Jul 102014
 
 Api menyala dari sebuah bangunan di kawasan padat penduduk di Gaza City, Jalur Gaza, Palestina, Rabu (9/7/2014), setelah menjadi sasaran serangan udara Israel. (AFP PHOTO / THOMAS COEX).

Api menyala dari sebuah bangunan di kawasan padat penduduk di Gaza City, Jalur Gaza, Palestina, Rabu (9/7/2014), setelah menjadi sasaran serangan udara Israel. (AFP PHOTO / THOMAS COEX).

Yerusalem – Serangkaian serangan udara Israel menghantam sejumlah sasaran di Gaza dan menewaskan belasan orang pada Rabu (9/7/2014) saat puluhan roket kaum militan Hamas melesat ke Israel.

Tembakan roket-roket Hamas yang bertubi-tubi mendorong Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu meningkatkan serangan terhadap kelompok militan itu. “Operasi ini akan diperluas dan akan berlanjut sampai penembakan terhadap warga kita berhenti dan ketenangan dipulihkan,” kata Netanyahu.

Dia tidak merinci perluasan seperti apa yang akan diperlukan tetapi mengatakan bahwa militer Israel “siap untuk segala kemungkinan.”

Presiden Israel Shimon Peres, yang perannya secara umum seremonial dan tidak terlibat dalam menetapkan kebijakan, mengatakan dalam sebuah wawancara eksklusif dengan CNN bahwa ia yakin serangan darat “mungkin akan terjadi segera” kecuali Hamas berhenti menembakkan roket ke Israel.

“Kami memperingatkan mereka. Kami meminta mereka menghentikannya,” kata Peres. “Kami menunggu satu hari, dua hari, tiga hari dan mereka terus berlanjut, dan mereka roket ke daerah-daerah lainnya di Israel.”

Meski Peres berbicara atas nama dirinya sendiri dan posisinya tidak dapat menjelaskan kebijakan resmi pemerintah, Menteri Intelijen Israel Yuval Steinitz sebelumnya mengatakan kepada CNN bahwa operasi darat “mungkin diperlukan.”

Sementara itu, Presiden Otorita Palestina Mahmoud Abbas mengadakan pertemuan darurat dengan kabinetnya guna membahas krisis itu. “Perang ini bukan melawan Hamas atau partai politik lain tetapi ini melawab rakyat Palestina,” katanya kepada media sesudah rapat tersebut. “Apa nama yang anda berikan untuk kejahatan ini? Apa jenis kejahatan ini menurut hukum internasional? Membunuh seluruh keluarga, apakah ini hukuman kolektif? Ini merupakan genosida kolektif!”

Seorang juru bicara Hamas, Sami Abu Zuhri, mengatakan bahwa ancaman Israel untuk meluncurkan serangan darat yang “bodoh” itu tidak akan membuat takut siapa pun. Ia menegaskan bahwa para pejuang sayap militer Hamas siap untuk menghadapi para tentara “pengecut” Israel di Gaza.

Komentar tersebut terjadi saat korban tewas meningkat di Gaza, di mana militer Israel telah menyerang 550 sasaran Hamas sejak melancarkan serangannya Senin. Militer Israel mengatakan, sasaran itu termasuk 60 peluncur roket, 31 terowongan dan rumah dari 11 pemimpin senior Hamas, yang digambarkan tentara Israel sebagai “pusat komando.”

Setidaknya 61 warga Palestina telah tewas dan lebih dari 550 orang terluka dalam serangan udara Israel itu, kata sumber-sumber medis dan pejabat Departemen Kesehatan Palestina.

Di antara yang tewas adalah delapan wanita dan 11 orang anak, termasuk seorang bayi berusia 18 bulan dan seorang wanita 80 tahun. Demikian menurut sebuah daftar yang disediakan sumber-sumber medis Palestina dan pejabat Departemen Kesehatan.

Dalam sebuah serangan udara pada Rabu, dua orang anak dan ibu mereka termasuk di antara lima orang tewas ketika pasukan Israel menyasar rumah mereka. Sejumlah sumber keamanan Palestina mengatakan, beberapa anggota keluarga itu diyakini punya hubungan dengan Hamas.

Kabinet Israel telah mengotorisasi pihak militer untuk memanggil 40.000 tentara jika diperlukan. Jumlah itu 10.000 lebih banyak dari yang dipanggil saat serangan Israel ke Gaza pada November 2012. Namun sejauh ini baru sekitar 1.000 yang telah dimobilisasi.

Militer Israel mengatakan, sebanyak 72 roket menghujani negara itu pada Rabu. Beberapa dari roket tersebut jatuh di daerah tidak berpenghuni, sementara yang lainnya dicegat oleh sistem pertahanan Iron Dome negara itu di atas Tel Aviv, Ashkelon dan Dimona. Belum ada laporan tentang korban.

Dimona merupakan lokasi pembangkit nuklir. Media Israel melaporkan, fasilitas tersebut tidak terkena serangan roket.

Hamas diyakini memiliki 10.000 roket dengan rentang yang berbeda-beda, kata Letnan Kolonel Peter Lerner, seorang juru bicara militer Israel. Negara Yahudi itu mengatakan, sekitar 3,5 juta penduduk tinggal di daerah yang berada dalam jangkauan roket. (Kompas.com).

  62 Responses to “Israel Siapkan Serangan Darat ke Gaza”

  1. berita sementara israel mengehntikan serangan karena mendapat kejutan hancurnya gudang amunisi di ashkelon markas tentara laut oleh brigade izzudin alqosam.

  2. seperti perang taun taun lalu mereka yang mulai dan mereka pula yang minta genjatan senjata.

    • Basmi hamas yg pengecut sampai ke akar akarnya.jgn jadikan agama sebagai tameng dan anak2 sebagai propaganda.

      • hahaha percuma booosss,, hidup dan mati ini cuma milik allah bukan milik orang israel,, mereka ga akan takut di basmi kali bos, tujuan mereka saat ini bukan untuk senang senang dan mulia di dunia, tapi niat mereka saat ini adalah mulia di mata allah dan mulai saat mati di terjang amunisi israel… islam itu bukan agama pengecut, tapi islam adalah agama yg sanggup menghargai hak hak orang lain, dan agama islam saya mengajarkan antara yg hak dan batil, jadi jangan sekali sekali meremehkan orang palestin karna gue yakin mereka hidup dan mereka mati saat ini hanya karna allah, dan ingat kematian mereka bukan karna mereka tak berdaya tapi kematian mereka itu semata mata karna kebesaran dan kehendak allah….. so….

  3. _jK kami
    kLuar dr tnah ini (palestine) siapa
    Lg yg akn menjaga masjid suci AL
    AQSA..? Siapa Lg yg akn mnjaga tnah
    wakaf umat islam..? biarlah kami d’sini
    mewakili kalian (seluruh umat islam di
    dunia) SAUDARAKU…
    .

  4. setelah berbuka kita sempatkan sejenak berdo’a untuk saudara” kita di tanah suci palestina semoga selalu diberi kekuatan dan kesabaran hingga pertolongan ALLAH datang kepada mereka.

  5. Hadir..6

  6. Udh bs d tebak,pbb cma koar2 doang,g ad yg brani bnr2 menghntikan serngan israel….dmn indonesia,ap yg akn d lakukan?

    • Yupz betul bangetz. Koar2anya juga gitu2 ajjah dari kemaren dulu. USA dah setuju ma zionis, ndukung banget mobilisasi militer israel ke Palestine, lha wong si UN akarnya dah di kangkangi ma mamarika. Kalau nggak,emang peduli? bukti kongkritnya apa?, sanksi?embargo?adakah??..omong kosong.
      Kalau masalah Indo bantu sih ya bantu2nya gitu2 aja, kata orang asing ma, kita politiknya more talk than walk. kasihan bangsa Palestine.

  7. mana ISIS ??
    Bisa nya perang sesama muslim doang. .

  8. adakah warjager yg pernah terjun langsung ke palestin? mohon di bagi donk pengalamanya

  9. Satu negara Arab yang tidak pernah perang melawan Israel meskipun cuman 1/2 jam dan berbatasan langsung dengan Israel adalah Arab Saudi! keluarga Ibnu Saud lebih suka Syria Egypt Iraq tunduk kepada Israel

  10. Iron dome..
    Mohon penjelasan sistem seperti apa?
    Apakah tidak bisa jebol juga jika disalvo roket pejuang palestina..

  11. Welcome to hell……..isroil…..neraka yg kalian buat sendiri……..
    Teguhkan dan raptkan barisan wahai saudaraku palestina……sambut mereka dgn jiwa ragamu…insya allah…..surga menantimu….

  12. Seharusnya palestina bersatu dng hizbullah……

  13. Hmmm…biarkan mereka masuk…

    Perang kota adalah perang yg paling di nanti oleh pejuang palestina yg sdh dididik oleh hezbollah dan iran…mereka siap untuk itu…mereka sdh dilatih seperti petuah Sun Tzu: jika lawanmu menggunakan A maka kamu gunakan B untuk melawannya…jk sdh begitu maka lupakan perang konvensional yg hrs apple to apple…gak bakalan ketemu jawabnya…

    Tentara israel adalah wamil yg berperang atas dasar keterpaksaan karena perintah sedangkan pejuang hamas bertempur karena hatinya sdh ikhlas untuk syahid…

    tidak ada yg bs menghalangi org yg bertempur secara fanatik…seperti vietcong,seperti pejuang Indonesia…mungkin perlu waktu dan korban tp kemenangan itu pasti datang..

    • Betul sekali bung…sebenarnya inilah yang ditakutkan tentara israel..perang darat..namun saya yakin pbb akan datang menengahi agar tak terjadi perang kota,israel tak kehilangan muka.toh palestina juga dah hancur

      • saya juga sependapat bung.
        perang darat justru akan membawa banyak kerugian bagi Israel. dengan hujan roket saja mereka sudah pusing karena menghabiskan ratusan pensil Iron Dome yang harganya mahal hanya untuk menangkis roket-roket home made. apalagi head to head dengan brigade Izzudin al Qassam

      • Saya baca bbrp berita ada pasukan israel yang lari ketakutan dan stress setelah melihat sesuatu yang buas bukan dr bangsa manusia…

  14. apapun yang dilakukan alasannya adalah demi melawan Hamas, tetapi warga sipil, wanita dan anak2 bahkan bayi menjadi korban..adakah yang lebih pengecut dari hal tersebut??

    • Update bung DK sampai detik ini sudah 78 orang tewas sekitar 537 orang luka2.

    • saya heran kenapa negara seperti ini koq pengeut sekali…jelas ga seimbang, kalau main jatuhkan bom saja Palestina bisa aja rata dengan tanah, kenapa ngga face to face langsung dengan pejuang Hamas atau Al-Qassam..saya malah pengen dengar berita bahwa para pejuang Palestina berhadapan perang face to face dengan tentara israel..kemana berita nya pasukan khusus sayeret shaldaq yang dibangga2kan dan bela diri militer mereka sekelas kravmaga yang katanya mematikan..
      ini bukan perang namanya, tetapi pemusnahan rakyat Palestina dengan dalil ingin melindungi rakyat israel dari serangan roket Hamas…

  15. jk kita punya hubungan diplomatik dgn israel,tentu pemerintah bs menyampaikan nota protes,bs saja presiden/menlu/dpr memanggil duta besar nya utk dimintai keterangan dan mendesak israel utk menghentikan aksinya..saya rasa byk sisi positifnya jk kita membuka hubungan diplomatik dgn israel,israel bs melihat dan belajar sisi lain dr umat islam indonesia yg moderat,umat islam indonesia bs mengaburkan pandangan israel tentang islam yg selama ini mereka identikkan dgn (maaf)perusuh/teroris..israel bs belajar bgmn indonesia mampu membangun sebuah negara dgn keberagaman agama,suku dan bahasa dlm damai dan tanpa ada saling curiga

  16. menurut saya lebih baik indonesia menampung pengungsi2 palestina dipulau2 yg tidak terpakai..
    biarkan mereka membesarkan anak2 dan mendapatkan pendidikan diindonesia.. begitu mereka sudah dewasa, mereka bisa dikirim kesana buat melanjutkan perjuangan saudara mereka..
    anggaplah indonesia menjadi tempat melahirkan generasi2 pejuang palestina..
    setidaknya mereka juga bisa membantu perekonomian indonesia…daripada wanita dan anak2 terus jadi korban tanpa bisa melawan..

  17. sabar abang preman…Tuhan punya rencana yg terbaik buat semua manusia di muka bumi ini,selama kita percaya Tuhan itu ada,maka Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kita

  18. Pernah liat dulu ada berita konspirasi raja saudi menjalin perjanjian rahasia ma israel,juga ma asu..isinya ga kan saling menyerang juga tak akan membantu berdirinya negara palestina..

  19. Jika admin buka pendaftaran mujahid palestina,saya satu ya.

  20. Yakinlah Allah akan mengirim bala bantuan..seperti tertuang dlm surah Al Fiil..mutasyabihat..berupa burung Ababil

  21. Tolong Pak Nar untuk menyampaikan ke Panglima, agar Pasukan Indonesia yang ada di Libanon Untuk masuk ke Jalur Gaza, mendinginkan suasana

    trus kirim Kapal perang penjelajah ke laut palestina untuk jaga jaga

    saatnya Indonesia Menjadi Provost Dunia

    Kan Moto Militer Indonesia Sekarang Pre empetive Strike

    apalagi rusia dan China Dibelakang Indonesia

  22. Alhamdulillah, ternyata Indonesia ngirim pasukan penjaga perdamaian….yang terbesar pula.. semoga betul2 terealisasi… dan membantu warga palestina di ramadhan ini….

  23. @lare alit
    Ternyata yg alit Otak anda juga,di Palestinia bukan cuma islam tapi ada katholik orthodox dan Jewish ini perang utk wilayah mereka.
    Hanya orang pikiran seperti anda yg sdh frozen utk menerima kemyataan bahwa ini bukan perang Antara agama dan bukan juga bertujuan untuk melenyapkan agama impor anda
    So lare alit ajukan visa anda sekarang dan Cuba menjadi Martir dengan ikut menembakan senjata dan rasakan neraka disana sebelum keneraka sbenernya karena Allah pun geram anda menyia2kan nyawa oh, satu lagi Indonesia tidak perlu org set anda

    • Perlu ditegaskan… palestina itu milik kita semua islam, kristen, yahudi. Tulisannya juga bahasa aram yg dipakai agama2 semitis.
      Jadi ini perang saya juga. Saya juga jiarah ke palestina. Bukan ke Israel. Situs2 unesco di Palestina juga bagian dari saya.

  24. Ga efektif bung.
    Lebih efektif seret ke mahkamah international tentang kejahatan perang.

    Resolusi PBB
    Perdamaian permanen di Gaza dimana tidak boleh ada senjata disana.

    Tapi Paling cepat 1 minggu baru bisa sampai bluebaret disana. Jadi upayakan dulu tidak ada perang darat.

  25. apa anda pernah ke palestin bung@ankor ??? SUNGGUH KEBANGGAAN TERSENDIRI UNTUK IKUT BERGABUNG DENGAN AHLULJANNAH. . . ALLAHU AKBAR. !!

  26. saya mau bertanya sama anda kalau memang anda tau akar masalah ini…
    apa anda tau agama mayoritas orang israel? apa anda tahu yahudi ? anda tau tatanan dunia baru dimulai dari mana sampai kemana ? apa anda tau rencana dari tatanan dunia baru ? anda tau penggagas tatanan dunia baru ? apa anda tau konflik sebnarna antara palestin dan israel ? anda tau luas mana palestin dan israel dalam geografis ? dan apa anda tau ada sesuatu yg di incar oleh israel di palestin ? anda tahu apa tujuan israel memperluas jajahan di palestin ? dan tolong anda jelaskan arti parasit (tumbuhan) ? dan yg terakhir pertanyaan saya,, siapakah itu messiah ..? mudah”an semua terjawab baik oleh anda dan semoga saya terang dengan jawaban anda …..terima kasih.

    • Saya paham dgn rentetan pertanyaan anda bung, tapi saya tdk akan membuang waktu untuk menjawab semua krna akan terkesan menyudutkan satu pihak…
      Sebagai pembaca yg cerdas, alangkah baiknya kita bisa memisahkan pemberitaan yg beredar di media yg bersifat provokatif dan mana yg baik untuk dicerna…jgn sampai hanya karena konflik di daerah seberang malah menghancurkan kita yg tidak terlibat didalamnya…contoh sampai memicu perpecahan antar umat beragama di tanah air, sebaiknya cegah dari sekarang…
      kalau memang peduli, tunjukan dgn perbuatan bukan berdebat atau mencaci di media dan forum sosial…terima kasih 🙂

  27. WALAU SURGA DAN NERAKA BELUM DI ISI SAAT INI, TAPI GUE YAKIN ALLAH AKAN TEMPATKAN MASING MASING KITA DI TEMPAT YG KEKAL SEHARUSNYA KITA TEMPATI SAAT MATI .. KARNA ALLAH SUDAH TETUKAN MANUSIA BERDASARKAN SEMUA AMAL PERBUATANNYA … DAN GUE YAKIN INSYA ALLAH SEMUA KORBAN DI PALESTI MENJADI AHLI SURGA DAN MULIA DI HADAPAN ALLAH , DAN BAGI ISRAEL SEMOGA DI BERI PENGAMPUNAN DAN HIDAYAH OLEH ALLAH AGAR MEREKA BERIMAN DAN BERJALAN DI JALAN YG LURUS….

  28. SAW bersabda : ” Akan senantiasa ada segolongan dari umatku yang tegak memperjuangkan kebenaran, dan mereka tidak akan terpengaruh dengan orang-orang yang memusuhi dan memerangi mereka “. (HR Muslim). Ketika Rasulullah SAW ditanya oleh sahabat tentang siapa mereka itu ?. Maka beliau menjawab : ” di sekitar masjid al-Aqsha”. Subhanallah

  29. RX itu sok ilmiah, seolah-olah dia orang pendidikan, kalo wajah tampil lebih bijak, kalo aku ketemu pasti aku robek-robek mulutnya, tunjuk wajahmu yang asli

  30. Katanya dalam serial upin ipin ada sloganya
    Jangan takut sekarang ada UNICEF.
    Pembela nasib kanak kanak
    Tp apa yang terjadi di gaza skarg apaanya.
    Hello…UNiCeFnya kmn?.

 Leave a Reply