Jan 152018
 

ilustrasi : Jet Israel

Gaza, Jakartagreater.com – Militer Israel, mengatakan pada Minggu 14 Januari 2018 telah menghancurkan sebuah terowongan serangan lintas perbatasan yang membentang dari Jalur Gaza ke Israel dan Mesir, yang digali oleh Hamas, kelompok gerilyawan yang mengendalikan daerah kantong Palestina.

Warga di Jalur Gaza mengatakan bahwa jet-jet Israel mengebom sebuah daerah di sebelah Timur kota Rafah di bagian Selatan Jalur Gaza, dari perbatasan Mesir dan Israel, pada Sabtu 13 Januari 2018 malam. Israel segera mengkonfirmasi serangan tersebut, namun tidak memberikan rincian sampai pada Minggu 14 Januari 2018.

“Kami memahami ini adalah terowongan teror sebab berada di bawah fasilitas strategis,” juru bicara militer Israel Kolonel Jonathan Conricus mengatakan, mengacu pada jaringan pipa gas dan bahan bakar, serta posisi tentara yang dilaluinya. “Ini juga bisa membantu memindahkan teroris dari jalur Gaza ke Mesir untuk menyerang sasaran Israel dari Mesir.” Hamas tidak memberikan komentar.

Kolonel Jonathan Conricus mengatakan bahwa terowongan yang dihancurkan pada Sabtu digali oleh operasi kunci Hamas dan memiliki panjang 1,5 km (sekitar satu mil), menembus 80 meter (260 kaki) di bawah perbatasan Kerem Shalom yang melintasi Israel dan ke Mesir.

“Ini jelas suatu kemungkinan bahwa sebuah serangan akan terjadi dalam waktu dekat,” kata Kolonel Jonathan Conricus, tapi tidak akan menjelaskan lebih jauh. Kerem Shalom, jalur utama untuk barang-barang yang memasuki Gaza, ditutup pada Sabtu 13 Januari 2018 sebelum serangan Israel.

Ketegangan meningkat di kawasan ini sejak Presiden Amerika Serikat Donald Trump membalikkan kebijakan Amerika Serikat yang telah berlangsung selama beberapa dasawarsa pada 6 Desember 2017 dengan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Warga Palestina di Gaza telah meluncurkan 18 roket lintas batas atau mortir dan 15 pemrotes dan 2 orang bersenjata terbunuh oleh tembakan Israel.

Eskalasi bisa dengan mudah terjadi, meski kedua belah pihak telah memberi isyarat bahwa mereka tidak menginginkan hal itu terjadi. Selama perang Gaza terakhir, pada tahun 2014, pejuang Hamas menggunakan lusinan terowongan untuk menghindari pasukan Israel dan ancam masyarakat sipil di dekat perbatasan. Militer Israel mengatakan telah menghancurkan 3 terowongan tersebut dalam 2 bulan terakhir.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa terowongan itu adalah “infrastruktur terorisme utama milik HAMAS di Jalur Gaza.” “Hamas harus mengerti bahwa kami tidak akan membiarkan serangan ini berlanjut dan kami akan meresponsnya dengan kekuatan yang lebih besar lagi, “katanya kepada wartawan sebelumnya terbang ke India.

Israel sedang membangun sebuah dinding bawah tanah yang dilengkapi sensor sepanjang perbatasan sepanjang 60 km (36 mil), dan bertujuan untuk menyelesaikan proyek senilai 1,1 miliar dolar itu pada pertengahan 2019. (Antara/Reuters)

  60 Responses to “Israel Hancurkan Terowongan Gaza di Perbatasan Israel-Mesir”

  1.  

    Bravo Israel.

  2.  

    Antek Israel.. xixixi

  3.  

    asik.. ada yg mau adu tanding…kapan di mulainya. jam brp..jg lupa undang semua warjag..tiap hari loh ane suka keliling lewat situ.. sepi g ada yg beli.. smoga dg adanya even ini .. lumayan buat nambah penghasilan. hihihihihi..piss

  4.  

    Mana nih yg hobi maen kompor?? Payahlah ditantang begitu langsung silent wkkkkk….

  5.  

    Organisasi yg melawan hegemoni AS+Israel lgsg dicap teroris, nah kedua negara sebagai biang kerok teroris sesungguhnya pantas disebut apa? Susah klu pedagang HAMburger dan DemoCrazy merasa polisi dunia sekaligus eksekutor jg merangkap hakim ya hukum sesuai seleranya dmn deputy2nya aka kacungnya disetiap kawasan siap membela!

  6.  

    NENG AGATO BACOT DOANG. BERMULUT BESAR SEPERTI MAJIKANNYA TRUMPET.

  7.  

    Sudahlah bung AGATO dan bung Ganar jng kepancing emosi……masa sesama kita kok malah yg gontok gontokan.
    Adu argumen monggo….tp kepala tetap dingin dan perkataan tetap terkontrol, biar gak ada saling ketersinggungan.
    Ayooo…semangat pagi….xicixicixi

  8.  

    wooww,, so sweet..

  9.  

    Kemerdekaan adalah hak segala bangsa….. menurut UUD 1945. Saya Indonesia. Jadi Say No to Agressor.

    Freeedom for Palestine.

  10.  

    Udah bubar yah…..?!!!!

  11.  

    Semangatt

 Leave a Reply