Apr 072017
 

Peluncuran rudal permukaan-ke-udara jarak menengah (MR-SAM) Barak 8. © IAI

Perusahaan Israel Aerospace Industries (IAI) telah menandatangani kontrak senilai hampir 2 miliar dolar untuk memasok rudal permukaan ke udara jarak menengah (MR-SAM) dan sistem pertahanan rudal untuk Angkatan Bersenjata India, seperti dilansir dari Defense World.

“Dalam mega-kontrak senilai lebih dari US $ 1,6 miliar, dipertimbangkan sebagai kontrak pertahanan terbesar dalam sejarah industri pertahanan Israel, perusahaan IAI akan memberikan sistem pertahanan rudal dan rudal MR-SAM canggih untuk Angkatan Bersenjata India”, menurut pernyataan juru bicara IAI.

“Perusahaan juga akan menyediakan tambahan rudal permukaan ke udara jarak jauh LR-SAM dan sistem pertahanan rudal untuk kapal induk pertama yang dibangun di India,” katanya.

MR-SAM ini dikembangkan bersama-sama untuk Angkatan Darat India oleh IAI dan DRDO yang bekerjasama dengan Rafael dan IAI/Elta, serta didukung oleh berbagai perusahaan asal India termasuk BEL, L&T, BDL dan vendor swasta lainnya.

  9 Responses to “Israel Tandatangani Kontrak Pasokan Rudal MR-SAM Senilai 2 Miliar Dolar Untuk India”

  1. Wow

  2. Rusia tambah dongkol karena Brahmosnya dioprek India dan Israel untuk dicari kelemahan dan antidotnya sehingga terciptalah barak8. Brahmos ini mau dibeli Indonesia ya percuma! Ajak aja lgsg Rusia R&D didalam negri!

    • Brahmos sebenarnya bukanlah pencapaian signifikan bagi Rusia karena Rusia telah mencapai teknologi ICBM yang mampu melintasi jarak sekitar 18.000 km. Brahmos hanyalah misil darat ke darat yang dikembangkan menjadi udara ke permukaan dan laut ke permukaan (dan kemungkinan juga dikembangkan menjadi misil jelajah serang antar kapal permukaan) dengan jarak masih dibawah 300 km (India sebenarnya menginginkan jarak tempuh mencapai 500 km yang mana hal ini bertentangan dengan kesepakatan internasional bahwa jarak tempuh misil maksimal 300 km, tentunya aturan ini tidak berlaku buat negara-negara adidaya).
      Yang dikawatirkan Rusia terutama adalah teknologi pesawat terbang yang bisa bocor ke Barat, mengingat SU-30MKI termasuk pesawat terbaik di kelas-nya. Masalahnya, India mau kerjasama dengan Rusia tetapi juga cenderung condong ke Barat. Masalah “pengkhianatan” menjadi isu sentral sehingga Rusia memilih “lelet” dan tidak mau share teknologi pesawat generasi 5 yang sedang dikembangkan dua negara. Intinya, Rusia tidak mau kebobolan rahasia teknologi kunci mereka sebagaimana terjadi pada MiG (kasus Balenko)

  3. Hebat india bikin kontrak transaksi senjata yg terbesar sepanjang sejarah is ra el..

  4. Israel negeri kecil, populasi minim, tp militernya sekuat inggris atau perancis. Lihat jumlah F-15 dan F-16 nya..luar biasa. Masih ditambah F-35, Jericho missile..
    SAM system nya salah satu yg terbaik di dunia..punya nuklir juga..
    Sedih rasanya melihat negeri ini tertinggalnya terlalu jauh..harusnya minimal kekuatan kita setara Australia atau Singapore..

    • Beh, kekuatan sebuah negara tdk hanya diukur dari militer.

    • Isreahell sentiasa mendapat subsidi senjata percuma dan teknologi dari amerika kerana dia lindungi oleh yahudi zionist amerika itu.
      Lihat aje amerika menghantar komando us seal untuk musnahkan hamas tapi gagal dikalahkan hamas.
      Isrehell ada negara yg palsu di bina oleh barat untuk menjatuhkan negara arab .new world oder cipta zionis pasti akan gagal

    • Selama elite kita masih jadi pecandu uang dan tidak akur, kita akan terus dipaksa mengandalkan taktik perang gerilya (pada akhirnya) jika tetap ingin bertahan di tanah ini

  5. Cocok nih buat indonesia tinggal bilang aja beli dari india, beli a400 USD 2billion aja sanggup

 Leave a Reply