Apr 202017
 

(grafik : Sinyongnyong)

Balikpapan – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan jalan tol Balikpapan-Samarinda selesai dan mulai dioperasikan pada tahun 2019.

“Saat ini progresnya sudah cukup baik, mudah-mudah bisa berjalan lancar dan bisa beroperasi pada 2018,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam siaran pers Rabu, diterima di Balikpapan, 19/4/2017.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda direncanakan membentang sepanjang 99,35 kilometer dengan nilai investasi Rp 9,97 triliun. Pembangunan jalan tol ini dilakukan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), yaitu PT Jasa Marga Balikpapan-Samarinda. Saat ini kemajuannya pembangunan mencapai 12,82 persen sementara pembebasan lahannya sudah 85,49 persen.

Pembangunan tol ini juga dibagi dalam lima seksi. Seksi 1 dan 5 dibiayai oleh Kementerian PUPR dan Pemprov Kaltim, seksi 2-4 oleh PT Jasa Marga Balikpapan.

Untuk Seksi 1 (Balikpapan Km 13 – Samboja) sepanjang 22,03 km, konstruksinya menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 1,5 triliun dan APBN sebesar Rp 271 miliar untuk pembangunan Jembatan Manggar.

Seksi itu ditargetkan selesai pada 2017 atau dua tahun sejak Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK), saat ini progres fisik telah mencapai 53,8 persen dan progres pembebasan lahannya mencapai 95,16 persen.

Seksi 5 (Manggar – Balikpapan Km 13) sepanjang 11,09 km, anggarannya sebesar Rp848,55 miliar ditargetkan selesai pada 2018. Kemajuan pembangunannya mencapai 3,6 persen dan pembebasan lahan 60,80 persen.

Kemajuan seksi lainnya yang dikerjakan oleh BUJT, yaitu seksi 2 (Samboja-Muara Jawa), seksi 3 (Muara Jawa- Palaran) dan seksi 4 (Palaran-Samarinda) dengan total panjang 66,23 km, rata-rata progres lahannya adalah 81,29 persen dan progres fisik 1,89 persen.

“Pembangunan kontruksi tol Balikpapan-Samarinda berjalan simultan dengan pembebasan lahan agar proses pengerjaan dapat memenuhi target waktu penyelesaian,” ujar Menteri PUPR.

Antara

  70 Responses to “Jalan Tol Balikpapan – Samarinda, Operasi 2019”

  1. Pertamax

    • Weeeee….. warga Kalimantan bakalan punya jalan tol, selamat yaa….

      Semoga jalan tolnya ga kayak di Jawa, macet mulu…… padahal namanya jalan bebas hambatan !!??….

      Bebas hambatan opo ??……

      • Yaitu…”bebas hambatan” untuk macet

      • Yang mengaspal itu para lelaki, maka disebut jalan tol.

      • banyak pengaruh dan faktor yg menyebabkan kemacetan baik di tol mau pun kota2 besar,,,
        kebanyakan karena jumlah mobil melebihi jumlah pembangunan jalan,, disamping itu kwalitas angkutan umum yg kurang baik, dan kesadaran warga dalam mematuhi peraturan lalulintas kurang baik,,

        banyak solusi yg masuk ke pihak DLLAJ, mau pun menhub,, cuma kepentok UU sehingga sulit direalisasikan,,

  2. mantab

  3. Beban Berat
    Tak Sanggup

  4. Yang betul beroperasi 2017, 2018 apa 2019 sih?

  5. kalo jadi.nggak ada lagi namanya”Fast and Furious”ala sopir taxi…kasian penumpangnya merinding disco dibuatnya

  6. 32 tahun siharta berkuasa, jalan2 di kalimantan di biarkan begitu saja, sby 10 tahun membuat jalan mangkrak, semoga era jokowi jalan2 di kalimantan bisa tuntas…jadi kami akan percayakn kepemimpinan selanjutnya kepada pak jokowi kembali

    • Bangun tidur masih ngigau bung.? Kalo gak ngerti dan blom pernah ke Kaltim sebaiknya jng ngoceh deh.
      Di jamanpak harto ada namanya PROJAKAL.Proyek Jalan Kalimantan yg kualitas jalannya sangat bagus. Utamanya jln dr Balikpapan menuju Tenggarong dan diteruskan ke Samarinda, dr balikpapan menuju Banjarmasin, kalo memang anda pernah kesana.
      Era Sby dibangun jalan samarinda – bontang – sangata yg sekarang sdh bagus serta jalan lingkar balikpapan samboja lewat manggar yg dipercantik.
      Era jokowi diteruskan dng membuat tol Samarinda Balikpapan.
      Kalo gak ngeliat faktanya, jng asal ngowoh aja mas bro…..xixixi

      • Soakk; sang provokator gagal

      • apa yg di katakan bung ruskey mungkin benar!!! tp ingat 32 dan 10 th saya yakin tuh jalan bagus juga sudah rusak muhehehehe apa lagi aspal…

        • Jalan poros transkaltim sudah bagus sebelum jkw jadi R1 saya bisa rasakan karena dari dulu hampir setiap bulan ke SMD dari Wahau lewat jalan darat dan bisa membedakan yang membangun siapa …………., yang sekarang blm apa2…..

        • Itu betul bung PAK DA, Namanya buatan manusia pasti akan rusak, makanya ada namanya pemeliharaan jalan. Jika daerah terpencil belum tersentuh, memang pola kita menetapkan pembangunan dimulai dr pusat pemerintahan/kota menuju keluar. Bukan sebaliknya.
          Mungkin dlm proses inilah yg dimaksud kawan2 belum tersentuh pembangunan.

    • aminnnn

  7. Saya orang kalimantan bung, kekayaan alam yg kami milki dengan jalan yg di buat siharta, jelas sangat tidak sesuai, anda jangan sok tau, sby 10 tahun gak hasil

    • Iya saya percaya bung Soakk……

      Rumornya, bung Ruskye lagi proses melamar jadi pengawal kerajaan….. xixi…

    • Di kalsel, pembangunan memang minim, ditambah lg masalah korup oleh pejabat2 sini yg jg menjadi salah satu faktor lambannya dan minimnya pembangunan.

    • ikut meluruskan deh, 1999 saya di banjarmasin, 2000-2006 saya di kaltim, 2 tahun berikut di pontianak, memang benar yang dikatakan bung Soak, bahkan lebih parahnya justru jalan-jalan dekat daerah penyumbang APBN sangat mengenaskan kondisinya. Dulu Bontang – Sangatta mobil tidak lewat jalan, tapi sungai… 😆

      • Waduh !!??…. nyebrang sungai kayak BTR4 saja !!…

        kwaakk…kwaaakk…kwaaakk…..

      • Betul bung, org yg tdk pernah tinggal lama disini dan org yg bukan org kalimantan mah mana tau apa yg terjadi disini, pembangunan di era harto dan beye itu parah disini (bukannya tdk ada pembangunan, tapi sangat minim)

        • terminologi jalan bagus di kaltim beda lho sama di jawa…. asal jln kering bisa dilewati itulah jalan bagus…. klo beraspal n kebanjiran terus ya gak bagus juga…. hehe…

        • terus yg ngoceh ngoceh uda bagus gimana???

        • Coba anda sebutkan bung Jef Jfs & Nucanku daerah mana di Kaltim dan Kalimantan khususnya yg anda bilang parah.? Anda tau pembangunan jalan trans kalimantan Tayan dan Jembatan tayan.? Apa anda lihat pelaksanaan pembangunan Jln Projakal Balikpapan -Tenggarong – Samboja.? Anda tahu kondisi pembangunan Jalan Banjarmasih – Penajam pada waktu itu.?
          Jika anda menjadi saksi pada saat itu mungkin komentar anda akan lain.

      • Jgn melakukan pembohongan publik bung,mna ada bontang ke sangata bisa lewat sungai disana laut bung,jalannya ada walaupun byk yg berlobang,jlan yg mulus di kaltim itu cuma poros samarinda tenggarong yg lewat tenggarong sberang,yg lain msih byk berlobang,terutama jalan antar propinsi yg dananya lewat apbn

    • Bung Soakk.
      Anda asli kalimantan mana kalo boleh tau.

      • Jangan bilang gagal n g hasil bung sooaakk… Kalai Pak Jokowi mulai dr 0% pun 10 tahun masa jabatannya blm tentu rampung pembebasan lahan dan sebagainnya

      • Itu kan Pak Jokowi Tinggal nemu dan neruskan proyeknya.. Apa ujuk ujuk langsung d dosor dan d aspal? Kan g … Pemimpin2 yg dulu lah yg mempunyai gambaran. Kita sama2 main opini saja

  8. Ktnya beroprasi 2017, diatas bilangnya 2019 dan 2018..yg bener mana? Tahun dipake main2an..jarak 1 thn smpe 2 thn itu lama lho..??. Bikin pusing aja!!,

  9. pada sotoy. kenapa sih saat ini banyak bangat orang ngomong suka membanding bandingkan kinerja Presiden dan mantan presiden, mbok ya otaknya dipake masing masing punya gaya dan kapasitasnya. kwalitas jalan dijawa dan kalimantan berbeda bung strukture tanahnya, tanah dikalimantan kalau kena hujan sangat gembur. itulah penyebab jalan cepat rusak

    • Jiahahh. Justru situ yg terlihat sotoy, ini bukan masalah jalan cepet rusak tapi memang pembangunan jalan yg sangat minim disini (kalimantan)
      Hanya di era jokowi saja kalimantan benar2 diperhatikan, perbatasan di kalimantan jg diperhatikan, sdgkan di jaman harto dan beye mah parahhhh. Situ mana tau apa yg terjadi disini, berapa taun situ tinggal disini? Ibu dan bapak saya lahir di jaman soeharto, tumbuh di jaman soeharto, keliling kalimantan di jaman soeharto, org tua saya benar2 tau apa yg terjadi pada kalimantan di era soeharto.
      Memang saat jaman soeharto, apa anda lahir dan tinggal disini?

      Di jaman beye pun pembangunan disini jg parah, sdh disebutkan tuh oleh bung @Nuncaku.

  10. terminologi jalan bagus di kaltim beda lho sama di jawa…. asal jln kering bisa dilewati itulah jalan bagus…. klo beraspal n kebanjiran terus ya gak bagus juga…. hehe…

  11. tenang aja nanti dom torreto dan kawannya bakal ambil itu bom electronic muehehehe

  12. Test.

  13. Jln tol lg pembangunan, rel kereta lg dibangun semoga kedepan Kalimantan bs maju pesat apalgi klu wacana pemindahan ibukota ke kalimantan benar2 terjadi alamat maju pesat dsn!

  14. Sudah sudah jangan ribut tidak jadi beras toh, kami di kalimantan sdh terbiasa dgn hal seperti ini, kami hanya melihat perkembangan jalan tol di Jawa sangat pesat, tapi yg didaerah haya gigit jari.. Yg kami inginkan hanya kesetaraan pembangunan dan lapangan pekerjaan yg memadai..

    • saya dukung namun saya cuma bisa berbuat menarik dan memperkerjakan tenaga2 kerja yg di kalimantan yg masih menganggur karena kalah kompetisi sebagai rakyat kecil yg wiraswasta

      btw nama Borneo adalah nama pemberian penjajah barat Inggris dan Belanda kalu mau tahu etimologinya

  15. imo…
    Scr pribadi saya tidak setuju dengan pembangunan tol kaltim dilihat dari segi efektifitas… betul kata bung tempakul, fast n forius ala kaltim sudah jd andalan dan membuka banyak lowongan kerja, meskipun banyak dr sektor illegal.
    lebih efektif jikalau dananya digunakan untuk memperlancar akses ke pedalaman yg sudah banyak di rintis pemerintah-pemerintah terdahulu….
    Toh proyek tol itu dari dulu molor2 terus, diundur-undur terus operasionalnya…. tidak lain dan tidak bukan karena mafia tanah…
    cmiiw. .

  16. Saya lebih bersyukur jika ibukota dipindah ke Palangkaraya, supaya pembakaran hutan di sana jadi jauh berkurang.

    Saya lebih bersyukur jika ibukota dipindah ke Palangkaraya supaya para pemimpin bangsa bisa bekerja dengan lebih efektif tanpa gangguan dari para pemimpin agama yang munafik dan haus kekuasaan.

    Saya lebih bersyukur jika ibukota dipindahkan ke Palangkaraya supaya semakin jauh jaraknya dari Pulau Christmas.

    Tetapi supaya Palangkaraya memenuhi syarat sebagai ibukota, tolong penuhi dulu alutsista di kota2 penyangga di sekitarnya (Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Balikpapan dan Tarakan), perbaiki sistem radar dan pertahanan udara yang mumpuni di sana, pasang juga sistem pertahanan udara di pegunungan Muller dan sekitarnya. Taruh setidaknya 48 – 72 pespur di Kalimantan, 1 divisi kostrad dan 1 divisi marinir.

    • Setuju pemindahan ibukota ke Kalimantan ataupun Sulawesi, tapi
      -Ibukota dipindah ke tempat yang benar-benar baru, bukan ke sebuah kota besar yang juga permasalahannya sudah kompleks (masalah lingkungan dan kependudukan dll).
      -Harus disiapkan peraturan yang tegas bahwa di situ nantinya, dalam radius sekian ratus kilometer, dilarang dibangun pabrik. Karena kalo ada pabrik maka urbanisasi akan merajalela. Jika begitu sih percuma saja, seperti pemindahan masalah sosial dari tempat lama ke tempat baru.
      -Riset harus sangat matang. Pasti butuh waktu lama dan karena itu riset harus segera dimulai. selain itu, pelajari juga proses pindahnya ibukota negara Brasil dll. Cermati apa saja yang baik dan buruk dalam pemindahan di sana itu. Sehingga yang baik bisa dipertimbangkan dan efek yang buruk bisa dicegah.
      Sementara itu dulu dari saya.

  17. USA juga punya bomb EMP (Electromagnetic pulse)

  18. pembangunan di jawa pesat karna di awasi bung, karna pusat pemerintahan di jawa jadi deket. klu di luar jawa lamban pembangunan karna jauh dr pengawasan pemerintah pusat. sebenernya semua pemerintah programnya gada yg jelek. cuman bawahan dan di wahnya lg dan lg itu lho yg mungkin eman” duwitnya..
    ga tau mungkin di bawa kemana..
    (jh)

  19. Memang betul jalan samarinda- balikppan -samboja di bangun tapi untuk kaltim pembngunannya cuman itu, itupun meneruskan pembangunan jalan yg di buat belanda, sedangkan jaln2 lainnya nihil, kalo akses bontang sangat karena ada 2 proyek besar, bontang pkt dan lng, sangatta batu bara, sedangkn jalan jalan di pedalaman kaltim gak pernah di bangun bahkan akses ke berau baru 3 tahun terakhir bisa di lalui,itupun kalo tidak hujan, bicara kal sel apalagi, kalteng – kalbar apalagi daerah kaltara provinsi baru bisanya pake perahu bung, saya asli kal-sel tingal di balikpapan jadi sangt tau daerah kalimantan, parahnya soeharto mengeruk sda kami, namun tidak membangun daerah kami, itu fakta bung, penyumbang APBN terbesar, namun harus melihat kenytaan pahit, anda bisa lihat perumhan total punya keamanan 24 jam seklas wakil presiden, kami nonton, dlu prabowo punya pt itci menebang hutan di penajm, sekarang gundul di tinggal, orang soeharto rata2 begitu

  20. Bagi saya sebagai orang klimantan sangat merasakan betapa pahitnya di anaktirikan oleh orde baru, thun 2000an saya tinggal di semarang perjalan dri semarang ke surabaya menggunakan bus bayar cuman Rp 17.000,00 sedangkan tanjung balikpapan ataupun martapura blikpapan kami harus membayar Rp 47.000 padahl pendapatan orang kalimntan tidak lebih besar dri jawa, itulah kenyataan… Bicara pendidikan apalagi, satu kecamatan 1smp 1 sma, itupun adanya di tahun 2000 an bagaimana mungkin anak2 kalimantan bisa bersaing dengan daerah lain, kecuali anak orang yg berduit yang bisa melanjutkan kuliah di perguruan tinggi, sangt minim pembangunannya, bukan tidak ada minim sekali apalagi berkuasa slama 32 tahun, pantaslah kalo kami akhirny membandingkan antra soharto dengn yg lain, maupun sby dengn yg sekang.sebab jokowi baru 2 tahun lebih tp sudah keliatan pembangunannya

    • 1 kecamatan 1 smp 1 sma, kalo yg sekelas itu kecamatan disepanjang karsa pegunungan seribu di Jawa banyak bung, bahkan saudara ane di pemalang yg berbatasan dgn purbalingga bisa ke pasar itu seminggu 2x karena jeleknya jln, kalo pake ojek jgn tanya berapa tarifnya, kecuali anda offroader silahkan pake kendaraan sendiri, lha wong harga semen dipasaran 50rb aja bisa jd 60rb

  21. Sebagai seorang netral yang lahir dan tinggal di kaltim
    Jalan tol samarinda – balikpapan dimulai era sby
    Jalan cor bengalon – wahau – berau dimulai era sby
    Perencanaan royek kereta api bengalon – berau untuk angkut batubara era sby
    Pemugaran bandara spinggan balikpapan diresmikan sby
    Memaksimalkan tenaga kerja indonesia di pt kpc sacara bertahap, tenaga kerja asing dihabisi secara perlahan, hasilnya sekitar tahun 2011 kpc 99% sudah make tenaga lokal, padahal sebelumnya bule2 lebih banyak disini daripada di jawa sono.. Kidding. Muhehehehe
    Jangan mudah percaya dengan komen para kecebong yang sengaja disebar untuk membentuk opini seakan2 jokowi itu tuhan..
    Nyaman kada karas bungul jar urang banjar tuh.. muhehehe

  22. ?

  23. Begawi koler beruku daras… Buntat bungul, alias tambuk… ?

  24. Nah am basambatan lo….

  25. Biasa cebongers dipikir pake baju kotak kotak jadi sakti barangkali, biasa aja kali. justru era pak Jokowi enak, hampir 70% rakyak Indonesia sudah melek dalam segala hal hukum, ekonomi, internet dll. jadi memimpin tuh gak banyak hambatan tinggal ngutang dan cari sumber dana lainnya bikin deh proyek gede gede panggil wartawan publish beres kinerjanya. tapi inget ya setelah gak mimpin utang nya bagaimana, siapa yg bertanggung jawab.makanya gak perlu dikultuskan lah biasa aja lah. pribadi saya gak perlu lah membanding bandingkan pemimpin. kalau boleh sombong saya pernah punya rekan berada di ring 1 beberapa pemimpin termasuk diawal beliau menjad presiden. mengenai Pulau kalimantan yg telat pembangunannya. mbok ya tanya pemimpin atau anggota hewan daerah masing masing bukannya sudah jaman otonomi daerah sebelum pak Jokowi menjabat. banyak di jakarta pemimpin daerah yg daerahnya miskin infranya miskin tapi anak istri ponakan dan sodaranya bak raja kecil menjadi OKB di jakarta jadi yg salah siapa apakah presiden sebelumnya.

  26. Sy asli balikpapan , dr thn 80an sy masih kecil jln smd – bpn sudah bagus, 90an jaman suharto sangat pesat, jaman sby pembangunan lingkar ringroad dan ringroad baru , jalan tol smd – bpn dimulai era sby. Yg bilang kaltim maju di era jokowi, salah besar. Balikpapn hancur lebur secara ekonomi sejak jaman jokowi, bisnis susah, bnyak penganguran karna low kerja sampe level kuli sudah diisi orang cina. Silahkan datang dan liat sendiri k kawasan kariangau. Bungullll, tambukkk !!!!!

 Leave a Reply