Jun 152016
 

New York – Israel terpilih sebagai ketua komite PBB untuk pertama kalinya sepanjang 71 tahun sejarah badan dunia ini. Terpilihnya Israel menuai protes dari negara-negara Arab dan Palestina, (13/06/2016).

Duta Besar Israel Danny Danon terpilih sebagai ketua komite bidang hukum Majelis Umum PBB meraih 109 suara dari total 193 negara anggota.

Pemungutan suara memilih Danon dilakukan secara rahasia atas permintaan negara-negara Arab. Pemimpin semua komite lain dipilih melalui konsensus.

Duta Besar Palestina Riyad Mansour mengkritik organisasi regional Arab karena mengajukan pencalonan Danon yang dituding tidak layak dan hanya memecah belah.

“Mereka seharusnya mengajukan calon yang sangat bertanggung jawab dan bukan orang yang melakukan pelanggaran berat hukum internasional,” ujar Mansour.

Duta Besar Yaman Khaled Alyemany, ketua Grup Arab di PBB, meminta kepada semua negara anggota untuk memprotes pemilihan Danon sebagai ketua komite.

“Kami tidak bisa menerima negara seperti Israel, yang pelanggar hukum internasional dan kemanusiaan dan penjajah terakhir di dunia, memiliki hak menangani semua urusan hukum,” tegas Alyemany.

Pencalonan Danon didukung Amerika Serikat dan negara-negara Eropa.

Sebagian besar rancangan resolusi yang diadopsi oleh Majelis Umum dilakukan oleh komite, yang mengajukan kebijakan yang disetujui semua negara anggota PBB.

Antara

Bagikan:
 Posted by on Juni 15, 2016