Apr 102018
 

Jet tempur F-16i “Sufa” Angkatan Udara Israel. © Major Ofer, IAF via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Elbit Systems dan Israel Aircraft Industries (IAI) telah menawarkan untuk bisa menyediakan pesawat tempur Lockheed Martin F-16A/B Netz dan F-16C/D Barak surplus milik Angkatan Udara Israel (IAF) kepada Kolombia, seperi dilansir dari laman IHS Jane.

Tawaran tersebut, akan mencakup pesawat tempur yang ada dalam penyimpanan dan atau pesawat yang akan segera dipensiunkan, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Udara Kolombia (CAF) antara 12 – 18 unit jet tempur F-16 canggih untuk menggantikan jet tempur Kfir buatan IAI yang ada saat ini.

Menurut sumber IHS Jane, konsorsium Israel akan menempatkan F-16 lewat program perpanjangan layanan hidup yang akan mencakup penggantian bagian struktural dan upgrade avionik serta mesin untuk membawa jet tempur tersebut ke dalam standar yang digambarkan sebagai “mendekati” Blok 50.

Sebelumnya dikabarkan bahwa pemerintah Kroasia memutuskan untuk menggunakan jet tempur F-16D Barak bekas Angkatan Udara Israel, untuk menggantikan armada jet tempur buatan Rusia yang sudah tua.

Dewan Pertahanan Kroasia, termasuk Presiden Kroasia Kolinda Grabar-Kitarovic serta Perdana Menteri Andrej Plenkovic, telah membuat keputusan pada pertemuan tanggal 27 Maret 2018, menurut pernyataan Kementerian Pertahanan Kroasia.

Jet tempur F-16D Barak Israel dilengkapi dengan mesin Pratt & Whitney F100-PW-200 yang memiliki daya dorong 6.654 kilogram, memungkinkan terbang dengan kecepatan maksimum lebih dari 2 Mach, menurut data dari Angkatan Udara Israel (IAF).