Mar 242019
 

J-11B dengan rudal PL-15 (foto:Twitter East Pendulum)

JakartaGreater.com – Pesawat tempur J-11B Tiongkok terlihat menenteng rudal udara-ke-udara jarak jauh (beyond visual range air to air missile – BVRAAM) PL-15.

Rudal pembunuh pesawat tanker dan pesawat AWACS (Airborne Warning And Control System) tersebut tampak digotong dibawah sayap J-11B, pesawat tempur “copy” Su-27.

J-11B adalah pesawat tempur superioritas udara Angkatan Udara Tiongkok yang diklaim lebih baik dari Su-27 karena menggunakan teknologi yang lebih maju.

Sedangkan PL-15 adalah rudal udara-ke-udara yang pernah membuat cemas AS karena daya jangkau dan kecepatannya yang tinggi itu kini melengkapi hampir seluruh arsenal pesawat tempur yang dimiliki Angkatan Udara Tiongkok, setelah sebelumnya tampak digotong oleh pesawat tempur J-10 dan J-20.

Rudal dengan jangkauan 300 km dan kecepatan mach 4 dengan sistem penjejak laser aktif ini sangat berbahaya bagi armada AWACS dan pesawat tanker yang sangat fital bagi kekuatan Angkatan Udara musuh.

Dan jika suatu saat pesawat tempur J-15 Angkatan Laut Tiongkok juga sudah dilengkapi dengan rudal PL-15, maka yang paling dikhawatirkan adalah armada pesawat intai maritim atau pesawat pemburu kapal selam yang bisa menjadi mangsa empuk dari rudal generasi lima Tiongkok ini.

  One Response to “J-11B Tiongkok dengan Rudal PL-15”

  1.  

    Meski rudal ini punya jangkauan yg jauh dan mematikan tp rudal ini tidak punya kemampuan membunuh pespur siluman sama seperti halnya meteor, aku lebih tertarik rudal udara ke udara R77 rusia.