Jangan Main-Main dengan Destroyer Raksasa Type 055 China

kapal perang china 1

China saat ini sedang membangun kapal perusak raksasa dan terbesar di Asia. Dengan desain stealth dan bersenjata lengkap, perusak yang disebut Type 055 akan membuat kekuatan Angkatan Laut China semakin tak tertandingi di kawasan.

Dengan panjang 175 meter dan bobot hingga 12.000 ton, Destroyer Type 055 menjelma menjadi kapal perang terbesar di Asia, bahkan lebih berat 2500 ton dari Destroyer Kongo class Jepang.

Type 055 akan dilengkapi dengan empat tipe rudal baru, termasuk rudal pertahanan jarak menengah dan jarak jauh, rudal anti-kapal supersonic dan rudal anti kapal selam. Perusak Type 055 juga akan dilengkapi rudal jelajah jarak jauh dan senjata pencegat rudal berbasis laut.

Perlengkapan persenjataan Type 055 sangat mirip dengan kapal perusak rudal Arleigh Burke class milik AS. Burke class dirancang untuk mempertahankan kapal induk AS dari serangan rudal anti-kapal supersonik Rusia. Selain kemampuan mempertahankan armada, Arleigh Burke juga mampu melakukan peperangan anti-kapal selam, serangan anti-kapal, dan serangan dengan rudal jelajah. Berita terbaru Arleigh Burke class juga dilengkapi sistem pertahanan anti rudal balistik, dengan meng-upgrade software dan hardware untuk sistem tempur Aegis dan pengembangan rudal pencegat SM-3.

Type 055 dipersenjatai dengan meriam 130 milimeter di dek depan, 128 sel peluncur rudal sistem vertikal, dan dua sistem senjata CIWS (kombinasi canon dan rudal jarak dekat). Perusak Type 055 juga akan memuat empat radar AESA besar untuk mendeteksi dan melacak ancaman udara, mirip dengan radar SPY-1D pada Burke class.

Pengembangan Perusak Type 055, terutama untuk melakukan misi melindungi target yang bernilai tinggi seperti kapal induk terbaru China, Type 001A, atau melindungi kapal pendarat dan operator helikopter seperti Type 075 dan kapal amfibi Type 071. Misi lain dari Perusak Type 055 adalah bisa melindungi kapal selam rudal nuklir China yang akan ditempatkan di Laut China Selatan, dan melindungi armada laut China dari serangan rudal balistik.

Dikabarkan China saat ini sedang membangun tiga kapal perusak Type 055 sekaligus, dengan kapal pertama dikabarkan sudah siap melaut pada tahun 2018.

*Foto: Destroyer Nanchang-101.(@PLA Navy)

Leave a Reply