Nov 182016
 
T-90A

T-90A

Tel Aviv – Israel meminta Rusia untuk tidak membuat kesepakatan besar dengan menjual jet tempur dan senjata canggihnya kepada Iran. Permintaan itu disampaikan Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman. Lieberman mengungkapkan, Tel Aviv tetap mengajukan permintaan tersebut kepada Moskow meksipun mereka sadar permintaan itu sulit dipenuhi. Sebab sudah menjadi rahasia umum bahwa penjualan senjata adalah salah satu upaya pemerintah Rusia untuk menyelamatkan perekonomiannya.

Menurut laporan media Rusia, Moskow dan Teheran telah melakukan transaksi penjualan alat-alat tempur, seperti jet tempur, tank T-90, helikopter dan artileri. Nilai transaksi mencapai USD 10 miliar atau Rp 135 triliun.

Lieberman mengklaim pada tahap ini Rusia dan Iran hanya membahas kemungkinan kesepakatan penjualan senjata dan belum ada yang ditandatangani. Dia mengatakan Israel mengangkat isu ini selama kunjungan Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev ke Israel pekan lalu.

”Jelas, ini sangat tidak menyenangkan kami. Kita bicara dengan mereka dan mencoba untuk menjelaskan, tapi akhirnya setiap negara bertindak sesuai dengan kepentingannya sendiri.

Rusia berada dalam kesulitan ekonomi dan akan melakukan menurutnya baik bagi negaranya,” ujar Lieberman, seperti dikutip Haaretz, (17/11/2016).

Rusia seperti diketahui telah mengirim sistem rudal pertahanan udara S-300 ke Iran. Israel mencoba selama beberapa tahun untuk menekan Presiden Vladimir Putin agar menunda pengiriman rudal ke Teheran.

Lieberman juga mengomentari pasukan Rusia yang beroperasi di Suriah. Menurutnya, pasukan Rusia dan Suriah telah dibekali dengan rudal canggih.

Sementara itu, Ketua Komite Pertahanan Dewan Federasi Rusia, Viktor Ozerov mengatakan negosiasi masih berlangsung. Jika kesepakatan tercapai, Rusia bisa memasok senjata kepada Iran. Ozerov melanjutkan, senjata Rusia akan dikirimk secara bertahap selama beberapa tahun. Pengiriman pertama senjata Rusia hanya bisa terjadi pada tahun 2020, ketika sanksi terhadap penjualan senjata kepada Iran dicabut.

Sumber : Okezone.com

Bagikan:

  42 Responses to “Israel Minta Rusia Tidak Jual Senjata Canggih ke Iran”

  1.  

    Kalau iran dijadikan pion oleh rusia untuk melumat israel, pasti seru ceritanya.

  2.  

    dasar negara yahudi. ini ketakutan mereka terhadap iran. jangan dengerin si yahudi itu rusia mereka ada magsud untuk itu semua.

  3.  

    israel oh israel, ngaku aja kalo kalian takut perang lawan IRAN, pake acara membujuk segala..

    blok blok barat aja, gak usah ngurusi urusan blok timur..parah kalian.

  4.  

    Otak yahudi iseael emang licik
    Punya senjata nuklir negara tetangganya ga boleh punya. Punya senjata canggih Negara tetangganya ga boleh punya

  5.  

    Lo antara ishaell dan Iran kan berjauhan …. apalagi dibatasi oleh negara Suriah dan irak ….. takut amat negara yahudi ini …..

  6.  

    Negara yang paling melanggar HAM itu Yahudi Israel, Negara penjajah Palestina

    Ko PBB Pada diem aja.. aneh..??

  7.  

    tumben gk ada yg bilang itu “sandiwara” mereka teman sejati

  8.  

    Saya pernah di ceritakan oleh paman saya,bahwa jawa tengah di daerah sekitar banyu mas pernah jadi uji coba nuklir amerika kalau ga salah di tahun 2008,,tapi yg aneh nuklir itu hilang entah kemana,banyak yg sedang mencari keberaanya,katanya sampai sekarang masih aktif,wallohua’lam

  9.  

    memang jhanam israel, takut kalau iran kuat

  10.  

    yahudi dan iran sebenarnya adalah sahabat, mereka cuma sandiwara aja…mereka nggak pernah perang dan tidak akan pernah perang

  11.  

    Om putin,coba ajak” pak joko ke suria lait alusista rusia yg canggih” menggempur pemberontak dan militan isis. Siapa tau pak joko tertarik dan beli alusista dari rusia yg canggih” hihihi ..

  12.  

    Israel dan Amerika adapah dua negara yang saling membutuhkan.
    Israel selain konsumen Amerika juga salah satu negara yang memegang kunci gudang arsenal alutista Amerika di dunia (bagian negara-negara Arab).
    Sedangkan Iran adalah salau satu negara yang di dataran Arab yang ingin memperbaiki sistem alutistanya ke level yang lebih up to date dengan sekema alutista anti dot dari alutista Amerika atau Israel.
    Kompetisi alutista di dataran Arab sudah memasuki fase yang sangat mengkhawatirkan, hal tersebut dikarenakan adanya pihak ke tiga (ISIS, Houti, Hamas dan sebagainya) yang mendapatkan alutista dari hasil pasar gelap atau penyelundupan.
    Mereka (para eksportir alutista ke dataran Arab) tidak terlalu khawatir akan sekema pembayaran dari para pembeli / pengguna (importir) karena selain mendapatkan uang dari penjualan alutistanya, banyak di antara mereka membeli minyak mentah yang sangat jauh lebih murah dari hasil pasar gelap di negara-negara Arab.
    Oleh sebab itu para negara-negara yang besar dan mempunyai pengaruh besar sering membuat sekenario perang di dataran Arab dengan alasan-alasan yang bahkan tidak terbukti, sepeti yang terjadi di negara Irak.

  13.  

    Knp bukan Indonesia meminta rusia tdk menjual alutsista canggih ke israel..

  14.  

    .

  15.  

    YANG DITAKUTI ZIONIS ITU RUDAL IRAN DAPAT MENJANGKAU SEMUA KOTA DI ISRAEL.

    ZIONIS JUGA TAKUT JIKA PEJUANG SUCI HIZBULLAH MENDAPATKAN SENJATA CANGGIH.

    PADA PERANG 2006 TERBUKTI PEJUANG SUCI HIZBULLAH MEMBERI BANYAK KEJUTAN KEPADA ZIONIS SEHINGGA BERHASIL MEMUKUL MUNDUR TENTARA YAHUDI DAN ZIONIS MENAGGUNG MALU DENGAN KEKALAHAN.

  16.  

    Borrooong…

  17.  

    Mereka sahabat kental bung,, dajjal tu klwrnya di negara iran,, ada perkampungan yahudi di iran,, mereka persiapkan tentara terhebat dajjal

  18.  

    Namanya juga orang jualan mau jual kesiapa aja ya monggo yg penting barang laris uang kekumpul.

  19.  

    Realita yang ada israel takut klo iran semakin kuat..Iran adalah ancaman yang nyata buat israel..klo gak dilindungi usa, israel dari dulu sdah dilenyapkan sama negara2 arab. peralatan militer produk rusia kualitas terbaik, sistem pertahanan rudal, pesawat tempur, kasel..

  20.  

    apakah bnar iran n israel bersahabat???
    bukannya saudi yg sbnarny tman dekat israel!!!

  21.  

    hak pribadi Iran dan Russia utk melakukan bisnis FJB..

    sangat aneh jika ada pihak luar yg ga terima..

  22.  

    tausiyah ketika saudi dan uni emirat arab ketakutan sama revolusi iran
    akui saja ini akibat mencampur adukkan agama ke ranah politik perebutan/ keinginan utk terus menancapkan kekuasaan dan pengaruh
    semoga republik ini dilindungi dari orang2 yg punya pikiran seperti mereka

  23.  

    klo ane jawab, bakal d respon ga…??
    he… he…

  24.  

    Mungkin Maksud nya Israel …
    Russia Tidak boleh jual Alutsista Ke Iran …
    Sebab ..sudah jadi Hak Israel …yang biasanya selalu rutin jual senjata Ke Iran …
    Sudah Biasa … dari 1984,sampai sekarang …
    Terutama spare part nya F 4 Hercules Bell Iroquois M113 …SAM hawk….spare parts F14 Dan F 5 Tiger ….
    Dan lain lain …
    Sudah terang2an kok masih dibantah ..

 Leave a Reply