May 112018
 

Jet tempur siluman Chengdu J-20 dalam Zuhai Airshow 2016. Β© Alert5 via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Pelatihan tempur diatas lautan dari jet tempur siluman buatan China yang akan membantu menghilangkan keraguan analis pertahanan Barat tentang kesiapan tempur pesawat tersebut, seperti dilansir dari laman Sputnik News.

Menurut Shen Jinke, juru bicara Angkatan Udara PLA (Angkatan Udara China), pada hari Rabu mengkonfirmasi bahwa jet tempur generasi kelima buatan China, Chengdu J-20, telah berhasil menyelesaikan pengujian tahap baru.

“J-20 telah melakukan misi pelatihan tempur di wilayah laut untuk pertama kalinya dan jet siluman ini telah semakin memperkuat kemampuan tempur yang komprehensif dari Angkatan Udara PLA”, kata Shen seperti dilansir dari laman Xinhua.

Shen Jinke mencatat bahwa pelatihan para pilot J-20 telah berjalan dengan lancar, dan pesawat tersebut juga telah terlibat pelatihan tempur dengan pesawat lain, termasuk jet tempur multiperan Shenyang J-16 dan J-10C, sejak J-20 memasuki layanan musim gugur yang lalu.

“Pelatihan tempur untuk J-20 diatas laut akan membantu Angkatan Udara PLA lebih baik lagi dalam melaksanakan tugas untuk menjaga kedaulatan nasional, keamanan dan integritas teritorial”, kata Shen menegaskan.

Mengomentari latihan pada hari Rabu, pengamat militer asal China, Song Zhongping mengatakan kepada Global Times bahwa pelatihan dilaut sangat penting untuk J-20, mengingat bahwa selain peran pertempuran udara, jet tempur itu diharapkan mampu melawan target darat dan laut jika terjadi perang.

J-20 diadopsi ke dalam layanan Angkatan Udara China pada bulan September 2017. Chinamulai mengembangkan pesawat siluman pada tahun 2002, mengungkapkannya kepada publik pada akhir 2016. Angkatan Udara PLA sekarang memiliki setidaknya 28 unit jet tempur siluman J-20, termasuk 8 unit prototipe dan 20 unit atau lebih yang berada pada produksi awal.

Mesin J-20, dirancang oleh China meyerupai mesin Al-31 Rusia, yang digunakan pada jet tempur generasi keempat Su-27 dan diharap akan digantikan WS-15, mesin baru yang karakteristik kinerjaya mirip dengan mesin Pratt & Whitney F119 yang terpasang pada jet tempur siluman F-22.

Spesifikasi rinci untuk jet tempur siluman J-20 China dirahasiakan, tapi para ahli militer mengatakan bahwa pesawat itu terlihat seperti persilangan antara F-22 Amerika dan prototipe MiG 1.44 dari produsen jet tempur Rusia, yakni Mikoyan.

  82 Responses to “J-20 China Berhasil Selesaikan Latihan Tempur di Laut”

  1.  

    Hermanto VS Jimmy

  2.  

    Hahaha. Mig-1.44 Versi Murah/Low Budget Sekaligus KW

  3.  

    Mig-1.44 Versi Murah/
    Low Budget Sekaligus KW Tp Kokpitx Canggih Bung Layar Touchscreen Loh

  4.  

    Perasaan punya China masih keteteran dalam membuat mesin dengan 3d Vectoring…

    •  

      Bukan Membuat Bung Tapi Menjiplak. πŸ˜†

      #Kabooeerrr.

      •  

        Eh iya… menjiplak…

        Makanya kalau menggunakan barang/produk China mesti diperhatikan kegunaanya…

        bahkan dalam film 127 hours Movies saja disinggung gara2 pisau buatan China ga cukup mumpuni waktu mau digunakan untuk melakukan amputasi… kenapa dia ga bawa Victorinox ya???

        •  

          Lumayan yul diantara org bule sebagai org asia bisa buat daripada beli trus lumayan buat hemat devisa dan mandiri hehe daripada nyinyir trus buat mesin mobil aj ora bisa hahahaha boro2 mesin pesawat

          •  

            Indonesia Dah Bisa Buat Mesin Mobil sendiri Lho. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Mesin_Rusnas

          •  

            setiap negara yg akan memasuki revolusi industri akn mengcopy produk2 negar2 yg udah berindustri maju

            kasus china kasus pertama di sejarah manusia ketika hak paten maupun hak cipta hasil riset malah dimaling lewat serangan cyber dan espionase agar bisa diproduksi massal di dalm negeri utk keperluan ekonomi ekspor
            ini belum termasuk pengusha industri maju seperti kasus apple yg diwajibkan tot ketika melakukan investasi di china
            yg juga agar bisa diproduksi masal utk ekspor.

            jadi wajar sja jika china dikritik habis2an oleh para Gweilo

          •  

            Widih Ada Setan Asing. πŸ˜†

          •  

            Hahaha. Demid Bule πŸ˜†

          •  

            China sebenarnya diakui karena kemajuan teknologi industrinya yang luar biasa…

            Jika tidak ada China, saat ini Gadget Android dengan harga terjangkau jelas sulit didapatkan… minimal semua kalangan sekarang ini bisa mengikuti perkembangan teknologi dengan adanya produk murah dari barang China…

            Hanya saja untuk alat tempur militer, saya merasa lebih aman membeli dari negara2 yang memang sudah memiliki kemampuan kuat baik dalam sejarah pembuatan maupun pengembangannya… Sejarah dan pengalaman adalah faktor yang sangat penting

          •  

            gadget android murah masuk pragraf komen sya yg ini
            “ini belum termasuk pengusha industri maju seperti kasus apple yg diwajibkan tot ketika melakukan investasi di china
            yg juga agar bisa diproduksi masal utk ekspor.”

            saya sangat setuju dgn paragraf terakhir komen bung yuli.
            negar agresif memang punya banyak pengalaman

        •  

          studio2 hollywood banyak yg diborong pengusaha china
          sejak 7 tahun terakhir tidak pernah ada film yg menyinggung china cuma yg ditunjukkan yg positif2.

          terakhir film yg sya lihat film yg menyinggung china terutama espionasenya adalh The Departed

          •  

            Sekrg malah buat studio film raksasa ga kalah dari holywood,mang jepang duku tak menjiplak usa mobilnya th 60 an?

          •  

            iya namun studio film china mayoritas straight for nationalism propaganda meski barat juga banyak yg ada unsur 2 propaganda namun masih bisa dikritik didalam negeri maupun luar ttg kesahihannya.
            tak kasih contoh seperti film operation mekong dimana film itu memutarbalikkan fakta ttg pengedar narkoba china di sungai mekong yg digambarkan innocent tak bersalah dan malah menggambarkan kepolisian thailand yg brutal dan terlibat jaringan narkoba yg membuat rakyat thailand marah2.
            https://www.telegraph.co.uk/news/worldnews/asia/china/8818063/13-Chinese-crew-members-killed-on-Mekong-River-near-Golden-Triangle.html

            sya juga penggemar film2 mandarin yg namun yg dari hongkong syang kejayaan mereka berllalu.

            jepang memang awlnya mengcopy seprti yg sya katakan setiap negara akan mengcopy produk negar lain ketika memasuki awl2 revolusi industri namun dia melakukan improvisasi dan inovasi2 baru dgn produk2 selanjutnya tak kasih contoh lagi seperti toyota yg dulu produknya dihina2 orang amerika sendiri, sekarng dicoba liat produk toyota seperti toyota hilux malh dipuji2 ketahanannya terutama dinegri2 berkonflik dibebani alutsista yg hentakan maupun recoilnyanya bikin malu ariel-cut tari seperti zu-23,roket bm-21 dan artileri modif laras pendek 105 mm bahkan ada perang toyota di akhir dekade 80an.

          •  

            Yg sewa org amriki,semakin lama pasti kualitinyi bagus liat saja hp ,tv nya dll tambah bgs dibanding yg lalu

          •  

            Hahaha. Jadi Inget Real Steel Yg Bilang Klau Produk Jepang Lebih Bagus Daripada Produk AS.

          •  

            kalau itu vvibu bung jimmy

            :DDDDD

          •  

            karna baja inport kita kebanyakan dari jepang …mungkin mereka pikir yang terbaik…xaxaxa..
            padahal kan beli ada banyak tipe…satu ekonomis dua kualitasnya dan jepang bisa memenuhinya ketimbang eropa apa amerika…!!?

          •  

            Waduh Disini Jg Ada Wibu… Tapi Orangnya Lebih Suka Ama Produk Amrik:mrgreen:

            #Kaboooeeerr

          •  

            :DDDDDD

          •  

            Setahu saya mesin perkakas maupun yang sudah numerical control, yang terbaik itu buatan Eropa baik dari segi kualitas dan kinerja (mungkin karena dulu sekolahnya notabene didukung teknologi Eropa), sedangkan di dunia kerja maka produk Jepang adalah pesaing beratnya karena lebih murah dari mesin Eropa tetapi sama2 sudah cukup mumpuni dan awet… kalau buatan Taiwan/China itu adalah versi murahnya karena faktor umur pakai dan kualitasnya tetap dibawah performa yang kedua diatas, apalagi dalam kondisi sama2 baru…
            Mesin perkakas USA sangat jarang beredar, kalau adapun jauh dari produk Eropa…

          •  

            kebutuhan amerika dengan bahan mentah atau setengah jadi sangat besar,jadi mereka memang tidak banyak exspot bahan mentah dan setengah jadi….seperti bahan baja…malahan eropa pemasok utama baja diamerika…kelebihan negara maju adalah nilai tambah dari prodak berkualitas tinggi.
            sebaliknya negara berkembang akan menjual bahan mentah dan setengah jadi…!?!

  5.  

    Walau dibuly dan dipandang negatif hasil teknologinya tapi semangat kemandiriannya secara positif patut dicontoh!

    •  

      semangat kemandirian utk balik membully bukan positif utk dicontoh bung andre
      yg kena duluan biasanya tetangga lagipula kita juga punya asean yg mengutamakan diplomasi dulu.

      lagipula meniru industri china yg menghancurkan ekosistem tanpa regulasi lingkungan juga bukan hal positif, kesuburan tanah di indonesia kualitasnya paling top di bumi.

      •  

        Semangat kemandirian yg positif patut dicontoh yg negatif dan buruk ya jgn, kepandaian dan kecerdikan ilmuwan2 RI lah yg dituntut harus bs memilah dan menelaahnya! Klu kita sebagai warjag hy bs melepas uneg2 dimari sesuai kemampuan pemahaman pribadi masing2!he3.peace

        •  

          nah ini yg cucok

          metalurgi permesinan contohnya

          :DDDDDDD

          •  

            Chins itu ekspansinya ngeri looo… mereka mengacak2 harga… mengejar supaya pesaingnya kolaps… kemudian mereka menguasai pasar… menempatkan semua ras mereka di semua belahan dunia terutama dalam bidang bisnis strategis seperti accounting, purchasing dan marketing… maka dunia bisa mereka kuasai…

          •  

            persaingan tidak sehat dan tidak sempurna bagi yg kemarin bilang persaingan
            dia mensubsidi produksi2 dlm negeri dan memanipulasi mata uangnya sendiri agar tarif bea cukai murah.

            harga properti rumah di melbourne australia meroket tajam karena imigran2 memborong (asumsi sya mlah pencucian uang ) properti2 yg dulu 3 kali lebih murah diinggris yg berimbas naiknya biaya hidup di kota melbourne

          •  

            xaxaxa….yang jadi pertanyaanya dimana negara lainya…setidaknya negara yang dicurangi dan dirugikan,,,kok malah komentator yang peduli….???
            kalo merasa dirugikan mbok yaa mbalas napa….setidaknya teriak minta lontong….xaxaxa…
            yang saya heran kenapa cina bisa negara lain tidak bisa….apa negara lain terlalu jujur dan baik hati….atau mungkin…ah sudah lah,,,mungkin ini hanya perasaan saya saja….xaxaxa…

        •  

          Juara olimpiade fisika,kimia indonesia ga diperhatikan bung yul jdi larinya ke singapura

      •  

        Sekrg mulai diperhatikan linggk hidup ,mobil dengan listrik

    •  

      kamu ngarti engak dre parahrap pertama nya komen anu…???….xaxaxa….

      •  

        semangat kemandirian utk hegemoni politik, ekonomi maupun militer dgn dalih century of humiliation

        klo masih belum ngerti tanya bung jimmy

        •  

          Hahaha. Saya Malah Tambah Gk Ngerti πŸ˜›

          #Just Kidding.

        •  

          masalah hegemoni cerita lain lah nuu…itu harus sesuai keadaan negara dan kapasitasnya….semua ingin hegemoni tapi yaa lihat dulu dengan sapa kita memperebutkanya….nanti malah kayak tetangga merasa jaguh dan kaya mau berebut dengan kita…akhirnya malu sendiri…

          •  

            bung hegemoni memang keinginan setiap negara karena itu juga menjamin keutuhan bangsa dan negara, namun yg namanya hegemoni bukan hanya militer namun ada politik,ekonomi, budaya dan agama.

            yg sya permaslahkan adalh hegemoni china yg cenderung agresif coba dianalisis kenapa keadaan negara dan kapasitas china bisa menjelaskan hegemoni mereka yg seagresif

          •  

            xaxaxa….namanya juga orang kaya baru atau bisa jadi jagoan baru…belum bisa bawa diri dalam mengambil langakah elegan…atau bisa jadi karna karna memicu semangat nasionalisme dari rakyatnya….yang penting bukan bagai mana mereka bersikap tapi bagai mana kita mengantisifasi dan menangkalnya….
            kan begituno…

  6.  

    Lol, gimana Indo bs maju? Taunya mencibir pencapaian org lain aja. China bs mandiri di bidang alustita dlm bbrp dekade aja. Org yg bijak tentu akan mengakui pencapaian mereka & coba kaji strategi mereka. Ketimbang jd armchair general yg sok tau.

    •  

      kita tu keturunan orang suci dan garis turunan arya bung…engak layak berprilaku seperti itu….xaxaxaxa….
      kalo dosa membodohi dan menindas saudara sendiri didalam negri itukan dosa kecil…kalo dosa besar tu melawan negara besar….tau…bung….xaxaxa….

 Leave a Reply