, itu tanki bahan bakar dimana? Kalau di sayap tahan berapa lama dengan sayap setipis sependek itu?

    2. Saat ini pesawat walking around gw lihat dia bergetar, okelah pesawat bergetar wajar, apa saat dipacu dalam kecepatan tinggi getaran ini akan meningkat? Gw juga menyoroti posisi kokpit yang tidak aero dinamis, gw harap kaca kokpit tebal.

    3. Jet Tempur siluman berarti dia akan membawa setidaknya senjata udara ke udara, tapi dengan konstruksi ringkih seperti itu dia sanggup dog fight? Senapan mesin aja dia ga ada lho, kalau dijadiin bomber (siapa tau) sanggup itu terbang tinggi?

    Catatan
    1. Penyembur jet statis
    2. Minus senapan mesin
    3. Kokpit tidak aerodinamis
    4. (Kemungkinan) jarak jelajah pendek (bahan bakar kapasistas kecil)
    5. Cat yang digunakan cat biasa, bukan stealth paint
    6. Ini baru prototipe, belum bisa dibilang gagal (saat ini)

    • Tahapan banyak, jika pespur diatas bukanlah propaganda, maka pespur diatas masih sebatas Prototype demonstrator / technology demonstrator, jd wajar jika banyak kekurang, belum make cat siluman, kokpit tipis, dll.

      Masalah bahan bakar, letak bahan bakar itu bukan hanya ada pada Sayap, untuk pespur, biasanya letak tangki bahan bakar pada sayap hanya menyumbang sedikit ruang untuk FT

LEAVE A REPLY