Jan 172019
 

Israel sebar baterai Iron Dome disekitar tanaman langka © Israel Defense Forces via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Warga komunitas Israel yang dekat dengan perbatasan Gaza bersatu untuk menyelamatkan bunga langka yang berada dalam bahaya kehancuran dengan sistem anti-rudal Iron Dome, seperti dilansir dari laman Ynet News pada hari Minggu.

Sistem anti-rudal pertahanan udara, Iron Dome tersebut memainkan peranan sentral dalam melindungi penduduk setempat dari serangan roket yang sering ditembakkan dari kantong-kantong yang dikuasai Hamas disekitar pantai.

Penduduk setempat mendekati GOC Komando Selatan, Mayjen Herzl Halevi dan Komandan Angkatan Udara Israel Mayjen Amikam Norkin, dan mengajukan permintaan supaya sistem rudal Iron Dome dipindahkan ke tempat yang lain, untuk menyelamatkan Iris Mariae, yang tumbuh di daerah tersebut.

“Kami berterima kasih dan menghargai pekerjaan Anda, tak perlu menjelaskan betapa berartinya kehadiran Anda di sini bagi kami dan bagi rasa aman kami. Tetapi kami merasa amat sangat bahwa kami bekerjasama untuk melestarikan situs-situs alam di sekitarnya”, kata penduduk setempat.

Angkatan Bersenjata Israel (IDF) telah menemukan tempat baru untuk sistem Iron Dome, tetapi karena belum dipindahkan, flora lokal tersebut masih dalam bahaya.

Tanaman langka Iris Mariae © Gideon Pisanty via Wikimedia Commons

Seorang juru bicara IDF mengatakan bahwa proses relokasi sedang berlangsung dan militer menekankan pada pelestarian di daerah-daerah dimana mereka mengoperasikan Iron Dome tersebut.

“Kami telah memulai proses pemindahan sistem Iron Dome ke lokasi alternatif”, kata juru bicara IDF. “Penempatan artileri berat dikoordinasikan dengan dewan regional, Otoritas Alam dan Taman termasuk Dana Nasional Yahudi yang telah menanam pohon. IDF menghargai pentingnya melestarikan alam di daerah di mana mereka beroperasi”, tambahnya.