Sep 132017
 

Kunjungan PM Israel Benjamin Netanyahu di Argentina, 13/9/2017 (@netanyahu)

Jerusalem – Israel mendukung pembentukan sebuah negara Kurdi, ujar Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, Rabu, 13/9/2017 saat pihak Kurdi di Irak mendorong sebuah referendum mengenai kemerdekaan yang ditentang para anggota parlemen di Baghdad.

Israel telah menjalin hubungan bisnis, militer dan intelejen yang dilakukan berhati-hati dengan pihak Kurdi sejak tahun 1960-an, dengan memandang kelompok etnis minoritas itu sebagai penyangga terhadap musuh-musuh dari Arab. Populasi Kurdi tersebar berada di Irak, Turki, Suriah dan Iran.

Pemimpin Kurdi Irak Massoud Barzani mengatakan dia akan mendorong referendum pada 25 September kendati pemungutan suara di parlemen Irak menolaknya.

“(Israel) mendukung usaha-usaha sah rakyat Kurdi untuk mencapai negara mereka sendiri,” ujar Netanyahu, dalam keterangan yang dikirim ke koresponden luar negeri oleh kantornya.

Kekuatan-kekuatan di Barat mengkhawatirkan referendum di kawasan semi otonomi Kurdi di Irak – termasuk kota Kirkuk yang kaya minyak – bisa mengalihkan perhatian dari perang melawan para militan ISIS.

Namun, Netanyahu mengatakan Israel memandang Partai Pekerja Kurdi (PKK) yang berkedudukan di Turki sebagai kelompok teroris, sikap yang sama diambil Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa. Sementara, seorang jenderal Israel mengatakan dalam jumpa pers di Washington pekan lalu bahwa ia secara pribadi tidak memandang PKK, -yang para anggota militannya bertempur melawan Turki selama lebih tiga dekade- sebagai kelompok teroris.

Netanyahu, yang dijadwalkan akan berpidato di Sidang Umum PBB pada 19 September, telah menyuarakan dukungan bagi aspirasi rakyat Kurdi dalam pidatonya pada tahun 2014, dengan menyatakan mereka berhak memperoleh “kemerdekaan politik”. Keterangannya yang terbaru itu tampaknya pengesahan yang lebih langsung bagi pembentukan sebuah negara Kurdi.

Tetapi sikap Netanyahu akan membuat masalah di Baghdad yang tak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel dan mempunyai hubungan kuat dengan Iran sebagai musuh bebuyutan Israel.

Negara-negara tetangga Irak -Turki, Iran dan Suriah- menentang referendum, yang takut akan mengobarkan pemikiran untuk memisahkan diri di antara populasi etnis Kurdi di masing-masing negara.

Orang-orang Kurdi mengupayakan sebuah negara merdeka sejak sedikitnya akhir Perang Dunia I, ketika kekuatan-kekuatan kolonial memecah belah Timur Tengah setelah kejatuhan Kekaisaran Usmani yang multi etnis (Antara/Reuters).

  21 Responses to “Israel Dukung Pembentukan Negara Kurdi”

  1. nih,negara ppengacau mencak2

    • Menurut Dr. Iman Musthafa Bagha, dalam bukunya yang berjudul, “Apa Masalah Kurdi di Masa Sekarang?” masalah Kurdi bagi Barat adalah karena Shalahuddin Al-Ayyubi lahir dari mereka. “Inilah yang membuat Barat membiarkan mereka tanpa negara ketika membagi-bagi negeri kita menjadi terpecah-pecah dalam perjanjian Sykes Picot,” ungkapnya.

      Prof. Dr. Fayiz Muhammad Al-Isawi, Profesor dan Kepala Departemen Geografi Fakultas Adab Universitas Alexandria Mesir, juga melihat bahwa kekuatan negara-negara besar seperti Rusia, Amerika dan Inggris serta negara-negara yang menampung masyarakat Kurdi (Turki, Irak, Suriah, Iran dan lainnya seperti disebutkan sebelumnya) tidak akan mengizinkan Kurdi mendirikan negara merdeka. Mereka semua sepakat bahwa berdirinya negara Kurdi hanya akan menambah masalah antara Kurdi dan tetangga-tetangganya.

      m.kiblat.net

    • Tapi secara pribadi saya yakin, bahwa negara Kurdi suatu saat pasti akan berdiri dan kembali menguasi wilayah Kurdistan yg sudah di pecah2 oleh british alias si dedengkotnya dajjal dunia.

      Saya melihat kelompok amirikiyah dan british cs sudah begah melihat realitas politik negara Turkiyem, Irak, Iran dan terakhir Suriah sudah tidak sesuai dengan harapan alias susah diatur dan sentimen anti barat semakin menguat di wilayah tersebut.

      Nah… melalui kacungnya si Israel-lah kelompok barat mulai memainkan kartunya lagi di timur tengah…… seandainya semua sesuai rencana, ladang minyak di sebagian wilayah Turkiyem, Irak, Iran dan Suriah bisa dikontrol sama mereka.

      Semuanya keputusan ada di tangan suku Kurdi, maukah mereka bersatu dan mengesampingkan orientasi politiknya demi mendirikan sebuah negara yg merdeka ataukah tetap pada pendirian mereka dengan konsekuensi dijadikan warga kelas dua di negara tempat tinggal mereka masing2 ??…

      Let’s party babe…. salut buat kacung british di timur tengah….

      Nah…. melalui

  2. mau apa maksud nya, hati2 politik adu domba dr bangsa terkutuk israhell, ….. !!!

  3. Jd ingat sejarah dmn Inggris berhasil memecah belah rakyat Turkey Usmani dgn agen lapangannya Lawrence “the Prince of Arabia” dgn hasutannya agar suku2 dibawah kekalifahan Turkey memberontak, ketika Turkey Usmani tumbang melalui pemberontakan2 sehingga kepala2 suku Kabilah mendirikan negara2 baru dmn salah satunya Bani Saud mendirikan Arab Saudi. Sesudah itu negara2 Eropa berebut menjajah jazirah Arab dmn dgn bantuan Inggris bangsa Yahudi mendirikan Israel dan skrg didukung penuh AS makanya dia jd sombong dan angkuh menjadi Faktor kehancuran jazirah Arab dan Afrika. Skrg malah mendukung pemberontak Kurdi mendirikan negara, makin kurang ajar dia!

  4. makin gila aja nih israhell

  5. Setelah gagal membenturkan dgn Rusia dan Upaya Kudeta sekarang mendukung kemerdekaan Kurdi .. Satu tujuannya menjatuhkan Erdogan.
    Pokoke mumet Israel… Gagal terus.. Hehehe.

  6. Sang pengacau kawasan timteng dan timteng semakin gaduh israel lah yg akan bahagia… Tp klo mereka bersatu. Israel pasti akan kelojotañ… Harus hati2 dgn adu domba pihak israel..

  7. Jika keinginan israel itu terjadi? Yg pasti menyerang israel lebih dulu adalah turky habis habisan.
    ?

  8. Jika keinginan israel itu terjadi? Yg pasti menyerang israel lebih dulu adalah turky habis habisan.
    ?

  9. Nampaknya ada plan B israel dan kuncunya utk.memporak porandakan timteng.

  10. Politik pecah belah

  11. Semakin mudah mengadu domba negara2 timur tengah. Dan konflik timur tengah akan terus bergejolak, amerila dan rusia sebagai produsen senjata militer akan semakin banyak oderan.

  12. jika turki mampu mk perang dong lwn israel jgn bacot doang… siapa sih turki itu…?

  13. Sebenarnya sudah terlihat dari ketegangan yang terjadi antara Turki dengan USA yang memfokuskan membantu YPG di Suriah, dan mulai melepas dukungan kepada FSA… yang menjadikan situasi rumit adalah kondisi di Irak yang notabene didukung USA sehingga jika Irak terjadi ketegangan maka situasinya akan rumit dan mungkin Irak akan kalah, beberapa kali milisi ISIS justru menyerahkan diri ke Kurdi Irak daripada kepada pemerintah Irak… situasi yang semakin rumit, di Suriah mungkin akan semakin memperpanjang masa perang jika sampai terjadi benturan antara pemerintah Suriah dan Kurdi… hadewwww

  14. @toni siaro… Wah profokator ini
    maaf suhu2 numpang gabung

  15. Dengan begini turki dan suriah akan meningkatkan serangan kepada YPG dukungan amerika..mumpung belum merdeka seenak mereka..!!!

  16. @dito dompleng, situ mau kena dompleng jg. xi…xi

  17. Populasi Kurdi tersebar berada di Irak, Turki, Suriah dan Iran.
    -Otak bencana = Israel = arab ancur = Caplok Plastina gampang
    -Stelah proxy isis dan dapet Golan sekarang ingin mengobarkan Kurdi biar Kebakaran Irak, Turki, Suriah dan Terutama IRAN

 Leave a Reply