Dec 082014
 

Ditulis oleh: Bapak Besar

Bangkitnya nasionalisme sempit di kawasan Eropa Tenggara mengakibatkan pecahnya konflik etnis bersenjata yang berakhir dengan pecahnya Yugoslavia menjadi negara-negara kecil meliputi Republik Serbia, Republik Montenegro, Republik Kroasia, Republik Slovenia, Republik Makedonia dan Bosnia Herzegovina. Sebelum pecah, negara pelopor Gerakan Non-Blok (GNB) ini dikenal sebagai sebuah negara Komunis yang maju dan makmur rakyatnya.

 image001

Sejarah Berdirinya Yogaslavia
Yugoslavia terletak di wila­yah Balkan, penduduknya ber­asal dari bangsa Slavia, mereka tinggal di pegunungan Carpatus seperti bangsa Rusia, Ceko­slovakia, Rumania dan Bulga­ria. Sejarah Yugoslavia dimulai pada abad ke-6, mereka terdiri atas beberapa bangsa kecil yang masing-masing berdiri sendiri, kemudian secara ber­gantian pernah dijajah oleh bangsa Romawi, Perancis, Austro Ho­ngaria, Turki, Itali dan Jerman.

Pada saat pasukan Turki me­lak­ukan invasi ke Yugoslavia tahun 1389 men­dapat per­lawanan sengit dari etnis Ser­bia, King of Serbia Stjifan Dusan terbunuh, demikian juga raja Turki tewas dalam pertem­puran tersebut.

Akhirnya Serbia kalah pe­rang dalam suatu pertem­puran yang terkenal dengan “The battle of Kosovo” di Black Bird Valley. Kekalahan tersebut selalu dike­nang oleh bangsa Serbia karena merupakan se­jarah hitam Serbia.

Selanjutnya Turki dapat mengembang­kan agama Islam di Bosnia Herze­govina, hal tersebut me­nim­bulkan rasa dendam Serbia kepada kelom­pok Muslim Bos­nia. Tahun 1914 Putra Mahkota Kerajaan Austro Hongaria “Archduke Francis Ferdinand” dan istrinya terbunuh oleh “Bosnian Serb Student”, hubungan Serbia – Hongaria memburuk karena Serbia me­nolak permintaan Hongaria untuk menyelidiki ka­sus ter­sebut. Terjadilah perang Serbia – Hongaria, yang kemudian meluas menjadi perang dunia pertama.

Sejarah permasalahan daerah Balkan dimulai sejak kekaisaran Austria-Hongaria dimana setelah dibubarkannya Kekaisaran Austria-Hongaria pada akhir Perang Dunia I (sekitar tahun 1918) maka “Kerajaan Serbia, Kroasia dan Slovenia” didirikan dengan Peter I dari Serbia sebagai raja. Bibit untuk konflik di masa datang sudah ditaburkan mulai saat ini. Serbia menginginkan sebuah negara kesatuan padahal Kroasia menginginkan sebuah federasi. Pada tahun 1928, Kroasia mencoba melepaskan diri setelah seorang anggota parlemen dari Kroasia dibunuh. Raja Alexander, sejak 1921, bereaksi keras dengan membubarkan parlemen dan mencanangkan diktatorialisme.

Pada tahun 1929 nama negara diubah menjadi Yugoslavia (= Slavia Selatan). Raja Yugoslavia, Alexander, dibunuh di Paris, Prancis, oleh kelompok nasionalis ekstrim Makedonia-Kroasia. Tahun 1939 Kroasia mendapatkan lebih banyak otonomi. Selanjutnya pecah Perang Dunia ke 2 dimana Wali Raja Yugoslavia pada saat itu, Pangeran Paul, terpaksa menandatangani persetujuan kerja sama dengan Poros Jerman-Italia-Jepang. Akan tetapi para perwira Serbia yang anti-Jerman berontak dan menggulingkan pemerintahannya. Hitler marah dan menyerang Yugoslavia. Negara Balkan tersebut jatuh dengan cepat, terutama karena etnis-etnik non Serbia banyak yang bergabung dengan para penyerbu.

Setelah menaklukkan negeri itu, Hitler memecah-belah negeri tersebut di bawah pendudukan Poros dan rezim boneka lokal. Atas perintah Hitler, bekas propinsi Kroasia, Bosnia, dan Herzegovina digabungkan ke dalam negara boneka Kroasia sementara wilayah sebagian besar Kosovo, Montenegro Selatan dan Makedonia Barat digabungkan ke dalam Negara Albania Raya.

Penduduk Yugoslavia kemudian bangkit melawan pasukan pendudukan dan bergabung dengan dua kekuatan gerilya utama: kaum Chetnik yang didominasi orang Serbia pendukung raja dan kaum Partisan pimpinan Tito yang komunis. Yugoslavia pada masa ini menjadi medan pertempuran berdarah, di mana penduduknya bukan hanya memerangi pasukan pendudukan Poros namun juga saling membantai antara sesama warga–suatu preseden bagi perang antar etnis tahun 1990-an.

Hal ini terjadi karena adanya tumpang tindih kepentingan antara berperang melawan pendudukan Jerman dan upaya membersihkan negara boneka tertentu dari ras tertentu.

Di Negara Kroasia Merdeka, kaum nasionalis ekstrim Kroasia bekerja sama dengan kaum Muslim Bosnia berusaha membersihkan negara boneka tersebut dari orang-orang Serbia, Yahudi dan Jipsi. Antara tahun 1941-45, kaum Ustasa-Muslim telah membantai 750.000 orang Serbia, 60.000 Yahudi dan 25.000 Jipsi. Pembersihan etnis juga terjadi di Negara Albania Raya, di mana kaum militan Albania mengusir dan membunuh puluhan ribu orang Serbia dan orang Slavia Ortodoks lainnya, terutama di Kosovo dan Macedonia Barat, dan menggantikannya dengan para pendatang Albania dari wilayah Albania. Tragedi ini membuat trauma yang mendalam terhadap bangsa Serbia.

Perjuangan kemerdekaan Yugoslavia dilakukan dengan ber­gerilya melawan tentara Fasis Jerman. Kelompok mili­tan Serbia “Chetnik” yang terdiri atas tentara kerajaan yang tidak mau menye­rah kepada Turki dan Nazi Jerman bahu-membahu dengan Partai Komu­nis yang dipimpin oleh Tito, pada tanggal 4 Juli 1941 dapat meng­u­sir Fasis Jerman dan sekutu­nya.

image003

Kemudian pada tanggal 29 September 1943 Tito mem­bentuk “Anti Fasist Coun­sil for the National Liberation of Yugoslavia”, selanjutnya hari tersebut dires­mikan sebagai hari kemer­deka­an Yugoslavia.

Tahun 1944 terbentuk 6 negara bagian yaitu Republik Sosialis Serbia, Montenegro, Croatia, Macedonia, Slovenia dan Bosnia Harzegovina. Pada tanggal 7 April 1945 sistem kerajaan dengan negara boneka berganti menjadi “Negara Re­publik Federasi Rakyat Yugoslavia” untuk mematahkan dominasi politik orang Serbia sebelumnya. Negara ini terdiri dari: Serbia, Kroasia, Slovenia, Bosnia-Herzegovina, Montenegro dan Republik Makedonia serta dua daerah otonom: Kosovo dan Vojvodina.

Tahun 1948 Yugoslavia melepaskan diri dari pengaruh Uni Soviet. Yugoslavia ingin berjalan sendiri dalam melaksanakan paham komunisme dan menjadi salah satu kekuatan vokal dalam pembentukan KTT Negara Non Blok.

Sebagian besar teritori Republik Federal Yugoslavia (Republik Federasi Yugoslavia) terletak di tengah-tengah pertemuan geopolitik kawasan Balkan, fakta tersebut menunjukkan betapa besarnya arti geopolitik yang dikandung oleh eks.negara Republik Federasi Yugoslavia. Eks.negara Republik Federasi Yugoslavia terletak di pertengahan jarak pendek antara wilayah Eropa dan Mediteranian, wilayah-wilayah eks.negara Republik Federasi Yugoslavia merupakan penghubung antara Eropa dengan Asia Timur Dekat dan Timur Jauh serta Mediteranian sehingga merupakan transit dari Euro-Asia. Eks negara Republik Federasi Yugoslavia merupakan wilayah penyangga antara dua pengaruh yakni pengaruh eks. Pakta Warsawa dan pengaruh NATO, serta penghubung atau jembatan antara Eropa dan Turki dan negara-negara di wilayah Timur Tengah.

Yugoslavia sejak dipimpin oleh Presiden Josep Broz Tito adalah sebuah negara Komunis yang mandiri, sejahtera dan makmur rakyatnya. Dibawah Presiden Tito, Yugoslavia bisa dibilang berkembang menjadi sebuah negara industri yang cukup disegani di Eropa. Bahkan Yugoslavia konon termasuk 10 besar negara industri militer dunia dengan standar Pakta Warsawa dan NATO yang harganya sangat kompetitif. Peme­rintahan Tito sendiri berakhir karena meninggal dunia pada 1980.

Timbulnya Perpecahan
Sejak Tito meninggal, perbedaan antar etnis mulai nampak, terutama ketika pada akhir tahun 80’an terjadi krisis ekonomi. Diskriminasi terhadap penduduk Serbia dan non Albania lainnya di Kosovo menyebabkan ribuan orang mengungsi dari provinsi tersebut. bebe­­rapa negara bagian ingin merdeka, krisis politik memun­cak, dan partai komunis yang saat itu berkuasa ter­pecah. Hal tersebut membuka kembali luka lama orang Serbia dan mendorong terpilihnya Milosevic yang mengajukan program-program nasionalis Serbia sebagai presiden Serbia: status otonom Kosovo dan Vojvodina ditiadakan. Nasionalisme berdasarkan etnisitas menjadi marak. Pada bulan April 1990 diselenggarakan pemilu di negara-negara bagian. Di Slovenia dan Kroasia; daerah terkaya, partai pro kemerdekaan menang. Di Serbia dan Montenegro, partai komunis.

image005

Pada bulan Juni 1991 Slovenia dan Kroasia memproklamasikan kemerdekaan. Tentara Federal (terutama beranggotakan orang Serbia) mengintervensi. Akan tetapi perang di Slovenia hanya berlangsung 7 hari karena penduduk di sana nyaris homogen sehingga tidak ada kepentingan warga Serbia yang terancam. Dibandingkan dengan Slovenia yang memiliki penduduk homogen, perang di Kroasia berlangsung sengit dan lama serta kejam karena ingatan sejarah Perang Dunia II maupun besarnya komunitas Serbia di wilayah tersebut. Ketika Republik Makedonia, negara bagian termiskin, memerdekakan diri, Tentara Federal diam saja.

Pada tanggal 25 September 1991 PBB mengeluarkan reso­lusi No. 713 dan menyatakan perhatian yang mendalam ter­hadap negara bekas Yugoslavia, serta meminta semua negara untuk melaksanakan embargo senjata dan per­leng­kapan militer lainnya. Tanggal 8 Oktober 1991 Sekjen PBB menunjuk Mr. Cyrus Vance (bekas menlu AS) sebagai utusan khusus PBB di bekas negara Yugoslavia dalam rang­ka penye­lesaian konflik. Tin­dakan konkrit yang diambil adalah dengan dikirimkannya pasukan perda­maian PBB ke negara bekas negara Yugoslavia. Akhirnya pada tanggal 23 November 1991 tercapai per­setujuan di Jenewa tentang gencatan senjata dan kese­pa­katan terhadap pengi­riman pasukan perdamaian PBB. Berdasarkan Resolusi De­wan Keamanan PBB No. 743, tgl. 21 Pebruari 1992 dibentuk UNPRO­FOR.

image007

Penemuan tulang manusia bekas pembantaian

Pada bulan Februari 1992, penduduk Muslim dan Kroasia di Bosnia-Herzegovina memilih untuk merdeka. Penduduk Serbia Bosnia menolak hasil tersebut dan berusaha membentuk negara terpisah dengan bantuan Tentara Federal. Dari enam negara bagian hanya Serbia dan Montenegro yang tertinggal. Sekali lagi, perang di Bosnia-Herzegovina berlangsung sengit dan kejam karena alasan trauma sejarah. Pada tahun 1995 perang di Bosnia-Herzegovina berakhir dengan adanya Perjanjian Dayton.

Tahun 1999 pecah pemberontakan orang Albania di Kosovo. Upaya memadamkan pemberontakan tersebut oleh Serbia menyebabkan banjirnya kaum pengungsi Albania ke wilayah tetangga. NATO tanpa mandat PBB menyerang Serbia. Milosevic menyerah dan Kosovo diberikan di bawah pengawasan internasional. Giliran penduduk Serbia yang dibersihkan secara etnis oleh KLA. Kelompok gerilyawan Albania ini juga menghancurkan banyak peninggalan budaya Serbia di Kosovo sebagai jalan menghapuskan jejak orang Serbia di sana. Tujuan utama KLA sendiri adalah menggabungkan Kosovo dan berbagai wilayah Balkan lainnya yang dihuni orang Albania ke dalam suatu Negara Albania Raya, seperti yang terjadi pada masa Perang Dunia II. Pemberontakan orang Albania meluas ke Makedonia, yang sebelumnya dengan tangan terbuka menerima pengungsi Albania dari Kosovo.

Kemudian pada Bulan Oktober 2000 Milosevic mundur setelah Vojislav Kostunica menang pemilu. Milosevic pada bulan Juni 2001 diserahkan kepada Tribunal Yugoslavia. Pada bulan Maret 2002 pemerintah Serbia dan Montenegro sepakat untuk membuat uni yang lebih bebas. Uni Eropa bisa menekankan tidak boleh diadakan referendum kemerdekaan (untuk Montenegro). Sejak tanggal 4 Februari 2003 negara Yugoslavia bernama Serbia Montenegro.

Disintegrasi eks Yugoslavia telah menciptakan pecahan negara-negara kecil yang tidak memiliki posisi strategis seperti pada saat Republik Federasi Yugoslavia dulu. Bahkan tidak satupun dari negara pecahan eks Yugoslavia mempunyai posisi strategis sentral seperti eks negara Republik Federasi Yugoslavia. Komposisi wilayah Yugoslavia yang terdiri dari daratan, laut, pantai, pegunungan, danau dan sungai-sungai yang merupakan komposisi lengkap, menggambarkan negara eks.Yugoslavia memiliki potensi sumber daya alam yang beraneka ragam dan sangat diperlukan dalam pembangunan ekonomi maupun bagi kepentingan pertahanan dan keamanan.

Masing-masing dari negara-negara pecahan Yugoslavia yang bergabung kedalam Masyrakat Eropa (EU), saat ini tengah berkutat dalam permasalahan ekonomi yang tak kunjung usai. Sebagai contoh Slovenia, saat ini tingkat pengangguran di negara tersebut meningkat hampir separoh dari jumlah penduduk Slovenia yang mencapai dua juta orang. Terjadinya keterpurukan ekonomi dan tingginya pengangguran ini dikarenakan sejak bergabungnya Slovenia kedalam EU, Slovenia diharuskan menutup pabrik gulanya yang berkualitas tinggi. Hal ini dikarenakan pasokan gula akan diimport dari Jerman yang sedang mengalami surplus gula. Selain daripada itu, tingginya tingkat korupsi dan penyalahgunaan wewenang semenjak jatuhnya pemerintahan Yugoslavia ikut menyumbang carut marut yang terjadi di Slovenia.

Keterlibatan Amerika dalam Operasi Balksanisasi
Keruntuhan Yugoslavia tidak terlepas dari agenda tersembunyi Amerika. Balkanisasi adalah sebuah bukti nyata kekejaman dari gerakan imperialisme yang telah terintegrasi dalam sistem keamanan global Amerika. Setelah bubarnya Uni Soviet, Pecahnya Yugoslavia menjadi negara-negara kecil tidak terlepas dari setting tersembunyi AS yang boleh dibilang merupakan agenda sesungguhnya, yakni menyingkirkan Slobodan Milosevic dari panggung politik Eropa Tenggara. Kongres AS sangat khawatir bila Slobodan membangkitkan kembali “Pakta Warsawa Baru.” Slobodan Milosevic dianggap sebagai musuh besar oleh AS seperti halnya Saddam Hussein di Irak. Habis manis sepah dibuang.

Melalui setting media yang luar biasa, dengan modus operandi agenda pelanggaran HAM berat terhadap Presiden Yugoslavia Slobodan Milosevic yang digambarkan sebagai setan, dengan tuntutan-tuntutan yang tidak berdasar dan simpang-siur atas pembunuhan massal dan kematian orang-orang Albania. Sebuah eksploitasi tuntutan tanpa henti atas terjadinya “pemusnahan masal terhadap suatu bangsa,” dan pemancaran secara berulang-ulang tayangan televisi dari pengungsi-pengungsi yang menderita. Hal ini dirancang secara massive untuk melemahkan, membiasakan dan menakuti-nakuti masyarakat umum dengan sangat menyakinkan melalui pemaksaan argumen. Inilah yang kemudian yang menjadi alasan AS untuk menginvasi Yugoslavia. Amerika berhasil menyerat Slobodan Milosevic ke Pengadilan HAM internasional. Dimana Slobodan Milosevic pun akhirnya gugur di dalam penjara karena diracun para penguasa. Dia disebut sebagai “The Last Mohicans” Komunis.

Berkaca dari sejarah kehancuran Yugoslavia, kita bisa membaca ulang peristiwa Reformasi 1998 sebagai skema Balkanisasi Nusantara yang dipicu dari Gerakan Reformasi 1998 namun gagal. Walau demikian, kita harus tetap waspada, karena Indonesia sudah masuk dalam agenda besar kaum imperialis Timur dan Barat.

Sebuah pelajaran menarik dari kasus Balkan 1990 dan Nusantara 1998 adalah kemampuan AS memprediksi masa depan suatu bangsa. Melaui lembaga riset semacam “Rand Corporation” yang berfungsi memonitor perkembangan peradaban suatu bangsa, AS mampu membaca tanda-tanda zaman dari suatu bangsa jauh sebelum bangsa itu sendiri menyadari masa depan bangsanya. Boleh dibilang AS sudah tahu masa depan satu bangsa bahkan termasuk figur pemimpinnya. Sehingga AS bisa memprediksi masa depan suatu bangsa bila dipimpin oleh figur yang pas atau sesuai dengan ramalan sejarah bisa menjadi ancaman bagi kepentingan nasionalnya. Bagi AS, kebangkitan Indonesia Raya merupakan ancaman serius terhadap eksistensi Amerika. Oleh karena itu tidak boleh dibiarkan berkembang, harus dicegah sebelum tumbuh menjadi besar.

Referensi:

  • Agus Setiawan, Pegiat Sosial Politik dan Research Associate GFI, “Perspektif Perang Non Militer Milenium Ketiga”, 26-11-2014,
  • Agus Setiawan, Pegiat Sosial Politik dan Research Associate GFI,”Perspektif Perang Non Militer Milenium Ketiga”, 02-12-2014,
  • blogspot.com, “Tinjauan Konflik Serbia – Kosovo”, Selasa, 14 April 2009,
https://web.facebook.com/JakartaGreater

  86 Responses to “Jatuhnya Yugoslavia dan Implikasinya terhadap Indonesia”

  1. Semoga balkanisasi ga sampe sini

    • udah nyampe mas dan hampir memecah NKRI namun efek yang terjadi di NKRI boleh dibilang hanya efek goyang “ekor naga”

    • semoga aja bung,, NKRI amin…

      mau nanya2 dikit dong,,
      1. status kosovo yg sekarang bagaimana ? di PBB,, d mata Amrik n Rusia ? Dan apakah R.I. sudah mengakui kosovo & membuka hub diplomatik.

      2. perkembangan status hukum Ratko Mladic gemana ?

      yang mau ngasih penggelapan ane ucapin trimakasih.
      Artikelnya keren bung BB,,, berikutnya Request tentang Chechnya doooooong.

    • Indonesia pernah di coba di hancurkan dan dipecah belah dengan cara Agama seperti di ambon dan poso , perang suku dikalimantan ( dayak vs madura dan dayak vs bugis ) dan lampung ( bali vs penduduk lokal ) , secara ekonomi th 97 Kismon Hebat , secara politik KMP vs KIH .. tapi selalu gagal karena kita masih punya PANCASILA .. Biar kan saja para pemimpin kita atau anggota DPR bersilat lidah berargumen dan saling serang dengan amandemen uud45 .. tapi yg pasti jangan sampai merubah PANCASILA ,, yg ga suka pancasila pasti bilang SAKTI DARIMANA ?? HEHEHE terbukti bung gara2 kesaktian PANCASILA kita masih bisa BERSATU BHINEKA TUNGGAL IKA .. jaya NKRI

      • pancasila memang sakti bung,azimat dari leluhur&pendiri bangsa.kapan nih pak jokowi mbabar pancasila disekolah sekolah macam masa kecil kami dulu.jangan sampai generasi mendatang jadi generasi vandal karena tidak tahu pancasila.salam horamat untuk semua.artikel yang mencerdaskan bung besar,salut

  2. Nyimak samiL mandiin ViAR 3 Roda he he

    • Jualanku dulu tuh bung…he…he…he…sampai Mamuju pulak awak bergerilya jual viar 🙂

      • He he he MakLum bung beginiLah bawahan ALias babu yaa kerjanya yaa begini , tapi saya seLaLu bersyukur kepada ALLAH atas segaLa Karunia , rezki ,berkah , anugrah serta Limpahan rezki kepada kita semua , di Viar ini saya Lebih tenang daLam bekerja , inti dari pekerjaan bukan soaL Lebih atau berLimpahnya pendapatan tapi bagaimana kita kita bisa Lama aLias awet serta betah di perusahaan tersebut , apaLagi di perusahaan ini saya bangga juaL buatan hampir keseLuruhan di buat di negara kita , tidak perLu izin2 dari CEO untuk membuat suatu terobosan he he :mrgreen:

  3. PAGI. 5 besar

    • Memang bung- banyak foto2 di internet sama film negara2 itu bikin pertanyaan saya. tentang bangunan-bangunan besar megah / apartemen tapi berkaratan dan tidak terawat suatu pemandangan aneh

  4. Selamat pagi semua, selamat beraktifitas.

    Salam

  5. Waspadalah…waspadalahh….!!

  6. Hati – hati dan tetap waspada..

  7. sebetulnya kalau masih ingat akan sejarah bangsa dan negara ini,insyaallah tidak akan terjadi “balkanisasi” di NKRI.


    1 Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
    2 Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
    3 Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

  8. Panjangnyaaaaa

  9. Sdh banyak negara yg pecah dan bs dijadikan pembelajaran… uni soviet dan yugo jd contoh umum. Bgmnpun bersatu ttp jauh lbh baik.. namun sekali lagi tdk mdh memupuk persatuan.

  10. ” Bagi AS, kebangkitan Indonesia Raya merupakan ancaman serius terhadap eksistensi Amerika. Oleh karena itu tidak boleh dibiarkan berkembang, harus dicegah sebelum tumbuh menjadi besar.”

    Apakah ini sedang terjadi sekarang ??
    lg ada scenario apa si ASU untuk NKRI??

    • sejak dari dulu bung,malah saya menganggapnya bahaya laten bung.
      datangnya armada sekutu pasca pd 2 selain untuk melucuti bala tentara jepang ternyata juga bertujuan mengembalikan NKRI kepenjajahan belanda.tergulingnya ri 1 salah satu sebabnya juga karena politik minyak yang di dengungkan bapak sukarno,dan juga modus modus lain semisal “demokrasi” dan juga “HAM” yang sekarang banyak didengungkan oleh sebagian LSM yang notabene adalah perpanjangan tangan dari diktator amerika

    • juga perang perang di media masa,mungkin warjager masih ingat banyak komentar komentar disinipun yang kadang kalau saya rasa berisikan adu domba dan kitapun sering secara tidak sadar menjadi corong propaganda pihak pihak tertentu yang tidak ingin bangsa ini besar dan mencapai kejayaannya.

      • memang amer-rica ki ASU tenan yoo…..

      • bnar bung..klo prof di sini jlas akn membela NKRI sampai titik nadi terakhir ,Mending prof mneliti,mngamati sumber kekayaan alam yg ada di NKRI untuk sbesar besar kmakmuran rakyat drpd, hrus mnerima tawaran mneliti dan hdup mewah di Negara Asing.prof prnh di twarin untuk tgl di Mamarika,jarman,koran,jipang,dan di suruh milih ap mau di bulan atau mars katanya(dlm hati gue brkata” hahh sma aja loe mau membunuhku)…tp semua itu saya tolak krna saya Cinta NKRI..peringatan”biasanya anak bangsa yg punya kmampuan lbih(pandai)bkerja di prusahaan2 Ngara2 yg nwarin prof di atas(asing) dgn gaji yg mnurut org kita itu cukup bsar)pdhal itu hanya sdikit skali(tdk lbih dr 2%)di banding kekayaan alam kita yg di keruk dan krugian akibat krusakan alam yg di timbulkan…dan mreka itu brtujuan agr putra2 bangsa yg pandai trsbut tdk trbesit utk berfikir memajukan bangsa ini…..

        Smoga bermanfaat
        hormat saya,
        prof.Drs,Dr,ir Pes@wat Silum@n Super Tukino SH,Sos,Spd,Mm wek.. wek.. wek

    • mnurut ane AS gk bakal brani scara lngsung mnginjakkan kakinya di negri ini
      dia akan mnggunakan orng lain ubtuk memecah NKRI
      karna knp?
      jika masyarakat INA sadar bahwa kita sdang di stir oleh AS jiwa nasionalisme kita akan bangkit
      bgitu juga jika di buat dngan kenikikmatan berlebih kita akan pecah
      tp jika sudah saling tuding maka akan sadar bahwa kita sdang di stir

      bangsa ini tdk akan mudah pecah sprti ngra lain
      170 suku bangsa, 745 bahasa ada di INA dan masih bertahan
      itulah NUSANTARA

      • suku di indonesia byk bgt bang,bs lbh dr seribu suku besar+sub suku..utk dayak saja ada sktr 300-600 suku dan sub suku,seperti di jawa ada banten,baduy,osing,tengger dll

  11. artikel yg bagus,

  12. ini cm penggiringan opini publik doank..agar seolah olah membuktikan amerika adalah musuh utama indonesia sebenarnya…pemikiran yg sempit,apalagi dikait kaitkan dgn konflik yugoslavia yg pd dasarnya semua dunia tahu kekejaman milosevic&karadzic..atau ini agenda komunis?

    • bung frans orang america yah ?

    • INILAH DIA FRANS yg sebenarnya!!! SUDAH LAMA SAYA CURIGA DENGAN ORANG INI !! SAYA MENGIKUTI TERUS KOMENTAR KOMENTAR DIA DI SINI

      • biasa aja bung, disini ada rusia oriented,amerika oriented, cina oriented. asal si frans ini gak meributkan referendum lagi. biarkan saja..kalo mau debat-in aja komentar dia..

      • bnar bung @bapermas prof jg beranggapan sperti itu…Dia itu sperti setengah hati kpd NKRI,ibarat kplax ada di Mamarika dan kakix di INA,atau kalau perlu prof jdikan bahan percobaan biar saya ikat di missile balistik untuk mengganti kamera lalu kita luncurin ke mamarika…hahaha…
        nyantai aja bung frans prof. berfikirnya tdk sepicik itu prof slalu ingin berfikir rasionalitas ,tdak semua warga mamarika itu penjahat tetap msih byk wrga yg baik,sesuai dgn hukum kseimbangan.penjahat itu ada di setiap Negara Ngara apapun itu…cmn oknum pnjahat ini bahayax bisa memengaruhi sbgian bsar rakyat di Ngara tsbut dan itulah yg mnyebabkn prang bisa trjdi,Di Ngara kita ini saja Byk bisa kta Tmukan Penjahat Berdasi(Koruptor).
        jd buat bung frans gk usah tersinggung. tetapkanlah hatimu,dan buang keraguanmu org baik tetap baik bkn Ngaranya tp individunya,skian dan trimakasih…TAMAT/THE END

    • pd dasarnya semua dunia tahu kekejaman milosevic&karadzic,, saya setuju, ada yg bisa membantah adanya ribuan kuburan massal dan saksi hidup korban yg menjadi bukti.

  13. Saya hanya kasihan sama Slobodan Milosevic seorang pahlawan bagi kaumnya namun dianggap penjahat “besar” oleh dunia. Begitu juga dengan kaum Serbia yang membela diri diputar balikkan menjadi kaum pembantai yang sangat bengis…..(jika lihat jumlah kaum mereka yang dibantai sebelum perang dunia dari data di atas…mengerikan sekali).

    • klo saya blh tahu,apa sih kesalahan ratko mladic dan rodovan karadzic hingga rakyat muslim bosnia yg bgtu takut dgn sosok dua org tsb?

      • waduh de frans ini,perlu di beri PELAJARAN…eh salah entar di sangka gua guru
        Harus di beri PERHATIAN…eh salah lg kan prof entar di sangka suka lagi ama ello..
        yg pas harus di Beri PENJELASAN,Bgini Asal ello tau yah Seorang MUSLIM Sejati itu TIDAK Mengenal Takut kpd Selain ALLAH apapun itu Mau Benda keramat kek,mau org hebat kek, mau hewan ajaib kek,mau setan alas gak ada yg di takutin trmasuk dua org yg loe sebut2 itu…Mankanya Buruan masuk Islam mumpung blm kiamat,gk prcaya kiamat mau tgl di mars kah?…tetapkan hatimu dek

      • Rakyat Muslim Bosnia g takut Ratko Mladic…tapi jijik aja..ama Genocide General .ha7x…knp Amrik dan NATO terpaksa menekan dgn serbuan udara ke Serbia utk menyerah..krn mereka mulai lihat infiltrasi Iran disana …warga Uni Eropa merasa malu krn pembantaian genocide sangat menghina harga diri bangsa Eropa dan mengingatkan trauma Nazi…dan juga membanjirnya Mujahidin dari berbagai negara muslim ke Bosnia utk menolong sesama muslim…lagi pula pembantaian muslim di Srebenica terjadi krn pasukan Belanda penjaga perdamaian yg pengecut itu lari dari tanggung jawabnya..dgn alasan senjata tdk berimbang…disitulah harga diri NATO terkoyak…makanya hukuman Uni Eropa/NATO terhadap Serbia sgt sistematis…Pembebasan Kosovo…Pemerdekaan Montenegro…shg Serbia mjd sangat kecil syukur Vojvodina tidak ikut2 dimerdekakan….

    • kalo penduduk makmur..dan adil merata ..hukum jg tdk tajam kebawah…mau disuruh merdeka jg pasti malas…mau dipecah jg ogah…koreksi diri masing2 aja..INDONESIA ADA krn ratusan juta rakyat nusantara dari berbagai suku mau bernaung dibawah NKRI…biar berbeda2 agama,kepercayaan suku dan Ras..mau berteriak,,saya Orang Indonesia…Jadi yg penting selama kita masih mau mengakui sesama Indonesia satu bangsa satu negara serta Hak dan Kewajiban…menghormati Konstitusi yang sama yaitu UUD 45..Insya Allah g bakal pecah..krn itu ..saya menghargai hak konstitusi Ahok sbg Gubernur DKI krn itu sesuai UU yg berlaku, he7x,,..bukan spt anggota organisasi sempalan yg selalu menolaknya ..krn dasar mereka bukan konstitusi negara ini..walau saya seiman dgn mereka…

    • lah kok malah jadi pahlawan ya?
      slobodan dengan idenya untuk Serbia Raya yg bikin kacau dan ngebangkitin perang dimotori oleh orang2 serbia di bosnia, kroasia.

      dia yg melahirkan manusia2 seperti rodovan karadzic dan ratko mladic yg dengan semangat ngebunuhin siapa aja yg bukan orang serbia.
      ini jagal yg ngebunuhin ribuan anak laki2 dan pria dewasa di srebrenica
      misahin perempuan2nya untuk diperkosa dijadiin budak seks tentara serbia yg ganas2

      emangnya pbb bakal ngehukum dia jadi penjahat perang kalo ga ada buktinya?
      coba baca lagi deh siapa si slobodan ini sebenarnya.

  14. di planet ini bangsa yang menjadi ancaman utama orang2 barat adalah INDONESIA dan yang ke 2 baru UNI SOVIET di masa lalu , saya yakin klau indonesia terus berkembang dan dekat dengan RUSIA , CINA , kita bakal di pukul lagi seperti jaman BUNG KARNO , indonesia terlalu kaya dan letaknya strategis , menaklukan indonesia dan klau bisa bangun pangkalan militer disini itu kemenangan terbesar bangsa asing kayanya , belum pernah ada soalnya dari dlu pangkalan militer negara asing di indonesia.

  15. Koreksi dikit bung bapak besar…chetnik tdk pernah bekerjasama dgn tito…awalnya chetnik di bawah draza mihailovic memang melawan jerman…tp setelah jerman menyandera keluarga dan relasi mereka di beograd (anggota chetnik kebanyakan adalah pro raja dan gol aristokrat/usahawan) perlawanan chetnik melemah dan malah berkolaborasi dgn jerman dgn menghianati Tito dgn menunjukkan posisi posisi Tito (bagaimanapun jg chetnik membenci Tito dan partisannya karena komunis tdk akan memberi tempat pada gol aristokrat dan usahawan apabila partisan memenangkan perang)…awalnya sekutu hanya mengetahui chetnik yg melawan jerman…berjalannya waktu akhirnya sekutu mengetahui Tito dan partisannya lah yg serius ingin menyingkirkan jerman dari yugoslavia…

  16. sikapi perbedaan kita dengan arif dan berbudaya, sesuai dengan budaya kita yang beragam dan sangat kita junjung tinggi, jangan pernah menanam rasa bahwa budaya yang melekat pada diri kita lebih berbudaya dari adat istiadat saudara-saudara kita lainnya…
    salam persaudaraan salam persatuan indonesia…

    jadikan keberagaman NKRI menjadi kekuatan, bukan kelemahan NKRI.

  17. 90% orang Indonesia adalah Muslim, mohon koreksi kalau salah… Kalau semua orang Islam tersebut faham tafsir Qur’an dan Hadist Shahih Insya Allah sekuat apapun usaha Amrik tidak akan ada efeknya. Tapi kalau para pemudanya doyan merayakan valentine day yang notabene dicetuskan oleh ratu Spanyol menyambut kehancuran khalifah terakhir Islam disana, banyak yang merasa KEREN dengan barang-barang buatan bangsa penjajah dan tidak mengedepankan budaya Islam, ya bisa jadi balkanisasi tersebut akan terwujud karena banyak yang gak sadar diri. Dajjal akan muncul dari segitiga bermuda, mungkin udah muncul kali,,, Islam akan menguasai dunia dan menjalankan roda pemerintahan dengan adil dan seadil adilnya sehingga tidak akan ada pengemis karena saking makmurnya, tapi katanya udah dekat dengan kiamat kalau hal tersebut terjadi, kurang tahu sih hal tersebut terjadi setelah Imam Mahdi dan Nabi ISA muncul dibumi dan membantai babi ( kurang tahu juga makna babi yang dimaksud) atau mungkin sebelum beliau berdua muncul… Makanya Amerika mati-matian membela Israel anak asuhnya dan juga mati-matian mencegah Indonesia berkembang dan menjadi kuat serta maju karena kalau itu terjadi Indonesia akan jadi super power yang maha adil tersebut,,, tapi kalau lihat koruptor yang meraja lela dimari kok agak skeptik juga yah,,, walau bagaimanapun optimis aja deh moga-moga betul terlaksana. Amrik takut kalau Indonesia jadi super power berarti KIAMAT SUDAH DEKAT… Lihat saja pengaruh Indonesia sekarang, Swedia udah mengakui Palestina, ama Perancis mungkin sebentar lagi itu semua menurut saya sih karena pengaruh Indonesia… Belanja fantastis Indonesia ke EU sangat merubah percaturan politik, apalagi Indonesia sudah menjadi INHAN terbesar Rusia sepanjang sejarah Rusia. CMIIW,,, analisis wong tani oot…

  18. ini contoh, tidak ada salahnya bila RI dapat mengambil pelajaran dr peristiwa ini, bahwa RI sangat perlu berhati hati, jangan percaya begitu saja dengan manuver2 ASu di tanah air, khususnya yang sangat jelas di papua !!!

  19. prof. hanys inggin skedar mnyimak,membaca,dan mngamati,serta mnganalisa pndpt tmn2 saja…,sambil sesekali ngedip ngedipin mata saat wanita cantik itu mlintas di hadapan prof.
    buseeet dah….cuantik amat tuh cewe!!!
    lepas kacamata dulu ahh biar lbih jlas ngeliatnya..drpd ntr kacamata prof jatuh dan terpecah belah sperti Ngara YugoslaVia krna tubuh prof bergetar getar mlihat kmolekan dan keindahan bujuk rayu si wanita penggoda(pengadu domba) yg punya anak bernama RIKA yaitu MaMaRika….
    wek….wek…wek…
    untung ada bebek lewat yg menyadarkanku dr lamunan…prof.kok jdi ngelantur(Error.com)

  20. Balkanisasi Indonesia bisa jadi adalah agenda USA, tapi tentu dengan cara yg berbeda agar tidak disadari oleh bangsa Indonesia.
    Tetapi mungkinkah skenario memecah Indonesia bisa terlaksana ?
    Untuk Indonesia, tentu diperlukan usaha, kerja dan dana yang besar sekali, tentunya ini membuat USA berpikir lebih untuk melakukan niat ini, apalagi saat ini krisis ekonomi sedang melanda USA.
    Krisis ekonomi yang melanda USA bisa jadi adalah awal kehancuran USA yang nantinya akan membuat USA menjadi negara-negara kecil yang menjadi tercabik-cabik akibat dari sentimen SARA dari dalam dan serangan teroris dan musuh-musuh dari luar.
    “SIAPA YANG MENABUR ANGIN PASTI AKAN MENUAI BADAI”.

  21. Dg segala kondisi yg ada sampai saat ini andai Jakarta ini berani mengambil sikap permusuhan dg kepentingan USA sangat tidak mustahil Jakarta akan membara (salingksaling kudeta/tikam)
    Bila panas api Jakarta mengarah ke USA tidak mustahil akan muncul bara2 api baru di ujung2 wilayah bangsa ini.

    Org2 korup & ketidak pastian hukum sumber petaka utama negri ini.
    Musuh kita sesungguhnya diri kita sendiri.

    TNI harus benar2 profesional dan solid.

  22. history never lies…

  23. kurang lbh sama,ekonomi yg pertama…klo ekonomi kuat,rakyat tdk ada yg kelaparan lg..nasionalisme secara otomatis akan semakin terpupuk kawan

    • Benar bung frans, pertama untuk mencegah perpecahan adalah kesejahteraan. Bila kesejahteraan rakyat meningkat di seluruh tanah air ini, rakyat tidak akan terpupus rasa kebangsaannya. Hal ini sangat diketahui benar oleh cina, maka cina mulai membuka diri sejak peristiwa tiannamen. Sejak saat itu cina rajin membangun hingga ekonominya sekuat sekarang.

      Dengan ekonomi kuat, rakyat dapat kerjaan dan infrastruktur memadai, cina juga bisa membangun kekuatan militernya dan bisa mempengaruhi negara-negara di dunia dengan pendekatan ekonomi ini spt dengan srilangka, pakistan, bangladesh, negara2 pasifik selatan. Dengan begitu cina bisa memenangkan diplomasi dalam masalah taiwan dan HAM.

      Indonesia harus bisa fokus menguatkan ekonomi dulu spt cina baru hal lainnya.

      • Dari Jaman Bung Karno sudah ada yg namanya konsepsi Trisakti. Kalau ini diterapkan, hasil yg kita terima sangat luar biasa.

  24. koq sampe mrosot koment buat bang kevin

  25. apa gak salah bilang slobodan pahlawan besar, hampir 200.000 korban bosnia dibunuh(60%persen civil yg terbunuh adalah bosnia muslim), 50rb diperkosa dan 2 juta lebih diusir dari rumahnya, karena orang rasis, dan megalomaniak seperti dia, dan menyalahkan sejarah karenanya, benar2 kesimpulan yg bagus. kuburan masal,saksi2 kebiadaban chetnik apakah belum cukup menjadi bukti. bagaimana manusia kejam ini tak pantas disebut pahlawan.

    • setuju bung
      penulis artikel di atas sepertinya berat sebelah hanya memandang dari satu sisi.
      diksi/pilihan kata yg digunakan juga cenderung menyanjung slobodan dan serbia (kata2 ‘gugur’, ‘intervensi’, ‘menyerah’ dll)

      jika poin yg ingin disampaikan adalah agar RI berhati2 jangan sampai keberagaman kita suku bangsa, agama, bahasa, budaya dijadikan alat pemecah seperti Yugoslavia dulu, ane sepakat.
      tapi tetap nggak sepakat dengan artikel di atas yg berat sebelah.

  26. belajar dari pengalaman, moga2 negeri ini slalu menjaga persatuan dan kesatuan agar tdk mudah d’permainkan bangsa2 yg licik seperti amerina dan konco2’y ,,

    • usaha balkanisasi di Indonesia sudah dimulai…
      dari yang terkecil tawuran antar sekolah,antar suporter, antar kampung,antar kampus, bahkan ada yang masuk dalam satu lingkup universitas yang berbeda jurusan, dibeberapa wilayah malah ada yang bentrok antar etnis dengan skala yang cukup besar…
      masih ada lagi rongrongan dari beberapakelompok yang ingin memisahkan diri dari NKRI.
      sudah saatnya pemerintah tegas, lebih tegas dari sebelumnya…
      Isu HAM sengaja dipelihara untuk melemahkan ketegasan pemerintah pada perbuatan anarkis dan para separatis…
      Negara jangan sampai kalah….

      • betul bung djoko , tapi engga akan mudah menghancurkan indonesia , sekalipun kita engga kluarkan uang buat beli alutsista dan klau ekonomi indonesia hancur sekalipun engga akan mudah menghancurkan indonesia , saya bertaruh kepala bung , hehehehehe.

  27. Saatnya Imperialisme Nusantara menDUNIA

  28. Rand Coorporation..,
    mungkin bung Bapak Besar bs membuat dlm artikel tersendiri..
    Menarik utk di diskusikan.
    Trims bung Bapak Besar

  29. mohon maaf bung @Danu,

    tulisan ini sudah diedit oleh bung @admin, biar lebih moderat & tidak frontal mungkin,

    kalo mau akan saya bahas secara lebih rinci beberapa hal yang terjadi dari masa Orla s/d Orba, tapi mungkinkah?

    Pihak admin ingin suasana kondusif tetap terjaga, sedangkan sejarah biasanya akan berkata dengan lebih lugas.

    Coba nanti saya coba ulas dengan “lebih halus”, saya siapkan dulu gerinda, buat pangur pensilnya biar tidak terlalu tajam 😀

    Salam hangat

  30. gk usah mikir jauh2 balkanisasi,,
    Yg menghancurkan RI bukan usa & partner… tuh yg d senayan.
    Trus pembangunan & ksejahteraan yg tdk merata,yg slama ini d pusatkan hanya d pulau jawa.

  31. Artikel yg menarik bung Bapak Besar….
    Thanks sudah berbagi masalah hubungan internasional dengan kita semua disini….

    Salam hangat….

    • Betul bung jalo…terus terang sejarah balkan ini paling menarik untuk di kupas dimana Tito yg seorang komunis yg biasa kita anggap monster bs menyatukan etnis 2 balkan yg beraneka ragam latar belakang dan biasa menganggap perang adalah olahraga tradisional mereka…bloodsport…

      Tito adalah pemimpin kelas dunia…dia pernah memerintahkan partisan untuk meninggalkan perlengkapan berat termasuk tank dan meriam yg berhasil dirampasnya dr pasukan italia semata hanya demi menyelamatkan kaum wanita dan anak anak yg ikut mereka bergerilya agar gerakan mereka lebih cepat lolos dr sergapan jerman…padahal perlengkapan itu begitu berharga buat perjuangan mereka…kalau wanita dan anak2 itu ditinggal pasti dibunuh pasukan SS (bkn wehrmacht) yg sangat kejam…itulah kenapa partisan tdk pernah kekurangan tenaga baru buat menggantikan yg tewas dan luka…

      Selama perang tidak pernah mereka menerima bantuan dr rusia barang satu butir peluru pun padahal yg sama sama komunis walau jarak mereka dgn pasukan rusia cm sepelemparan batu…stalin begitu iri Tito begitu dicintai rakyatnya dibandinhkan dirinya yg memimpin dgn tangan besi…bantuan pertama justru mereka terima dr inggris yg jaraknya ratusan mil dimana winston churchil sangat mengagumi Kepemimpinan Tito…

      Bukti kepemimpinan besar tito adalah saat dia meninggal yugoslavia terpecah belah…tanpa Tito tdk ada yg namanya yugoslavia…

      • Yup bener bung, Yugoslavia pecah menjadi enam negara baru. Serbia dengan penduduk sekitar 7,3 juta; Bosnia 4,2 juta; Kroasia 4 juta; Montenegro 600.000; Slovenia 2 juta; dan Makedonia 2 juta. Dari segi komposisi agama, warga Serbia mayoritas memeluk Kristen Ortodoks, Kroasia memeluk Roman Katolik, dan Bosnia memeluk Islam. Selebihnya terpencar-pencar di tiga negara lainnya. Setidaknya terdapat empat faktor yang ikut andil dalam tragedi itu:

        1. Peran Amerika Serikat yang ingin memiliki pangkalan militer di semenanjung Balkan untuk membendung pengaruh blok Uni Soviet dan sekutunya waktu itu.

        2. Krisis ideologi komunis dunia dan kohesi Uni Soviet yang kian lemah, bahkan ujungnya bubar.

        3. Konflik antar kelompok etnis dan agama (ethn o-religion
        ) yang mengeras di dalam negeri Yugoslavia.

        4. Krisis kepemimpinan sepeninggal Tito.

        Yg perlu diingat, konflik yang muncul dari sentimen etnis dan agama tidak pernah berdiri sendiri, melainkan selalu terkait dengan kepentingan politik dan ekonomi. Jadi teringat Aceh, kita harus bersyukur, wilayah ini hampir menjadi pangkalan militer asing dan lepas dari NKRI.

        Memang kenyataannya Balkanisasi tidak terjadi di Indonesia karena negara kita jauh lebih kompleks, lebih majemuk, dan lebih besar jumlah penduduk dan etnisnya ketimbang Yugoslavia. Tapi perlu diantisipasi, karena kenyataan hantu balkanisasi pasti akan selalu ada. Apalagi dengan adanya konflik Laut China Selatan, mudah2an gak ya.

        Memang sosok pimpinan itu sangat berpengaruh, kasus Yugoslavia dengan Josip Broz Tito, negara kita dengan Bung Karno, dll…. Mudah2an negara kita tidak krisis kepemimpinan, dan mudah2an ada pimpinan negara yg berhasil menerapkan konsepsi trisakti yg dirumuskan oleh Bung Karno kepada Rakyat dan negara.

        • Selain Tito, mungkin bisa kita ambil juga contoh sepeninggal bung Karno, masyarakat Indonesia menjadi terkotak-kotak.

        • betul bung @Jalo, cuma saat ini, saya belum melihat pemangku jabatan yang minimal nasionalis atau pemimpin yang mungkin “ultra nasionalis”, seperti halnya Sukarno, Putin, Tito, Hugo Chavez, Mahathir, dll. Yang rela mempertaruhkan apa pun demi kejayaan bangsa dan negara. IMHO

          • Yup bener bung, selalu kalah imannya pada masalah ekonomi dan politik….

          • jamannya sudah beda sepertinya bung
            nggak bisa lagi ‘megaphone diplomacy’ seperti jaman bung karno dulu.
            apalagi kalau secara ekonomi kita belum berdiri di atas kaki sendiri (tambah parah dengan globalisasi di mana hampir tidak ada negara yg bisa berdiri sendiri tanpa tergantung dengan negara lain).

            sepertinya bakal muncul versi lain dari Bung Karno yg diberikan Tuhan untuk bangsa ini. membawa semangat yg sama tetapi dijalankan dengan cara yg berbeda. 🙂

        • krisis kempemimpinan berarti sistem pemerintahan tidak berjalan baik dan hubungan antara faksi politik tidak berjalan dengan lancar karena berasaskan kecurigaan….

          mudah2an di indonesia sistem pemerintahan dan politik selalui diperbaiki sehingga pemerintahan berjalan dengan sistem yang rapih di dikomandoi seorang pimpinan hebat!!

          setiap rejim suatu kepemimpinan akan dicatat dalam sejarah dan semoga rejim yang berkuasa menggunakan kekuasaannya sebaik2nya

  32. kalau pemerintahan nya kayak gini kita tunggu aja nasib indonesia juga akan kayak yugoslafia jadi banyak.

  33. Awalnya sangat bagus seperti pengisahan sejarah layaknya, akhirannya sangat tidak bagus, bersifat, menggurui, membodohi, menghasut… Sebuah penulisan sejarah sepantasnya tidak menarik kesimpulan biarkan pembacanya yang menilai….

  34. blog yang cukup menarik, dan themes yang sangat seo frendly. salam hangat http://www.marinirseo.web.id Pembicara Internet Marketing

  35. dahulu yugoslavia negara mandiri tidak mudah di kendalikan barat dan timur. kota sarajevo begitu indah, bosnia memiliki ladang dan air yang jernih menghidupkan seluruh negeri, memiliki industri mobil dan persenjataan militer sendiri, memiliki pangkalan rahasia di gunung. jangan lupa juga ada masjid soeharto di luar kota sarajevo dan ada beberapa keturunan pangeran dipenogoro gen 6,7,8 di boegard(serbia).

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)