Iran Segera Luncurkan Kapal Selam, Kapal Perusak dan Kapal Perang Baru

22
15

TEHERAN – Kepala Staf Angkatan Laut Iran Laksamana Habibollah Sayyari mengumumkan rencana negara itu untuk meluncurkan buatan kapal selam, kapal perusak dan kapal perang peluncur rudal baru dalam waktu dekat.

“Sebuah kapal selam kelas Fateh, kapal perusak kelas Sahand dan kapal perang peluncur rudal lain akan bergabung dengan Angkatan Laut Iran dalam waktu dekat”, kata Laksamana Sayyari kepada FNA di Teheran, Sabtu (28/01/2017).

Menyebutkan bahwa Angkatan Laut Iran berencana untuk bernavigasi ke Samudera Atlantik dan Samudra Pasifik dalam waktu dekat, katanya.

“Kami akan menggelar latihan angkatan laut Velayat 95 di bagian utara Samudera Hindia dan garis lintang 10 derajat pada akhir bulan ke-11 Bahman (kalender Persia yang berakhir pada tanggal 18 Februari) untuk menunjukkan kekuatan kami”, kata Laksamana Sayyari.

Dalam sambutannya pada pertengahan Juni tahun lalu, Laksamana Sayyari mengatakan bahwa Iran akan mengungkap kapal baru dan kapal selam di masa depan.

Juga pada bulan Juni 2016, dia menggarisbawahi kemampuan para ahli Iran untuk merancang dan membangun kapal yang berbeda, termasuk kapal perusak, dan berkata “Kami dapat merancang kapal mulai dari nol dan perancangan kapal perusak Damavand sepenuhnya asli serta kapal perusak Jamaran kami memiliki kemampuan untuk membawa helikopter dan torpedo”.

Dalam beberapa tahun terakhir, Iran telah membuat prestasi besar di sektor pertahanan dan mencapai swasembada dalam memproduksi peralatan dan sistem militer penting, termasuk kapal perusak.

Kapal perusak pertama buatan Iran adalah Jamaran, diluncurkan pada akhir Februari 2010. Kapal Mowdge-Class memiliki bobot 14.000 ton dan dilengkapi dengan radar modern dan kemampuan perang elektronik serta dipersenjatai dengan berbagai rudal anti-kapal, rudal permukaan- ke-permukaan dan rudal permukaan-ke-udara.

Kapal perusak Damavand telah bergabung dengan armada kapal perang negara di Laut Kaspia pada bulan Maret 2015.

JakartaGreater

22 COMMENTS

  1. Ngapain Indonesia ikut2 sama negara yg suka pamer latihan rudal pake potosop atau membuat pesawat gen 5 pake pesawat RC? Daripada Indonesia ikut2 mending dananya ditambahkan untuk bonus prajurit2 yg jaga diperbatasan agar mereka lebih loyal dan makmur.

  2. Peryataan yg harus di pertanyakan mampukah indo memperkuat poros maritim dunia sedangkan selalu berpatronis pada geopolitik kawasan & selatan semu sementara ancaman perang di masa damai tidak menentu ? Para Warjag bercita2 #Peace

  3. Iran masih di belakang Indonesia…
    Liat Indonesia sudah bisa buat apapun yg orang iran tidak bisa..
    Prestasi korupsi #1 di dunia..
    So masih bnyak prestasi indonesia yg lain..
    Jd jgan takut indonesia #1 militernya di Asia tenggara…

      • >>> jadi poros maritim itu cuma dinilai dr tua mudanya kapal perang??? baru tau saya hehe
        Saya berdiskusi itu berdasarkan fakta, kutipan dibawah adalah salah satu point dari arti “Poros Maritim Dunia” yg didefinisikan presiden RI.
        Terakhir adalah sebagai negara yang menjadi titik tumpu dua samudera, Indonesia berkewajiban membangun kekuatan pertahanan maritim.

        Anda keberatan, mana fakta anda?

  4. faktanya kan memang lg dibangun di era skr faktor2 penunjang poros maritim dunia..dgn jangka waktu 2 tahun komen pesimis anda seolah2 kita membangun poros maritim sdh dr puluhan tahun lalu. faktanya komen anda yg buat saya keberatan.

LEAVE A REPLY