Jan 212018
 

Jet tempur generasi kelima, Chengdu J-20 buatan China. © V587wiki via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Angkatan Udara China tampaknya telah menempatkan pesawat tempur terbaiknya yakni jet tempur siluman J-20 untuk melakukan latihan dengan jet tempur canggih lainnya, seperti dilansir dari laman The Straits Times.

Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLA-AF) mengatakan dalam sebuah rilis berita pada hari Kamis, bahwa sejulah jet tempur generasi kelima telah J-20 turut ambil bagian dalam serangkaian latihan tempur melawan J-16 dan J-10C yang kurang maju.

Latihan tersebut berlangsung selama sembilan hari terakhir di sebuah pangkalan udara yang tidak diungkapkan dan berlangsung realistis. Jet tempur J-20 berlatih manuver tempur jarak jauh selama latihan ini, menurut rilis berita tersebut tanpa menjelaskan lebih jauh.

Jet tempur Chengdu J-10 buatan China. © mxiong via Wikimedia Commons

Dilansir dari laman Xinhua.net, menyebutkan bahwa latihan ini adalah pertama kalinya Angkatan Udara China mengkonfirmasi bahwa J-20 telah berpartisipasi dalam latihan tempur.

Pada bulan Juli tahun lalu, Angkatan Udara China mengirimkan 3 (tiga) J-20 ke sebuah pawai militer di wilayah otonomi  Mongolia dan menggunakan  kesempatan  itu, untuk mengumumkan beberapa detail tentang bagian dalam kokpit jet tempur J-20 pertama kali.

Pada akhir September, juru bicara Kementerian Pertahanan China mengkonfirmasi pada sebuah konferensi pers bahwa pesawat generasi kelima telah ditugaskan ke Angkatan Udara PLA.

China melakukan penerbangan perdana dari jet tempur siluman J-20 pada Januari 2011 dan mendeklasifikasi pesawat tersebut pada bulan November 2016.

Pesawat pembom Xian H-6M Angkatan udara China. © Kevin McGill via Wikimedia Commons

Dikembangkan oleh Aviation Industry Corp of China, raksasa dirgantara milik negara, jet tempur J-20 memikul tanggung jawab berat yang diberikan oleh Angkatan Udara PLA untuk menciptakan ruang bagi pesawat lain selama pertempuran udara, menurut Zhang Hao, Kepala Pusat Uji Penerbangan Angkatan Udara China.

“J-20 akan seperti jarum yang bisa menembus dan menghancurkan jaringan pertahanan udara musuh. Pesawat ini adalah senjata ofensif yang khas, memiliki stabilitas, kemampuan siluman, kapasitas kesadaran situasional, dan sistem kendali penembakan”, katanya Zhang Hao kepada saluran CCTV.

Bagikan Artikel :

  34 Responses to “J-20 China Turut Serta Latihan Perang”

  1.  

    J7 produk samsung

  2.  

    Pertamax….keren Ni bisa diadu sama f35 si elang tambun…hihihi

  3.  

    Yg menarik dr RRT bagaimana proses meng copas pesawat ini dr F22 dg kemampuan setidaknya terkesan hampir sama (tunggu botol pulpen). Negara yg memiliki lisensi produk tertentu saja akan kesulitan tanpa memproduksi tanda dukungan pemilik asli.
    Saya melihat ini hasil intelegent yg paripurna bgm proses penyusupan dg kader yg militan dan pencucian otak yang canggih lalu masuk dalam tim pengembagan F22 kmdn mengirim blueprint ke negara nya. Maka bekuranglah biaya riset n development tinggal sedikit pengembangan dan produksi masal.
    Atau bisa jadi hasil infiltasi ciber corp yg berhasil menembus industri militer amrik lalu mencuri BP F22 tsb, walahuallam.

  4.  

    Coba lagi masuk wilayah korsel dan jepang

  5.  

    J-10 Cukup di Ladeni dg F-2 & FA-50

  6.  

    Patut dicoba jalan2 diatas langit India,Rusia, Korsel dan Jepang. Klu mulus nyelonongnya baru dpt predikat botol pulpen, klu skrg masih botol kecap.

  7.  

    Hahaha. KW Nya Mig Project 144. Dan Ada Jg Sebagian Teknologi Raptor Yg Di Colong.

  8.  

    Dari pada ribut kecam dan menghina kw lah dll lebih baik dukung pemerintah kita buat seperti silicon valley di usa supaya cepat kejar teknologi mereka ,sekrg china dah buat taman teknologi buat saingi silicon valley coba liat 15 th lagi kemajuan teknologi china pasti bisa saingi amrik,kita juga bisa ,mengcopy tanpa sdm yg mumpuni ga bkal bisa buat mesin toyota bisa ga kita sama ga ush jet tempur mobil aja dulu

  9.  

    Chengdu J-20 – China’s Stealth Jet Fighter

  10.  

    Intelijen cina memang patut di acungi jempol kerjanya… bisa nyolong teknologi asu semudah ambil permen dari anak kecil xixixi… Dan tentu saja Israel sekutu soulmate asu selalu siap membantu cina seperti mereka membantu cina dng copyan IAI lavy J-10… Tapi tentu sj cina akan membantahnya karena sirael adalah Sekutu asu nomor wahid xixixi… Punya sekutu tukang nusuk dari belakang Asu sungguh beruntung sekali wkkkk…

  11.  

    Haha bukan sales ichhh dibayar gak … Mang diam2 israel jual teknologi laser,lavi,uav,tank dll sebagai bentuk balas budi dan tentunya fulus wong perush teknologi israel di china ada 1000 an dubidang pertanian,farmasi,teknologi dll,makanya china cepat perkembangan teknologinya

 Leave a Reply