Jaman Berubah, Kapal Anti-Kapal Selam Dijadikan Fregat Multifungsi

JakartaGreater – Kementerian Pertahanan Rusia berencana melakukan modernisasi serius terhadap Kapal anti-kapal selam besar (BOD) “Admiral Vinogradov” project 1155.

Setelah diskusi panjang, keputusan mendasar dibuat untuk mencari kemungkinan mengubah Kapal anti-kapal selam (BOD) ini menjadi fregat multifungsi. Kapal ini akan dipersenjatai dengan Rudal jelajah Kalibr dan Kh-35, dan yang paling penting, akan membawa Rudal Zirkon Hipersonik, dirilis IZ.ru, 10-12-2020.

Selain itu, “Admiral Vinogradov” secara signifikan akan memperkuat sistem pertahanan udara. Rencananya fregat tersebut akan menjadi bagian dari Armada Pasifik. Menurut para ahli, kapal Rusia akan menjadi salah satu yang terkuat di Timur Jauh.

Vinogradov akan menjadi kapal ke-2 dari Proyek 1155 yang mengalami peningkatan besar. Yang pertama dimodernisasi adalah Marsekal Shaposhnikov, yang tahun ini menjalani uji coba laut: menerima peluncur untuk Rudal jelajah Kalibr dan Kh-35.

Sumber di kompleks industri militer dan Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan kepada Izvestia bahwa keputusan mendasar telah dibuat untuk menyelesaikan masalah modernisasi BMD Admiral Vinogradov. Benar, pertanyaan terakhir akan diselesaikan hanya setelah menganalisis kondisi kapal itu sendiri, serta jumlah pekerjaan yang dibutuhkan.

Fregat Anti-Kapal Selam Admiral Vinogradov Rusia. (@ US Navy – Jason R. Zalasky)

Menurut juru bicara publikasi tersebut, kapal ini diharapkan memiliki peralatan yang lebih kuat dari pada “Shaposhnikov”. Perwakilan ke-2 yang dimodernisasi dari seri ini akan menerima peluncur tambahan yang mampu menembakkan Rudal jelajah Kaliber dan Rudal Hipersonik Zirkon.

Selain itu, direncanakan untuk melengkapi fregat dengan sistem pertahanan udara yang lebih kuat. Ada kemungkinan dia akan menerima kompleks anti-pesawat Pantsir-M, kata sumber tersebut.

Tahun lalu, informasi tentang kemungkinan proyek modernisasi untuk Vinogradov muncul di sumber terbuka.  Khususnya tentang pemasangan navigasi modern, komunikasi, persenjataan elektronik, Calibre complex dan sistem Paket anti-torpedo. Namun, tidak ada informasi resmi yang dipublikasikan terkait hal ini.

Tinggalkan komentar