Apr 152017
 

Penggunaan bom raksasa di Afghanistan tidak diizinkan oleh Presiden AS, Donald J. Trump, dan menurut seorang pakar militer, “induk dari semua bom” itu terutama digunakan untuk tujuan psikologis, seperti dilansir dari Sputnik News.

Pada hari Jumat, Jenderal John Nicolson mengatakan bahwa pasukan AS yang berada di Afghanistan menyerukan serangan tersebut berdasarkan alternatif dari Washington. Sehari sebelumnya, Trump menolak untuk memastikan apakah dia telah memberikan kuasa pada serangan tersebut.

“Bom raksasa itu adalah senjata pemusnah massal”, kata Greg Mello dari Grup Studi Los Alamos yang disiarkan oleh Radio Sputnik bertajuk Loud & Clear baru-baru ini. Bisa juga menjadi taktik menakut-nakuti yang sangat efektif.

“Ini adalah pertunjukan kekuatan dan itu digunakan hanya beberapa jam setelah Pentagon mengakui bahwa salah satu serangan udara mereka di Suriah telah menewaskan 18 orang pasukan sekutunya”, kata Mello.

Di Vietnam GBU-43 digunakan untuk membuat zona pendaratan helikopter

Massive Ordnance Air Blast (MOAB) juga dikenal sebagai Mother of All Bombs yang merupakan bom non-nuklir terberat yang ada di gudang senjata AS. Beratnya lebih dari 10 ton termasuk amunisi seberat 8.500 kg.

Apabila Amerika Serikat memiliki MOAB, maka Rusia juga memiliki bom serupa. Mereka menyebutnya sebagai Aviation Thermobaric Bomb of Increased Power (ATBIP). Bom ini disebut 4 kali lebih kuat daripada MOAB buatan AS. Dan dengan “penuh kasih” mereka menyebutnya sebagai Ayah dari Semua Bom (FOAB – Father of All Bombs).

“Mereka [GBU-43] sedang di gulirkan. Ini adalah senjata psikologis”, kata Mello tentang tujuan utama penggunaan MOAB. Bom ini merupakan evolusi dari varian bom sebelumnya yang dirancang untuk membersihkan hutan tanpa meninggalkan kawah sehingga helikopter masih bisa mendarat. “Akan lebih efektif menggunakan bom yang lebih kecil, dan saat ini banyak jenisnya”, lanjut Mello saat berbicara di New Mexico.

“Itu menjadi titik propaganda”, menurut catatan Mello, yang mengkonfirmasi bahwa tujuan utama dari pembuatan bom seberat 10,3 ton itu sebagai senjata “shock and awe”. Tapi tidak dijelaskan sepenuhnya apakah GBU-43 mampu memenuhi tujuan Pentagon untuk menutup jaringan terowongan bawah tanah. “Persenjataan militer yang aneh”, Mello menunjukkan, bahwa MOAB atau GBU-43/B adalah “bom usang dan tidak efektif”.

“Saya tidak berpikir itu menakutkan bagi Korea Utara, menurut saya tidak ada yang takut dengan senjata pemusnah massal AS tersebut”, katanya.

Mello memprediksi bahwa kebijakan ini akan membantu rating Trump, tapi sejauh ini, hal itu tidak terbukti. Sebuah jajak pendapat yang diselenggarakan oleh Marist yang dirilis pada hari Jumat rating persetujuan Trump meningkat menjadi 39 persen, hanya naik 1 poin lebih tinggi dari skor yang dia dapat pada akhir Maret lalu, yaitu 38 persen.

Mello tidak bisa memastikan apakah terdapat warga yang meninggal dalam ledakan tersebut. Tapi dia mencatat bahwa bom tersebut harus didorong keluar dari ekor sebuah pesawat kargo yang terbang perlahan dengan parasut terpasang. “Ini adalah senjata yang hanya bisa digunakan untuk melawan negara-negara tanpa sistem pertahanan”.

Bagikan Artikel:

  20 Responses to “Jangan Takut, Daya Ledak “MOAB” Belum Seberapa”

  1. Ah, cuma segitu fungsinya

  2. Ah masa,,,

  3. paling pun Kim Jong Un senyum sinis ngeliat kemampuan bomb tsb sambil bilang….coba di jatuh kan di kampung saya kalau berani. ..
    wkwkwk

  4. Owh, ternyata cuma 1/4 dari kemampuan bom Rusia 😆

  5. Rawan terkena rudal anti pesawat, bisa meledak dasyat diudara bersama pesawat pengangkutnya bila terkena misile.

  6. yg repot pas kontainer MOAB macet d ekor herky, apa ndak langsung bikin hidung herky menatap langit

  7. Akan kalah sama operasi intelijen. . . ketika cargo pengangkut bomb nya take off lgs dirudal oleh agen spy. . . senjata makan tuan jadinya

  8. “Ini adalah senjata yang hanya bisa digunakan untuk melawan negara-negara tanpa sistem pertahanan”. “”Nah looh.. kira kira negara yg tanpa payung udara kuat siapa coba ngacung…???””

  9. Masih Bagusan Produk Saya FOAB…

  10. Bagus juga BOM nya kalau digunakan buat pembersihan lahan dari pada dgn cara membakar….wkwkwkwk

  11. Masih kalah sama bom panci

 Leave a Reply