Mar 102018
 

Formasi jet tempur siluman F-35A Lightning II Angkatan Udara AS. © US Air Force via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Laporan bahwa Amerika Serikat kini sedang mempertimbangkan untuk menjual jet tempur canggih generasi kelima F-35 ke Uni Emirat Arab baru-baru ini menimbulkan kekhawatiran di Israel setelah Institute for National Security Studies di Tel Aviv menerbitkan sebuah artikel yang memperingatkan tentang bahaya bagi Israel, seperti dilansir dari laman Jewish News Syndicate.

Menanggapi laporan tersebut, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu meyakinkan bahwa keuntungan kualitatif Israel jelas bagi semua orang.

“Hal ini tercermin juga dalam sistem persenjataan ini, dan begitulah terus”, katanya, merujuk pada jet tempur siluman F-35i Israel yang dijuluki Adir atau perkasa dalam bahasa Ibrani.

Di bawah kepemimpinan Netanyahu, Israel kini telah menjadi negara pertama di luar Amerika Serikat yang memiliki armada jet tempur generasi kelima F-35i sejak tahun 2017.

Jet tempur siluman F-35i Angkatan Udara Israel (IAF). © Major Ofer (IAF) via Wikimedia Commons

Artikel yang ditulis oleh peneliti Shimon Arad itu memperingatkan bahwa superioritas udara Israel selama dekade berikutnya akan mencapai tingkat yang besar bergantung pada keunggulan teknologi yang dimiliki jet tempur F-35i. Dan akibatnya, Israel harus mempertahankan eksklusivitas regionalnya dari platform ini serta berupaya menunda pelepasan jet tempur generasi kelima ke negara-negara lainnya di kawasan tersebut selama mungkin.

Alasan di balik pertimbangan AS untuk menyediakan UEA dengan kemampuan F-35 ini akan memberikan batas keseimbangan kekuatan regional terhadap Iran. Ini juga akan menguntungkan perekonomian AS, khususnya bagi Lockheed Martin, sang produsen senjata yang memproduksi jet tersebut.

Berbagi

  18 Responses to “Israel Cemas Karena AS Ingin Jual F-35 ke UEA”

  1.  

    Mulai dah si IsroHell kebakaran jenggot.

  2.  

    Mending milih F-16V dg Kemampuan Radar Jet Tempur Generasi 5

  3.  

    Indonesia dg f16 aja gk cemas knp learsi cemas?? Apasiih hebatnya pespur f35

    •  

      F-35 banyak disebut sebagai Pigeon, dan pigeon terkenal “setia pada pasangan sampai mati” atau “Pigeon Tak Pernah Ingkar Janji” xixixi :-v

    •  

      Bisa nembak rumah orang…xixizi

    •  

      Kayak nya bisa menghindar dari dog fight pesawat jet tempur biasa,kalo radar darat bisa mengetahui, pas di datengin pesawat jet ,gak kedetek di radar ,nah itu keunggulanya

    •  

      Ya jelas aj ketar ketir bang, gmn nggk tuh kalo musuh yg pake f 35 bisa nembak pespur gen 4 macam f 16, sedangkan si falcon kaga bisa nembak balik .

    •  

      duit mah kgk bisa bo’ ong dah……
      lihat saja F-111 aardvark,, walau orang bilang proyek gagal, tetapi pesawat yg bisa melakukan deep strike dan mengangkut bom nuklir justru memberikan efek deteran.

      padahal dulu orang kgk nyangka kalau F-111 adalah pesawat tempur gagal tapi setelah berubah fungsi menjadi pesawat pembom nuklir malah sudah kelihatan hebatnya.

  4.  

    Wajar nggak pake IWB / CWB, Yg jelas F-16 V pasti di beli krn utk mencetak calon calon pilot heavy fighter

  5.  

    Arap seharusnya jgn beli alusista dari usa tahu sendiri usa sekutu israel.. Pasti fitur pesawat akan di buat beda dan di bawah israel… Mending beli su57 rusia

  6.  

    Tuh tetangga mulai ancam uni eropa terkait sawit 😀 hehehe

  7.  

    divisi tink tank israel pernah memberikan opini kepada Knesset ( parlemen israel)
    kenapa pemerintahnya harus mencegah penyebaran pesawat tempur canggih kepada negara negara timur tengah ( irak iran,arab,jordania,UEA,kuwait, suriah,lebanon, yaman, dan afrika( mesir, libya, aljazair, tunisia, maroko)
    pada saat itu tahun 2012 total gabungan negara timur tengah dan afrika ( mesir , libya) jika seluruh alusista tempur di kumpulkan mencapai

    1, pespur 1,460 unit
    2,helicopter 2,100 unit
    3.tank berat / ringan 2,500 unit
    4.roket jarak menengah 15.000 misil / baik versi jadul dan modern

    jadi bisa di bayangkan jika suatu saat negara negara timur tengah dan afrika bersatu dan menyerang israel secara dadakan….
    karena menurut mereka tidak ada yang tidak mungkin
    hal ini yang menyebabkan sampai sekarang pemerintah israel selalu berusaha mencegah penyebaran/pembelian alusista canggih kepada negara timur tengah dan sekitarnya yang dapat membahayakan dominasi israel di timur tengah

 Leave a Reply