Mar 162018
 

Kendaraan Tempur Lapis Baja (AFV) “Eitan” buatan Israel © Israel MoD

JakartaGreater.com – Kementerian Pertahanan (MoD) Israel dan IDF berencana untuk memperkuat Angkatan Darat Israel, yang mencakup, antara lain, melengkapi ratusan kendaraan tempur lapis-baja (AFV) “Eitan” dan mengembangkan meriam masa depan, seperti dilansir dari laman Kementerian Pertahanan Israel.

AFV Eitan sedang dikembangkan oleh Administrasi Merkava dan DCO di Kementerian Pertahanan dan secara berangsur-angsur akan menggantikan kendaraan pengangkut personel lapis baja M113 yang dimulai pada tahun 2020.

Eitan akan menjadi yang paling canggih. Ini akan didasarkan pada teknologi Merkava dan Tiger serta akan dilengkapi dengan sistem pertahanan dan sistem perlindungan aktif dan unik lainnya, sehingga memiliki keuntungan dari kemampuan mobilitas yang sangat baik, di antara sektor tempur yang berbeda dan biaya produksi yang rendah (sekitar setengah dari biaya Tiger).

“Eitan akan memiliki kemampuan yang sangat baik untuk memerangi kejahatan, dan telah diuji pada tahun lalu di semua deskrisi tempur, dari utara hingga ke selatan, baik dalam bidang teknis maupun dalam bidang persenjataan udara, dan telah dirancang dalam arsitektur terbuka yang memungkinkannya menyerap sarana tambahan dan lanjutan yang akan terus dikembangkan dalam menghadapi ancaman masa depan”, kata Brigjend Guy Paglin.

Brigjend Guy Paglin Kepala Dewan Keamanan Nasional mengatakan bahwa “Eitan akan menjadi kendaraan lapis baja teraman di dunia.

Selain itu, Komite Pengadaan Kementerian Israel telah menyetujui pengembangan dan melengkapi pendorong meriam canggih, yang akan menggantikan sistem artileri IDF yang ada selama dekade berikutnya.

Menteri Pertahanan Israel, Avigdor Lieberman mengatakan bahwa dalam satu dekade, angkatan darat akan terlihat benar-benar solid, lebih mematikan, lebih cepat dan lebih berteknologi maju. Dari miliaran uang yang telah dibelanjakan dalam satu dekade.