Sep 242016
 

Ini memang bukan kendaraan perang atau persenjataan mematikan yang sebenarnya, tapi setidaknya pernah menipu militer Amerika sebelumnya.

Diproduksi oleh Rusbal, produsen balon yang berbasis di dekat Moskow. Perangkat sintetis tersebut dibuat untuk menipu satelit dan pesawat dengan mengadopsi bentuk, warna, jejak panas termal (dengan menggunakan pemanas) dan jejak radar yang seakan-akan menjadi target yang mudah bagi serangan udara.

Pada pameran senjata, perusahaan Rusbal memamerkan balon berbentuk sistem peluncur rudal anti pesawat S-300, sistem pertahanan udara yang banyak diminati negara luar. Perusahaan juga memamerkan balon tipuan berbentuk pesawat terbang, kendaraan, hanggar, radar array dan markas militer.

45-oimp18-l

Intelijen Amerika pernah tertipu oleh tank dan pesawat tempur sintetis sebelumnya – yang dilakukan oleh Serbia, yang melindungi Angkatan Udaranya dengan menyiapkan armada pesawat tempur yang terbuat dari balon.

Andai saja mengetahuinya, AS tentu tidak mau meluncurkan rudal jelajah seharga US$ 600.000 untuk menghancurkan balon yang berharga sangat murah.

 Posted by on September 24, 2016