Israel Segera Diperkuat Korvet Rudal Saar 6

6
151
Korvet Saar 6 Angkatan Laut Israel

Jerman telah menyelesaikan pembangunan batch pertama korvet Saar 6 pesanan Angkatan Laut Israel. Galangan kapal ThyssenKrupp tetap menyelesaikan pembangunan korvet Saar 6 atau INS Magen class meski dibayang-bayangi skandal korupsi di Israel.

Para pejabat tinggi pertahanan Israel akan berada di Kiel untuk meyaksikan peresmian penyelesaian kapal perang Saar 6 pertama. Menurut media Globes, para petinggi IDF dan pejabat senior Kementerian Pertahanan, akan tiba di galangan kapal untuk upacara yang menandai selesainya korvet INS Magen.

Pembangunan kapal perang pertama dimulai pada Desember 2017 di Jerman Naval Yards di Kiel. Korvet rudal Saar 6 terakhir yang akan disebut INS Dragon, tidak akan dikirim sampai akhir tahun ini atau awal 2020.

INS Magen diperkirakan akan mencapai Pelabuhan Haifa Israel menjelang akhir tahun 2019, di mana disana kapal akan dipasangi sistem persenjataan dan pertahanannya.

Korvet Saar 6 (Navyrecognition)

Meski berukuran kecil, Korvet Saar menggotong persenjataan yang sangat lengkap, mulai dari meriam utama 76mm, 18 peluncur rudal anti kapal, sistem C-dome atau iron dome versi maritim sebagai persenjataan anti drone, mortir atau rudal jelajah, dan rudal pertahanan udara SAM jarak jauh Barak 8.

Globes

6 KOMENTAR

    • Kalau menurut saya, ini bukan masalah budget. Tapi masalah komitmen pemerintahnya terhadap perkembangan dan penguasaan teknologi dari industri2 strategis lokalnya dengan segala cara. Seperti halnya Iran, Vietnam, Pakistan, Rusia dan Tiongkok. Walaupun beberapa negara nelakukannya dgn cara copy paste. Dibanding terus menerus membeli dr luar dan gado2 pula.

  1. Kalau masuk Indonesia, daya jelajah kurang jauh. Sering mampir SPBU. Kalau nambah BBM, nambah ukuran Tanki, nambah panjang, nambah jauh, nambah lama dilaut, kebutuhan kru meningkat, terutama air bersih, akhirnya nambah Tanki air, nambah lagi panjang kapal. Akhirnya seukuran PKR 10514.