Jan 042019
 

Sistem radar pasif Kolchuga-M buatan Ukraina memiliki jangkauan 600 km © Kerri-Jo Stewart via Flickr

JakartaGreater.com – Perusahaan Airsom Ltd. asal Israel telah menerima sistem radar pasif Kolchuga-M buatan Ukraina, menurut situs web ImportGenius seperti dilansir dari laman Defence Blog.

Menurut situs pelacakan impor/ekspor ImportGenius, Israel telah menerima sistem radar pasif jarak jauh generasi baru, yang disebut dengan Kolchuga-M.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari ImportGenius mengatakan bahwa pada bulan Maret 2018, “Ukroboronservis”, anak perusahaan milik negara  “Ukrspetsexport” menjual sistem radar pasif Kolchuga-M kepada perusahaan Airsom Ltd. asal Israel yang beralamat di Tel-Aviv 6132201, 5 Kineret St. Bnei-Brak, POB 32307.

Perusahaan Israel memesan sistem radar pasif Kolchuga-M dari Ukraina © ImportGenius

Kolchuga adalah sistem radar elektronik pasif yang memungkinkan untuk melihat sasaran darat dan permukaan serta melacak pergerakan mereka dalam radius 600 km serta sasaran udara pada ketinggian 10 km dan dalam radius 800 km, yang menjadikannya sebagai sistem peringatan dini pertahanan udara yang efektif.

Stasiun radar Kolchuga-M dilengkapi dengan antena setinggi lima meter, yang menyediakan sensitivitas radio intensitas tinggi antara 110dB/Watt hingga 155 dB/Watt, tergantung pada frekuensinya.

Radar pengintai Vera-NG

Menurut GlobalSecurity.org, hanya radar Kolchuga buatan Ukraina yang punya jangkauan hingga 800 km. Pesawat AWACS buatan AS hanya mampu menjangkau 600 km, sedangkan kompleks berbasis tanah Vera (Republik Ceko) dan Vega (Rusia) dapat menjangkau hingga 400 km, cuma setengah dari apa yang dapat dicapai kompleks radar Ukraina.

Batas bawah rentang frekuensi Kolchuga adalah 130MHz dan merupakan yang terendah dari semua radar yang ada didunia. Frekuensi radar AWACS AS adalah 2.000 MHz, untuk Vera adalah 850 MHz, sedangkan untuk Vega frekuensinya adalah 200 MHz.

Bagikan:

  10 Responses to “Israel Ternyata Impor Radar Kolchuga-M dari Ukraina”

  1.  

    nanti kita bikin antena dan radar pasif pk antena tv jg bisa.

  2.  

    Ya ini…yang perlu di pertimbangkan ..untuk dimiliki TNI ..sekali an untuk diajak kerjasama.. selain ..Poland…turkey Dan….siapa saja yang mau..asal jangan negara2 kuat yang berpotensi khianat ..

  3.  

    keunggulan ukraina adalah di sistem radar , rudal dan mesin kapal perang .. semua keunggulan ukraina sudah dibeli tekhnologinya oleh china , china dapat menciptakan radar , rudal dan kapal perang ( tanpa import mesin ) .. tekhnologi drone israel juga dibeli china .. barang china bukan lagi KW sekarang

  4.  

    Kolchuga radar darat punya jangkauan 800km, lebih jauh dari kemampuan radar pswt AWACs.
    Harga jelas jauh beda, operasional jauh lebih murah, jadi radar hanud lebih baik pake radar darat.
    AWACs lebih efektif kalo mau nyerbu negara lain … hehehe …

  5.  

    Bisalah Indonesia kerjasama dengan ukraina. kan itu negara lagi krisis. Kalo harganya masuk beli 2 dengan ToT. Pasang di Natuna sama di maroke-papua.

  6.  

    Test…!!!

  7.  

    Cocok jg Ukraina diajak kerjasama demi TOT karena Rusia lbh pelit TOT.

  8.  

    Beli yg banyak, nanti letakkan dekat sungai2 biar orang yg buang air besar jadi ketahuan

    😎