JakartaGreater.com - Forum Militer
May 242014
 
Tanning Datuk, Kalimantan Barat (photo: satuharapan.com)

Tanning Datuk, Kalimantan Barat (photo: satuharapan.com)

Semarang. Sengketa lahan antara Indonesia-Malaysia untuk wilayah Tanjung Datuk, Kecamatan Paloh, Kalimantan Barat, kini dalam status quo. Tapi Malaysia, baru-baru ini, mengusiknya dengan mencoba membangun mercusuar di wilayah sengketa itu, bahkan proyek tersebut sampai melanggar batas wilayah RI.

“Kurang lebih ada sekitar satu mil — sesuai perhitungan TNI — masuk ke wilayah NKRI,” ungkap Panglima TNI Jenderal Moeldoko, di sela-sela kunjungan kerja di Markas Kodam IV/Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (23/5).

Namun, kini TNI memastikan tidak ada lagi aktivitas pembangunan tiang pancang suar oleh Malaysia di Tanjung Datuk. TNI telah mengambil sikap tegas dengan menghentikan ulah lancung negeri jiran itu dan ‘mengusir’ seluruh pekerjanya.

“TNI telah mengambil langkah-langkah tegas untuk mempertahankan kedaulatan negara,” kata Moeldoko.

Langkah-langkah politik, menurut Jenderal Moeldoko, akan dilakukan pemerintah Indonesia dengan melayangkan protes atas sikap yang ditunjukkan negeri jiran itu.

Astros 2

Astros 2

Ujicoba Astros II
Bertempat di São Paulo Brasil, Tim dari Kementerian Pertahanan berkunjung ke Avibras, Sao Paulo yang memproduksi Astros II, Kamis (22/5). Tim dipimpin Kepala Badan Sarana Pertahanan Kemenhan Laksda Rachmad Lubis. Rombongan diterima Presiden Avibras Sami Youssef Hassuani, Direktur Pengembangan Bisnis Internasional Leandro Villar, dan Manajer Pengembangan Bisnis Hans Kristensen.

Sami Youssef Hassuani mengatakan pemesanan atau pembelian Astros II bukan cuma kerja sama bisnis.

“Ini lebih dari sekadar kerja sama bisnis, tetapi juga kerja sama telnologi, dan kerja sama pertahanan antara Brasil dan Indonesia karena meski kami perusahaan swasta, angkatan bersenjata Brasil mendukung kami,” kata Hassuani, seperti dilaporkan wartawan Media Indonesia Usman Kansong dari Sao Paulo, Brasil.

Dalam rombongan Kemenhan, turut serta staf Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan, Bappenas, dan wartawan.

Astros 2

Astros 2

image

Astros 2 TNI (photo: defense-studies.blogspot.com)

Astros 2 TNI (photo: defense-studies.blogspot.com)

image

“Ini adalah bentuk keterbukaan informasi agar rakyat tahu untuk apa uang negara digunakan, juga dalam rangka good governance dan clean government,” jelas Laksda Lubis kepada pihak Avibras.

Rombongan Kemenhan berkesempatan melihat langsung tahap-tahap produksi Astros II. Pekan depan akan dilakukan uji coba Astros II dan akan disaksikan Wamenhan Sjafrie Syamsoeddin.(Republika.co.id dan Metro TV).

Berbagi

  104 Responses to “Jaga Perbatasan dan Terus Perkuat Alutsista”

  1.  

    uno

    •  

      malaysia adalah malingsial.betul betul betul.iye laaaa

    •  

      @bung kobu…numpang number uno

      sebenarnya apa yg ada dlm benak pa cik dan seluruh pemimpin malay,bukankah kita bangsa serumpun seperti yg pa cik bilang…tapi tenggang rasa,saling menghormati dan persaudaraan kenapa pa cik campakan.

  2.  

    sijikah??

  3.  

    yes oh yes oh finally setelah meminta dilahirkan kembali dari rahim ibu, dapat numero uno di JKGR

  4.  

    keberapa ya ?

  5.  

    5 Besar hehe…

  6.  

    Ijin Nyimak Dan….

  7.  

    Kerjasama dalam teknologi itu gimana maksudnya ya?
    Apakah ada pengembangan?

  8.  

    untuk matra darat aja Terbuka buat Masyarakat Tapi Kalo Matra Laut di sembunyikan., Ckckckck……
    Salut dah buat TNI AD.

  9.  

    Mbah tidak ingin kita petantang petenteng di perbatasan, ntar bikin Sang Naga Marah besar

  10.  

    Yang darat kn susah nyembunyiinya gan lagian jg yg dubuka kelas standar hee

  11.  

    Apa ini dari bung danendra, bung @diego

  12.  

    Halah kebiasaan baca belakangan. Maaf maaf

  13.  

    lumayan……….

  14.  

    20 besar.. haha

  15.  

    Pasang s400 dan yk menghadap ke utara dan barat laut.Jg tanam ranjau laut byk2 di situ kalau malon nyelong lg bisa meletup

  16.  

    mantap lah. Siapa pun yg berani mengusik kedaulatan NKRI sikat sja.
    Rakyat dibelakang anda “TNI”
    sudah lelah rasanya kedaulatan kita di usik bangsa lain.

    •  

      terima kasih mbah Moel dg sikap tegasnya, p.Lubis, p SS, pekan dpn kita nikmati suguhannya, senang sekali uang pajak rakyat dipake beli astros…sore bung Asgar

  17.  

    negara alay ni beberapa kl dah mengusik NKRI, hrus di respon dgn cpt, skali2 hrus di ksh pelajaran.

  18.  

    Malaysia emang menggambarkan kelakuannya :: maling – @lay – siallll

  19.  

    rudal yang wrna merah rudal apn tu..kyak rudal jelajah..rudalnya pakai sayap..

  20.  

    supaya malaysia g berulah lg di perbatasan, hapus perbatasan Indonesia-malaysia, jd’kan malaysia provinsi termuda Indonesia…

  21.  

    klo buat nembakin malingsial bisa rata ga ya .?biar ilang dari peta dunia

  22.  

    Jaga pebatasan sangat menantang karena banyak hal yamg harus dihadapi… semoga militer penjaga perbatasan memperoleh dukungan lebih baik..

  23.  

    NKRI Harga Mati.. Ingat Harga Mati.. Wahai Tetangga.. Ini INDONESIA..

  24.  

    Sekedar saran, perbatasan jangan cuma di jaga tp juga di bangun infrastrukturnya dan disejahterakan rakyatnya, percuma perbatasan di jg TNI banyak2 dgn alutsista yg gahar tp rakyatnya kehilangan rasa nasionalisme krn merasa tidak di perhatikan pemerintah

    •  

      setuju dengan anda bung nugraha…

      secanggih apapun kekuatan militer atau alutistanya , kalau saudara jauh kita disana masih jauh dari yang diharapkan dari pemerintah tentunya akan melemahkan nasionalisme saudara jauh kita disana.

      bisa dilihat bagaimana kesenjangan diantara perbatasan, negeri tetangga seakan-akan ingin memamerkan ke negeri kita khususnya saudara kita disana, “ini lho negeri kami,pemerintah kami sangat perhatian dengan rakyat kami”

      bisa dilihat perbandingan infastruktur di perbatasan negeri tetangga seolah-olah jor-joran pembangunan didaerah perbatasan.

      dan lebih miris lagi , masih ingat saudara2 kita di perbatasan di jadikan askar2 negeri tetangga (CMIIW)

      cuma sedih
      maaf cucu lancang

      •  

        Betul bung cucu, saya jg ikut sedih…bisa2 nasionalisme terhadap nkri masyarakat di perbatasan semakin lama semakin menipis, jgnkan soal infrastruktur soal isu perut saja lebih mudah dan murah mendapatkan produk made in malaysia, kartu telpon seluler jaringan malaysia, sampai nonton tv pun siaran televisi malaysia, nah hal2 inilah jg yg bisa mendorong rakyat RI di perbatasan gampang kena propoganda bisa membelot kenegara jiran…mudah pemerintahan yg baru bisa lebih peka dr pemerintah yg sekarang, salam kenal bung cucu 🙂

  25.  

    <:D
    ?) siap !!!
    _||_ Komandan !!!

  26.  

    @ mas Jalo…

    gambar MLRS Astros 2 yang kedua… misilnya ada sayapnya tuch… guided dong yach… mantap…

    are you thinking what I am thinking right now ?

  27.  

    sebenarnya kalau boleh saya berpendapat…..tentang pelik dan berkelanjutannya problem di perbatasan, dan serta ancaman yang akan datang di masa depan,pemerintah harus secepatnya mewujudkan ketahanan nasional di bidang:

    1.Wamil ( wajib militer )

    dengan wajib militer setidaknya bisa membentuk karakter generasi yang disiplin, tanggung jawab dan sebagai generasi bermental kuat.
    dilain hal tersebut juga dapat menjadikan sebagai pasukan cadangan bela negara sebagai pertahanan akhir sebuah negara yang dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan

    2.Pendidikan
    polemik perbatasan sering terjadi, kesenjangan dalam berbagai aspek pun sudah jelas, dari mulai infrastrktur, pendidikan dsb.
    kita tahu ribuan , puluhan ribu,atau mungkin jutaan pelajar (mahasiswa/mahasiswi) generasi bangsa indonesia dari mulai D1-S3 dikota2 besar seluruh indonesia khususnya ,mungkin sudah saatnya pemerintah “FOKUS”menerapkan peraturan dimana seorang mahasiswa/i bila dalam kelulusan diwajibkan melakukan pengabdian ke masyarakat didaerah terpencil / terluar sesuai dengan bidang masing2 keilmuannya.bisa dilaksanakan 3-6 bulan sebelum masa akhir pendidikan.

    kalau hal ini saya sederhanakan lebih ke “ayo ramaikan saudara kita yang jauh”

    3.Bisnis

    seringkali kita mendengar di / wilayah terpencil/terluar aspek kehidupan tergantung dari negeri tetangga dari sembako, bahkan informasi lebih menangkap siaran tetangga ketimbang negeri sendiri
    sudah saatnya pemerintah menerapkan peraturan kepada para pebisnis dibidang media,komunikasi dsb, wajib membangun infrastruktur di daerah terluar/terpencil.sehingga bisa dinikmati dengan baik oleh saudara kita yang jauh.

    4.Pindahkan Pusat pemerintah

    konsep ini sebenarnya sudah pernah di pikirkan masa bung karno , palangkaraya (CMIIW)
    kenapa dengan perpindahan pusat pemerintah , dengan dipindahkan pusat pemerintahan tentunya :
    a.pemerataan pembangunan akan lebih cepat disekitar pusat pemerintahan
    b.home base militer tentunya akan lebih tercakup luas
    c.para invenstor 2 baik lokal maupun asing akan melihat banyak hal sesungguhnya banyak pulau2 nkri yang rupawan

    ini hanyalah sekedar pemikiran saya tentang banyaknya problema di salah satunya di perbatasan dengan meningkatkan ketahanan nasional dgn peran tersebut

    cuma pandangan
    maaf cucu lancang

    •  

      se7 sama anda [email protected] kecuali wamil ,dana tuk wamil lebih baik untuk riset atau beli senjata

      •  

        salam kenal bung santri…semoga sehat selalu

        terima kasih bung atas kontranya….
        wamil dalam hal yang saya bahasa itu aset bangsa tapi dalam persepektif pembentukan karakter, persatuan dan kesatuan , bela negara , serta peningkatan nasionalisme.

        alutista dan riset hanyalah pendukung…. tapi aset embrio generasi yang harus di prioritaskan….

        salam kenal bung semoga sehat selalu
        maaf cucu lancang

      •  

        Wajib militer bagi para guru saya rasa lebih hemat,kalo gurunya berkualitas pasti muridnya juga berkualitas

    •  

      Bung cucu yang pendidikannya kurang. Itu loh yang stpdn san yang setara. Bakalan jadi momok ngga bakalan tercapainya yang bung cucu inginkan. Tapi kalu dibuat macam kuliahan juga ya ngga ngaruh. Paling kayak preman beraninya banyakan kalo atu atu ya….tau lah

      •  

        salam kenal bung freaxout..

        kalau secara pribadi saya sih, kalau sekolah dinas di pemerintahan selain sekolah dinas militer/polisi/yang menyangkut pertahanan mending di tiadakan saja, lumayankan dana tersebut bisa dialihkan.

        cuma pendapat
        maaf cucu lancang

    •  

      Kota saya “Palangkaraya” disebut tuh 🙂

      Rencana pemindahan ibukota atau pusat pemerintahan merupakan cita2 bung karno yang belum tercapai. Bahkan pada pemerintahan SBY pun isu ini sempat bergulir, dengan pertimbangan beban jakarta pada saat ini dan masa mendatang maka di bentuklah “Tim Visi Indonsia 2033” untuk melakukan kajian secara spesific.

      Hasil kajian tersebut dapat di akses di : http://www.visi2033.or.id

      Seandainya tidak ada peristiwa pemberontakan pada 30 September tahun 1965, mungkin saat ini pusat pemerintahan Indonesia sudah berada di Palangkaraya.
      Melalui program pembangunan berencana semesta, Soekarno sudah merancang pemisahan antara pusat pemerintahan dan ekonomi. Rencana itu tidak terlaksana karena rezim Soekarno tumbang seusai pemberontakan 1965.

    •  

      menurut saya

      wamil: seperti yang dijelaskan bung cucu, sebaiknya itu diterapkan dari mulai sekolah SD-SMA melalui mata pelajaran khusus mengenai membentuk karakter generasi yang disiplin, tanggung jawab dan sebagai generasi bermental kuat. kalau dulu sih saya merasakan hal itu dari pelajaran PMP/PPKN sekarang agak kurang sepertinya. sekarang jarang juga mendengarkan cerita heroik para pahlawan kita yg sebenarnya bisa langsung terasa darah bergejolak Semangat 45.

      pendidikan: dalam bidang ini untuk perguruan tinggi memiliki tridharma perguruan tinggi yang harus dijalankan yaitu pendidikan, pengabdian dan penelitian. semua itu adalah kewajiban yg harus dilakukan oleh mahasiswa dan dosen. pendidikan itu sendiri menyangkut SKS yang diambil atau mata kuliah yg dipelajri di kelas atau lab. pengabdian itu istilahnya Kuliah Kerja Nyata atau sejenisnya ke daerah” sekitar 3 blnan tp tergantung dr Universitasnya juga sih. penelitian terkait dengan Skripsi atau tugas akhir. kalau semua itu belum nyata rupanya mungkin pihak yg berkewajiban bisa mengauditnya

      bisnis: hal ini lebih mencari prioritas keuntungan dalam pandangan saya. investor atau pelaku bisnis lainnya agak kurang tertarik untuk mengembangkan bisnis didaerah perbatasan karna kendala konsumen, infrastruktur, jauh ke pusat keramaian dll. jangankan didaerah perbatasan didaerah yg lbh baik saja dr daerah perbatsan mash banyak yg kurang mendukung kok. Semoga ada pihak terkait yg mau mengembangkan bisnis didaerah perbatasan karna saingannya mash sedikit.

      pindahkan pusat pemerintahan: klo ini saya g bs komen banyak,,, terserahlah mau dimana. dimanapun berada yg penting rakyat mudah untuk mendpatkan pendidikan dan usaha/pekerjaan yg layak.

  28.  

    Waduh… dah bocor… hahahaha… makanya kmrn sy bilang ada yg “meroket” dalam waktu dekat… hebat toh. itu mou di ttd jumat kmrn lho. oh iya… uji coba astross berlangsung hr senin waktu brasil.. tunggu yaa kabar baiknya.. 🙂

    •  

      clue-nya bung danendra dibagi dong…
      ditunggu coz nggak ngapel, tanggal tua he..he..he.

    •  

      Salam kenal bung danendra bung djawa. monggo infonya dibabar biar gamblang 😀
      Kalau aku sendiri kok agak sangsi kerjasama sama brasil secara kita beli tukino saja urusannya gak jelas sampai sekarang. Mendingan cari mitra yg komitmennya bisa dipegang saja.
      Maaf cuma pendapat penjual pulsa 😀

      •  

        salam kenal juga mas mpu gondrong dan mas djawa… 🙂

        Kerjasama ama siapapun aja sbnrnya ga masalah, asal kontraknya jelas… hehehe.. masa ditawari kerjabareng bikin pesawat angkut ditolak? ups…

        •  

          Hehehe..yg kaya globemaster ntu ye bung :mrgreen: oops!!

        •  

          embraer kc 390 kah bung danendra?…pencerahannya….monggo?

        •  

          Klo emang bener KC390..kayanya ini ga butuh waktu lama bung..soale design dah ada..paling tinggal poles dikit ama ptdi..ini solusi murah ketimbang ambil C17 :mrgreen:

        •  

          Bung @danendra kerjasama pesawat angkut itu saya kira memang ‘belum waktunya’ 😀
          Secara barangnya belum ada tapi kita yg suruh mbayari, kan harus lihat dulu urgensinya, kalau ifx yg pesawat tempur, okelah, wong kita lagi butuh cepat. Tapi kalau pesawat angkut jet yo nanti dulu, wong pakai herkules yg kitiran aja gak bisa beli baru kok sudah suruh bikin yg jet, selain ‘wani piro’ nya gak ada kan urgensinya kurang tepat, lha iyo nek pesawatnya beres, kalau enggak?

  29.  

    nyimak

  30.  

    Jadi ini toh makna kunjungan wamenhan kemarin…. mantap pak ss… 😀

  31.  

    http://voricomrade.wordpress.com/2014/01/25/indonesia-dibawah-ancaman-agenda-balkanisasi/

    http://indonesiakita.com/2014/05/18/prabowo-habibie-fitnah-pun-mulai terbongkar/

    Bukan untuk dukung prabowo lho ya. Cuman sebagai pengingat apa yang akan kita hadapi besok lusa. Siapapun presidennya siap siap aja ……….eng ing eng. Walau tni kuat tampa dukungan rakyat ya percuma.

    •  

      Kalo prabowo orang barat takut di nasionalisasi dan pakJK buat smelter. Jadi ya sama aja. Siap siap

    •  

      http://indonesiakita.com/2014/05/18/prabowo-habibie-fitnah-pun-mulai <==== ini kena serangan jantung kayaknya bung, dah error 404 🙂

      •  

        Waduh maaf baru balas. Coba cari di gugel kata kuncinya
        “Prabowo habibie fitnah pun mulai terbongkar” aslinya ada di face book. Cuman saya pake hp. Ngga bisa kopas. Hanya saja belum saya cek nih. Kapok saya kalo facebook. Kalo pejuang komen di internet pasti tau deh. Sampe berhenti satu tahun. Ditawarin jadi teroris dengan dana ngga terbatas. Tatutaku

    •  

      Maaf bung aldho baru di jawab sekarang.
      Kalo no 1-4 saya setuju aja.
      Kalo no 5 kita ngga bisa sepihak memutuskan bung. Nunggu allan pope ketangkep lagi baru bisa.
      Kalo no 6 saya ngga setuju itu namanya keluar dari mulut singa masuk kemulut buaya. Sama juga boong. Mending buat lontong sebesar kri makassar 10 biji. Isinya bulava rasa nusantara hulu ledak depleted plutonium atau tritium+:mrgreen: biar reaksi fusi sekalian. Walaupun benua bakalan ilang kayaknya tuh.

      •  

        Kan banyak klunya bung aldho. F16 aja gratis kok. Kita orang timur bukan orang barat. Pertama ya kita peringatkan, lalu di tegasin kalo ngga bisa ya kita tembak. Itu lho komennya bung nara di artikel baru. Udah di kasih tau sama pasukan katak masih terus aja ganggu.
        Untuk no 6 keliru besar t 50 punya india kalo punya kita su50 ( ngga sama loh )

  32.  

    mbah bowo tu bikn rusuh..sbagi org tua bkannya ngasih semangat yg muda..ehh mala nurunin mental..bung cucu pro kontra bleh sesuai dan mendidik..laa mbah bowo ini mala nurunin semangat..

    •  

      bung jpr…

      kalau saya lihat dari koment mbah bowo tidak alur sara, so tidak ada masalah….kontra pun dia masih memberikan pendapat, ketimbang ngejar nomor tapi ga sumbangsih komen diskusi apa lagi cuma sumpah serapah ga jelas…

      santun lah….

      coba bung cek tiap komen mbah bowo ada arah alur ke barat lalu bergeser ke timur
      harusnya lebih tepatnya begini bung,semua komen disikapi dengan “mawas diri” dalam artian kenapa mungkin salah satunya mbah bowo itu ke arah timur , ya bung jpr harus coba analisa kekuatan timur, apalagi timur itu sangat agresif sekali, coba pikirkan “natuna” apa yang terjadi dengan natuna.

      note:
      *ada warjager yang memang pro barat
      *ada warjager yang memang pro timur
      *ada warjager memang tidak pro barat,tapi komennya seoalah probarat tapi hanya ingin tahu pola pikir para setiap warjager lebih condong kemana,begitu juga sebaliknya.
      *ada juga “spy”

      salam kenal yah bung jpr
      maaf cucu lancang

  33.  

    Ya betul pasti jd kanker yg menggerogoti dari dalam.Diberantas berkali kali masih sj mau mengusik rumah org bangsa keturunan penyamun ini

  34.  

    Kalo Malasia sih udah dari dulu iri kepada bangsa ini…dari segi apapun kita masih lebih baik dari mereka..mereka hanya mengandalkan belas kasih dri Padhe Sam ma Eyang Eli utk dpt cari muka bahwa negaranya kuat buktinya boroknya keliatan waktu MAS MH hilang

    Pak Syarief utk Super Tucanonya gimna jadwalnya udah molor panjang nih…sekalian aja mumpunk disana tanyain apa Embraer mengeremehin kita ato gak punya dana krn di pinjam bt piala dunia

  35.  

    di pelsus pertamina balikpapan sandar kri dr class achmad yani.sedang apa ya?

  36.  

    komen komen komen terus tapi para sesepuh di warjag ini tidak memberi penerangan atau kesimpulan percuma kayaknya. akhirnya ngalor ngidul.

  37.  

    Saya rasa pertahanan di kalimantan barat untuk sekarang lebih efisien di bangun bandara yg bagus,jalan2 yg bagus buat fasilitas pariwisata yg bagus,nah natuna kan deket tuh,bagunlah dermaga yg bagus kan jdi bisa sekali mendayung 2 /3 pulau terlindungi keamanan dan ekonominya tuh

  38.  

    Selamat malam Bung Diego. Terima kasih atas materi yg dipublikasikan. Pertanyaan saya pengertian 32 paket pembelian astros 2 itu meliputia apa saja ?

    •  

      Mohon sebelumnya para sesepuh dan para warjager, jika yg saya sampaikan ini adalah mimpi dr seorang warga negara dari negara kepulauan dng luas wilayah lautan dan udara yg sangatluas di dunia, andaikata APBN R.I adala adalah 10 rb milyar dollar, R.I mengalokasikan 250 miliar dollar, dng catatan tdk ada konspirasi utk korupsi APBN dan pengadaan alutsista, peningkatan kesejahteraan personil, perekrutan personil hingga membentuk divisi2 dr masing2 matra, maka tdk ada yg mustahil negara kita tdk akan dianggap remeh, dan kita jg tdk dianggap tidak serius dng upaya2 yg dilakukan oleh negara2 lain utk menyusup dan melakukan aktifitas mata2 dan sabotase, yaitu dng melakukan serangan tanpa peringatan. Dng besar anggaran spt di atas 250 miliar dollar, indonesia dpt mengadakan tambahan ratusan kpl perang dan puluhan kapal selam dr berbagai kelas dan ratusan midget, belasan skuadron heli serang maritim, heli anti kapal selam, heli OTHT, heli angkut dng persenjataan yg mumpuni

    •  

      Ada 36 (multi) launcher. Dibagi 2, untuk Div 1 dan 2 Kostrad

      link: http://jakartagreater.com/alutsista-baru-batalyon-armed-2013/

  39.  

    Salam hangat buat warjager semua…dan selamat malam mingguan,yg jomblo sediakan kopi trz tongkongin JG..sebagai kaum awam dan mungkin jr bidang militer..saya ada 1 pertanyaan ma warjager…kira2 kepikiran ga ya TNI akan sistem kamuflase alutsista,,problemnya di atas sana banyak satelit berkeliaran dan pasti spionase yg tanpa kita sadari pasti ada,seumpama alutsista jika di umbar di tempat terbuka pa ga mudah terbaca kekuatan alutsista kita..maaf opini orang awam

  40.  

    Serahkan saja semuanya kepada PEMERINTAH &TNI..strategi & perencanaan pertahanan negara ini sudah di buat program jangka panjangnya secara matang..kita cukup mendoakanya semoga segera terealisasi..dan bila sudah waktunya pokoknya tetangga sebelah bisa nangis darah dah…( itu juga kalo di publis ) klo ngga juga gpp biar tetangga nebak2 buah manggis kekuatan bangsa INDONESIA…NKRI HARGA MATI…!!!!!

  41.  

    Ratusan pswt patroli maritim yg dipersenjai, puluhan pesawat peringatan dini yg dipersenjatai, puluhan LPD, ratusan LST, ribuan tank dan panser canon amhibi cal 105 mm, ratusan unit pswt amphibi yg dipersenjatai, ratusan kpl dng pelontar drone yg dipersenjatai, pembangunan ribuan bunker utk markas, tmpt penyimpanan BBM utk 4-5 tahun ke depan, kilang utk stok cadangan nasional, kilang utk menyimpan stok nasional, memiliki radar pasif dan aktif maritim, membentuk 16 divisi utk msg2 matra, utk TNI A.U mngadakan 600-700 unit pswt trmpur, mengadkan 100 pswt latih tempur, mengadakan 400-700 baterai S 400, S300, S 500, rudal mistral, oerlikon ratusan unit msg2 utk BUK 2 ME, pantsyr S1, antey 2500, puluhan skuadron drone yg dipersenjatai dan memiliki waktu tempuh 28 jam, memikiki 80 unit pswt latih, memiliki belasan skuadron pswt angkut dr berbagai kelas dr berat sampai ringan, memiliki belasan skuadron pswt pengebom, memiliki 90 unit pswt tangker, utk TNI A.D memiliki krg lebih 1600 unit MBT, memiliki 3000 unit tank medium, memiliki 3000 unit panser dnh canon cal 105 mm, memiliki ribuan panser anoa varian 2, memiliki 1800 ujit panser dng platform anti tank dan anti kendaraan laps baja, memiliki 6000 unit jeveline, dn 12 rb NLAW, belasan skuadron utk msg2 heli serang dn heli serbu, puluhan skuadronheli angkut

  42.  

    Sbg rakyat ndeso, ane berngarep-arep pemerintah benar2 konsisten menjaga area perbatasan. Bbrp kali kebobolan ane anggap sbg tanda kedodoran dlm menjaganya. Alasan personil terbatas, kapal patroli terbatas dan anggaran terbatas adalah alasan klasik. Di dunia ini tdk ada yg tdk terbatas, negara aja ada perbatasannya….; Haarapan juga kpd para panglima atau pihak berwenang, perlunya penataan personil piket patroli perbatasan scr lebih baik shg area perbatasan bisa termonitor sbgmn layaknya negara beneran.

  43.  

    Penjelasan bung [email protected] mantaf..kita sebagai warga negara yg peduli dgn NKRI,,seyogyanya mendukung langkah dan strategi yg di ambil TNI DAN PEMERINTAH..NKRI HARGA MATI

  44.  

    “sebelumx aq ucapkan assalamualaikum.. & salam persaudaraan.
    ..sepertix tanpa kita sadari ternyata perang terselubung antara negara kita dgn negara2 lainx masih terjadi hingga kini.dgn ragam alasan &aneka logika.tentux TNI sebagai penjaga tanah pertiwi ta’kan berdiam diri bila melihat ‘TUANNYA’merasa terancam.sebagai salahsatu generasi bangsa ini..aq berharap TNI tao apa yang harus dilakukan meski rakyat tanpa memintanya…

 Leave a Reply