Oct 252016
 

055-destroyer

China saat ini sedang membangun kapal perusak raksasa dan terbesar di Asia. Dengan desain stealth dan bersenjata lengkap, perusak yang disebut Type 055 akan membuat kekuatan Angkatan Laut China semakin tak tertandingi di kawasan.

Dengan panjang 175 meter dan bobot hingga 12.000 ton, Destroyer Type 055 menjelma menjadi kapal perang terbesar di Asia, bahkan lebih berat 2500 ton dari Destroyer Kongo class Jepang.

Type 055 akan dilengkapi dengan empat tipe rudal baru, termasuk rudal pertahanan jarak menengah dan jarak jauh, rudal anti-kapal supersonic dan rudal anti kapal selam. Perusak Type 055 juga akan dilengkapi rudal jelajah jarak jauh dan senjata pencegat rudal berbasis laut.

Perlengkapan persenjataan Type 055 sangat mirip dengan kapal perusak rudal Arleigh Burke class milik AS. Burke class dirancang untuk mempertahankan kapal induk AS dari serangan rudal anti-kapal supersonik Rusia. Selain kemampuan mempertahankan armada, Arleigh Burke juga mampu melakukan peperangan anti-kapal selam, serangan anti-kapal, dan serangan dengan rudal jelajah. Berita terbaru Arleigh Burke class juga dilengkapi sistem pertahanan anti rudal balistik, dengan meng-upgrade software dan hardware untuk sistem tempur Aegis dan pengembangan rudal pencegat SM-3.

type_055_cgi

Type 055 dipersenjatai dengan meriam 130 milimeter di dek depan, 128 sel peluncur rudal sistem vertikal, dan dua sistem senjata CIWS (kombinasi canon dan rudal jarak dekat). Perusak Type 055 juga akan memuat empat radar AESA besar untuk mendeteksi dan melacak ancaman udara, mirip dengan radar SPY-1D pada Burke class.

Pengembangan Perusak Type 055, terutama untuk melakukan misi melindungi target yang bernilai tinggi seperti kapal induk terbaru China, Type 001A, atau melindungi kapal pendarat dan operator helikopter seperti Type 075 dan kapal amfibi Type 071. Misi lain dari Perusak Type 055 adalah bisa melindungi kapal selam rudal nuklir China yang akan ditempatkan di Laut China Selatan, dan melindungi armada laut China dari serangan rudal balistik.

Dikabarkan China saat ini sedang membangun tiga kapal perusak Type 055 sekaligus, dengan kapal pertama dikabarkan sudah siap melaut pada tahun 2018.

  50 Responses to “Jangan Main-Main dengan Destroyer Raksasa Type 055 China”

  1. Hebat

  2. keren

  3. Belum jadi toh

  4. Ini baru yang namanya Destroyer sebenarnya. Bukan Light Destroyer yang panjangnya cuma 150-an meter. Tinggal panjangin lagi jadi 200 meter bisa masuk ke kelas kapal Penjelajah. Tapi tetep, disamperin KOPASKA diam-diam langsung naik dan membunuh semua awaknya itu lebih keren.

  5. Nkri jangan mau kalah.. Segera pesan sama pt PAL kapal perang destroyer 16.000ton..atau kl belum mampu bikin beli saja ke Rusia atau PRANCIS.. Cina tiongkok musuh yg sebenarnya

    • jangan ke rusia, bisa 5 tahun baru jadi. industri kapal perang permukaan rusia masih pakai konsep jadul. kalah jauh di bandingkan korea, india dan sub eropa…..sebenarnya andalan industri kapal rusia adalah ukraina……contoh mitral di prancis. kapal induk tua saja masih di pakai, padahal varvag klas sdh di jual ukraina jadi liaoning klas

  6. sayang ngr ini msh jauh dgn tekno tinggi alias gaptek krn punya motto aman2 saja tdk sedia payung sbl hujan tapi biar hujan dulu baru cari payung selain itu msh byk yg suka/mau jadi ular /penghianat ngr.

  7. sayang ngr ini msh jauh dgn tekno tinggi alias gaptek krn punya motto aman2 saja tdk sedia payung sbl hujan tapi biar hujan dulu baru cari payung selain itu msh byk yg suka/mau jadi ular /penghianat ngr

    • negri ini gaptek…? loe aja kale yg gaptek….sudah bisa/mampu bikin radar, sonar, satelit, radar jammer, datalink system, CMS (combat manajemen system), macam2 avionik pesawat tempur maupun sipil, macam2 simulator…

      kok dibilang gaptek….

  8. Palingan disabotase Kopaska klo amampir ke natuan

  9. Frigate type 55 akan penyetkan gowind yg hanya GONE with wind yg tak menjadi selalu,hanya mimpi hahaha

  10. tes lagi.

  11. tes lagi

  12. ane cuman suka desain menara radar utama nya … simpel gak byk space … isinya pasti bejibun tuh … hebat jg engineer China

  13. Percuma mau punya kapal apapun juga. Pas berhadapan dgn AS di LCS, China have no balls …, just a coward nation. Beraninya cuma sama negara2 lemah di Asteng (macam Malay ?).

  14. Indonesia itu mampu membuat kapal seberat apapun, yang jadi masalahnya teknologi canggih penunjang kapal itu yang belom maksimal dikuasai Insyr indonesia. Percuma dibuat kapal besar sekali kena rudal langsung melongo, pasrah apa daya….

    • teknologi canggih apa maksudnya…?

      CMS udah mampu bikin, radar, udah, sonar udah…torpedo udah, missile udah, roket udah, meriam sebentar lagi (kerjasama dg negeri eropa). datalink udah….

  15. itu karena cina frustasi dengan Indonesia setelah kemarin kena tabok 2x di laut Natuna, pertama mereka mau main kasar dengan kapal KKP Hiu yang berhasil menangkap 8 awak nelayan cina dan terpaksa menabrak kapal nelayan mereka sendiri setelah kapal coastguard mereka menyadari sudah di “lock” KS TNI AL yang sengaja membunyikan sonar dan kemunculan tiba2 sea rider Kopaska entah dari mana sehingga mereka tidak berani bertindak jauh dan terpaksa mundur teratur, yang kedua kapal perang TNI berani menembak kapal nelayan cina dimana belum pernah ada negara di kawasan Asia yang berani open fire seperti itu, dan mereka juga menyadari bahwa TNI AL memiliki kapal perang yang sangat tidak mungkin bisa ditenggelamkan yaitu KRI Balikpapan 901

    • @kabeerje

      Nah-nah….vietnam lebih dulu nenggelamin kapal. nelayan cina pake SMB 12,7mm. AL kedua negara malahan sdh pernah terlibat baku tembak disalah satu pulau yang disengketakan

      • jangan lupa lhoh…2 sukhoi jet tempur terbaru vietnam…sempat di tembak jatuh tuh oleh china….dan pesawat penolongnya…ikutan jatuh juga. padahal janjinya chino mau ikutan nolong.

        smapai sekarang…vietnam belum bisa balas tuh

    • kri balikpapan bukannya kapal bcm tanker??
      kapal tanker memang design hullnya dibuat bulat sehingga takkan tenggelam dihantam ombak seganas apapun…selama tidak ada kebocoran atau patah…
      jadi bukan tidak bisa tenggelam sama sekali

  16. komentar saya hilang lagi….

  17. Kok jadi gak bisa komen ya??

  18. Apapun typenya buatan china sgt diragukan kehandalannya…banyak contoh tuh Helikopter perang terbarunya nyungsep disawah…jadi ada seorang jendral Amerika bilang biarkan pesawat china tdk usah ditembak krn nanti juga jatuh sendiri..

  19. itu destroyer 175 m emang gak bisa tenggelam kah bila kena torpedo Changbogo atau rudal yakhont KRI OWA…

  20. kapal perang besar gampang menjadi sasaran rudal anti kapal , kecuali bersenjata sebanyak banyaknya seperti kelas kirov rusia akan susah dikaramkan .. terbukti kapal kelas buyan M Rusia 70m bs menembakkan rudal kalibr hampir sejauh 3500km .. kapal cino itu dikeroyok 3 kcr 60m pasti ancur tenggelam sambil teriak tulooong woook bowoook …

    • bisa…asal 2X3 missile C705 nya tak bisa terdeteksi radar dan KCR 60 nya tak tertdteksi radar pula…jika pun terdeteksi …hanya kelihatan kapal nelayan kecil.

      seahingga 6 c705 nya menghantam telak badan kapal dari samping (bukan dari atas..alias kena dek kapal…sebagaimana biasanya exocet menghantam)…sebab kalau kena di bagian dek dari kapal besar ini dari atas…kemungkinan besar hanya diabbled…alias lumpuh …alias rusak berat (bukan tenggelam).

      asal perlu diingat …rudal c705 dan c802 kayaknya kopian exocet family deh. Jadi susah mengharapkan kapal sebesar type 055 tenggelam jadi rumpon ikan di laut.

  21. kapal perang besar gampang menjadi sasaran rudal anti kapal , kecuali bersenjata sebanyak banyaknya seperti kelas kirov rusia akan susah dikaramkan .. terbukti kapal kelas buyan M Rusia 70m bs menembakkan rudal kalibr hampir sejauh 3500km .. kapal cino itu dikeroyok 3 kcr 60m pasti ancur tenggelam sambil teriak tulooong woook bowoook ….

  22. Biasa aja Destro nya. Gendongan nya si banyak, tp apa sudah yakin pasti tepat sasaran.

  23. Cuma tertarik pada senjata rudal anti kapal selam ?????? Setahu gw yg bego ini blm pernah. Ada rudal anti kapal selam ada jiga torpedo dgn pedorong roket tapi itu juga tidak seperti rudal

  24. indonesia

  25. Indonesia mesti siaga ancaman invasi,jgn terus jadikan uang anggaran sbg alasan Krn harga dari kedaulatan jauh lebih mahal daripada persenjataan.beli Alutsista yg berkualitas dan real gahar bkn yg setengah2. Kasihan prajurit TNI dg gaji yg gak besar,yg tetap tulus dan rela berkorban utk negara hrs jadi korban Krn Alutsista tua,krn gahar dan gak battle proven. Saya kira rakyat se-Indonesia gak akan marah kalo punggawa2 NKRI dibekali Alutsista yg mahal dan gahar (kecuali yg gak paham). Invasi atau perang jaman sekarang bkn spt dulu head to head biarpun ditunjang semangat tanpa dibekali Alutsista canggih dan modern.

    • Masukkan saja koruptor digaris tembak musuh karena sesungguhnya jiwa korupt itu jiwa rusak jika terjadi perang mereka pasti pergi cari selamat, setuju, kasihan tni palagi rakyatnya jika perang harus menghadapi negara yg kuat

  26. China emang ambisius…

    Baru slsi 1 kapal, yg 3 bh sdh mau menyusul…

    Yg tdk punya kemampuan jgn suka sewot apalg ngomong yg ng’gak karuan….

    Iri boleh tp ng’gak boleh dengki & syirik…
    ng’gak bagus buat kesehatan mental & ke’jiwa’an….

    Nti jd ke’biasa’an asal ngomong & ngomong’in org lain…

    Merdeka Indonesia Kita….

  27. Susahnya komen skrg

  28. Tampangnya gak sangar ya…sangaran punya russky yg type kirov…rudalnya bejibun kiri kanan bikin ngiler & geneter

 Leave a Reply