Israel Konfirmasi F-35I “Adir” Telah Digunakan Menyerang Target

Jet tempur siluman F-35i Angkatan Udara Israel (IAF). © Major Ofer (IAF) via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Jet tempur siluman F-35I “Adir” alias “Perkasa” milik Angkatan Udara Israel (IAF) telah melakukan serangan udara pertama mereka terhadap sasaran musuh, menurut Kepala Staf IAF Mayor Jenderal Amikam Norkin pada 22 Mei, seperti dilansir dari laman IHS Jane.

“Menurut saya, kita adalah yang pertama menyerang dengan F-35 di Timur Tengah”, kata Mayjend Norkin dalam pidato selama konferensi angkatan udara.

Sambil menampilkan sejumlah foto yang menunjukkan F-35I terbang di atas Beirut, ia menambahkan, “Saya tidak yakin tentang area lain, tetapi seperti yang Anda lihat disini, kami sudah menyerang dan ini adalah pertama kalinya kami membahas masalah ini”.

“Tujuan utama jangka pendek kami adalah untuk mengintegrasikan pesawat generasi kelima [F-35] dengan skuadron generasi keempat”, katanya. “Ini adalah tantangan besar dan saya pikir, kita mulai memahami potensi besar dari platform ini”.

Menanggapi komentar itu, Rick Edwards yang menjabat sebagai Wakil CEO Lockheed Martin International, mengatakan kepada wartawan di Israel, “Saya tidak terkejut sama sekali bahwa Israel adalah operator F-35 yang pertama” menggunakan pesawat untuk membawa serangan keluar.

Edwards juga menegaskan bahwa “Israel akan mengintegrasikan senjata pilihannya di pesawat siluman tersebut”. Meskipun dia tidak mengidentifikasi amunisi apa yang mau diintegrasikan oleh IAF pada F-35I.

“Saya tidak melihat kekhawatiran tentang mengintegrasikan produk Rafael dan bahwa kedua perusahaan masih terus berbicara tentang topik ini”, kata Edwards.

Rafael adalah perusahaan pertahanan asal Israel yang membuat rudal udara-ke-udara Python 5 serta I-Derby dan keluarga SPICE dari bom yang berpemandu.

Tinggalkan komentar