JakartaGreater.com - Forum Militer
Jul 082018
 

Jet tempur F-35B Angkatan Laut Italia. © Italian Navy

JakartaGreater.com – Italia batal memesan lebih banyak jet tempur generasi kelima, F-35 buatan Lockheed Martin Corp dan sedang mempertimbangkan apakah jumlah pesanan yang ada akan dipangkas atau tetap sama, menurut Menteri Pertahanan Italia, Elisabetta Trenta pada hari Jumat.

Dilansir dari laman Reuters, Trenta berasal dari partai Bintang 5 yang selalu kritis terhadap pesanan 90 unit jet tempur siluman oleh Italia, mengatakan uang itu akan lebih baik dihabiskan untuk meningkatkan kesejahteraan serta membantu ekonomi Italia yang sedang melamban.

“Kami tidak akan membeli tambahan F-35 lagi”, kata Trenta saat diwawancarai oleh televisi La 7. “Kami sedang menilai apa yang harus dilakukan dengan kontrak yang sudah ada sekarang”.

Dia menjabarkan beberapa alasan untuk berhati-hati, mengatakan bahwa “hukuman keuangan” bisa berarti bahwa “membatalkan pesanan yang ada bisa lebih merugikan Italia daripada mempertahankannya”.

Dia juga mengutip tentang manfaat yang mungkin diperoleh dalam hal teknologi dan penelitian di Italia terkait dengan pesawat tempur, serta lapangan pekerjaan yang bakal hilang.

Pejabat pertahanan dan angkatan laut berfoto di depan jet tempur F-35B pertama Angkatan Laut Italia. © Italian Navy

F-35 dibuat oleh Lockheed Martin Corp, bekerjasama dengan perusahaan termasuk Northrop Grumman Corp, Pratt & Whitney dari United Technologies Corp dan BAE Systems Plc juga terlibat.

Namun, Trenta juga mengatakan bahwa dia melihat ada manfaat dalam peregangan pembelian tersebut untuk membebaskan sumber daya dalam investasi untuk proyek pertahanan Eropa.

Sejumlah pejabat partai Bintang 5 tahun lalu mengatakan bahwa Italia seharusnya membatalkan semua pesanan jet tempur siluman dari AS, tapi Trenta menjelaskan bahwa dia keberatan tentang hal tersebut.

“Tidak ada yang menyembunyikan fakta bahwa kami selalu kritis, mengingat kontrak yang ada telah ditandatangani oleh pemerintah sebelumnya, kami hanya melakukan penilaian yang cermat, secara eksklusif mempertimbangkan kepentingan nasional”, katanya.

Bagikan :

  9 Responses to “Italia Batal Memesan Tambahan Armada F-35”

  1.  

    Gak dibeli dah terikat perjanjian, dibeli tp duitnya lbh dibutuhkan untuk memajukan ekonomi dlm negri jd selamat mumet ya!he3

  2.  

    hehehe….resikonya jadi sekutunya dia. semoga saja kemampuannya seperti yang selama ini digembar gemborkan.

  3.  

    lain kali lebih baik beli bumblebee……
    manusia sudah seharusnya ber aliansi dengan autobot……

  4.  

    Indonesia kpn ada info beli Alutsista gahar yah??

    msh berkutat yg dlu..
    su 35. jadi ga yah kontrak nya..
    KRI KLEWANG 2.. ga ada kabar lagi…
    Speedboat tank…?
    Penambahan kapal selam.. ?
    pengganti HAWK 109 ?
    helikopter angkut besar ??

    apa masuk Resta ( MEF) berikut nya..

    cuma baru super Hercules C130 J.. mau nambah 5 unit..

  5.  

    Mending F-35 di Akuisisi Jdx F-35 Multi Role & IFX Sbg AirSuperiority Krn dua2x Punya Kesamaan atau kompatibel drpd Nungguin SU-35 Nggak Jelas deadline TTD.bln Agustus Sy Merasa Pihak Rostec & Rosoboron yg bermasalah sdgkan Si Mattis nggak masalah dg indonesia beli SU-35, kayak kemarin sy kasih link List A1 MEF 2014/2015 byk warjeger Protes krn merasa d tipu UMNO, Sampai Komen sy Di hapus

  6.  

    Kagak jelas mulutnya nich Menhan(….trenta).ingin membatalkan tpi membutuhkan.ngomong A…yach harus A!!!!.bilang B.. yach harus B!!!!!.persis kambing….!!!!!

  7.  

    F35 & kumpulan nato mnjd keraguan

    Hahhaahaaaa

  8.  

    Duh kasihan banget yg sudah terlanjur beli f35, sial banget diri mu

    😎

 Leave a Reply