Apr 142018
 

Jet tempur Gripen Angkatan Udara Afrika Selatan © Bob Adams via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Angkatan Udara Afrika Selatan telah memperoleh tawaran untuk meningkatan kemampuan armada pesawat tempur Gripen dengan set sistem canggih terbaru yang dikembangkan oleh perusahaan asal Israel, Rafael.

Dilansir dari laman situs Defence Web yang berbasis di Afrika Selatan, Perusahaan Israel menawarkan konsep yang diklaimnya dapat membawa pesawat tempur Gripen Afrika Selatan manjadi standar generasi 4,5 dengan meningkatkan sistem yang berbeda.

Konsep tersebut sekarang ini juga sedang dievaluasi oleh Angkatan Udara India untuk pesawat tempur Light Combat Aircraft (LCA) Tejas.

Menurut Rafael, setelan upgrade dapat meningkatkan kemampuan pesawat tempur ke standar generasi 4,5 termasuk Rafael BNET yang merupakan IP Mobile Ad-hoc Network Software Defined Radio (SDR) canggih untuk operasi taktis. Rafael menyebut bahwa ini menawarkan efisiensi spektrum tinggi yang unik, serta kemampuan kognitif.

Paket pemutakhiran yang ditawarkan mungkin juga termasuk dua jenis rudal udara-ke-udara yang dikembangkan oleh Israel, yakni rudal Python 5 dan I-Derby ER yang punya jangkauan 100 km.

Armada Gripen Angkatan Udara Afrika Selatan sudah dilengkapi dengan pod penarget Litening 3 buatan Rafael. Upgrade yang diusulkan oleh Rafael termasuk meningkatkan Litening ke versi 4.1.

Rafael telah bekerjasama dengan pabrikan pesawat tempur asal Swedia, Saab, untuk menawarkan paket upgrade tersebut kepada para pengguna Gripen.

Namun, juru bicara Rafael menolak untuk mengomentari tawaran ke Afrika Selatan.

Bagikan:

  6 Responses to “Israel Tawarkan Paket Upgrade Gripen Afrika Selatan”

  1.  

    Israel gripen rafael ini yang bener yang mana

  2.  

    Kok malah Israel yg menawarkan paket upgrade bukannya SAAB? Sales Gripik gmn nih?

  3.  

    Sales DR Alergi dg Alutsista Berbau Israel & Rusia

  4.  

    Saab Jas-39 Gripen Smart and Deadly

    https://youtu.be/nh-JIiJbG9U

  5.  

    Kripik jg bisa diupgrade israel ypt, mnjd kripik bungkus

    Hahhaahaaaa

 Leave a Reply