Jul 082014
 

bendera1

Semangat kebangsaan atau nasionalisme, merupakan perpaduan atau sinergi dari rasa kebangsaan dan paham kebangsaan. Dari semangat kebangsaan akan mengalir rasa kesetiakawanan sosial, semangat rela berkorban, dan dapat menumbuhkan jiwa patriotisme. Rasa kesetiakawanan sosial akan mempertebal semangat kebangsaan suatu bangsa.

Semangat rela berkorban adalah kesediaan untuk berkorban demi kepentingan yang besar atau demi negara dan bangsa telah mengantarkan bangsa Indonesia untuk merdeka. Bagi bangsa yang ingin maju dalam mencapai tujuannya, selain memiliki semangat rela berkorban, juga harus didukung dengan jiwa patriotik yang tinggi.

Jiwa patriotik akan melekat pada diri seseorang, manakala orang tersebut tahu untuk apa mereka berkorban. Makna dan keberadaan patriotisme itu sendiri tidak dapat dipisahkan dengan nasionalisme. Patriotisme menganjurkan kepada seluruh anggota suatu bangsa untuk selalu rela berkorban kepada negaranya sebagai tempat berpijak, tempat hidup, dan tempat mencari penghidupan.

Sedangkan nasionalisme mengajarkan kepada kita untuk mencintai tanah air, bangsa, dan negara dengan segala apa yang dimilikinya.

bendera 2

Prinsip Bhineka Tunggal Ika
Prinsip ini mengharuskan kita mengakui bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang terdiri dari berbagai suku, bahasa, agama dan adat kebiasaan yang majemuk. Hal ini mewajibkan kita bersatu sebagai bangsa Indonesia.

Prinsip Kebebasan yang Bertanggungjawab
Manusia Indonesia adalahl makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Ia memiliki kebebasan dan tanggung jawab tertentu terhadap dirinya, terhadap sesamanya dan dalam hubungannya dengan Tuhan Yang maha Esa.

Prinsip Wawasan Nusantara
Dengan wawasan itu, kedudukan manusia Indonesia ditempatkan dalam kerangka kesatuan politik, sosial, budaya, ekonomi, serta pertahanan keamanan. Dengan wawasan itu manusia Indonesia merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa dan setanah air, serta mempunyai satu tekad dalam mencapai cita-cita pembangunan nasional.

Prinsip Persatuan Pembangunan untuk Mewujudkan Cita-cita Reformasi
Dengan semangat persatuan Indonesia kita harus dapat mengisi kemerdekaan serta melanjutkan pembangunan menuju masyarakat yang adil dan makmur.

http://ulfiarahmi.files.wordpress.com/2010/12/bendera-indonesia7.jpg?w=695

Menyambut Pemilihan Presiden Republik Indonesia Tahun 2014

Jaga Persatuan dan Kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia Yang Kita cintai.

Salam Hangat Dari Kami , JKGR

  70 Responses to “Jaga Persatuan dan Kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia”

  1.  

    amien ya robbal alamin bung CL

  2.  

    Semoga aman damai setiap jengkal wilayah NKRI, siapapun yg terpilih rakyat tetap damai, bersatu dan bersama membangun INDONESIA, NKRI harga mati, Salam

  3.  

    Sapa pun presidennya..saya masaih tetap jualan NASI JENGGO….salam Damai dari BALI !!!

  4.  

    Hampir 1 tahun jadi SR, salam kenal semuanya…

    Salam NKRI harga mati

 Leave a Reply