Jan 102016
 

jet tempur Rafale

Menteri Pertahanan Prancis Jean-Yves Le Drian dijadwalkan segera mengunjungi India untuk mengawasi kesimpulan dari perjanjian antar-pemerintah tentang pembelian 36 jet tempur Rafale dan membersihkan jalan untuk kesepakatan akhir tersebut.

Sumber-sumber mengatakan Mr. Drian khusus mengunjungi India untuk kesepakatan pembelian jet tempur Rafale dan kemungkinan berada di Delhi pada tanggal 18 Januari 2015.

Seperti dilansir The Hindu sebelumnya, kedua pihak bekerja untuk menyimpulkan kesepakatan menjelang kunjungan Presiden Prancis Francois Hollande ke India sebagai tamu utama untuk parade Hari Republik pada 26 Januari “Kesepakatan itu diumumkan di tingkat politik tertinggi; sehingga kedua pihak ingin memastikan itu ditaati, “kata pejabat tadi.

Menteri Pertahanan Manohar Parrikar mengatakan bahwa kesepakatan itu “dalam tahap akhir negosiasi harga” dan isu-isu seperti klausal offset 50 persen telah “hampir beres”.

Perdana Menteri Narendra Modi, selama kunjungannya ke Paris April lalu, telah mengumumkan pembelian langsung 36 pesawat tempur Rafale dari Prancis melalui kesepakatan pemerintah-ke-pemerintah secepat mungkin, terkait “keharusan operasional yang kritis” dari Angkatan Udara India.

Namun, negosiasi sempat menemui jalan buntu terkait, karena perbedaan : jumlah offset yang diberikan Prancis, harga satuan dan perubahan konfigurasi. Kini kendala tersebut akan dilipat oleh Menteri Pertahanan Prancis Jean-Yves Le Drian dalam kunjungannya ke India.

Thehindu.com

  11 Responses to “Jean-Yves Le Drian ke India, Muluskan Penjualan Jet Rafale”

  1. Wah…..Tambah Laris Aje Nih Pespur

    • india beli rafale dari prancis untuk mengimbangi JF 17 BLOCK 3 (stealth) pakistan yg akan selesai thn 2016-2018.
      india yakin TEJAS tak mampu menghadapi jf 17 ..:))

    • Indonesia lebih hebat. Gak pakai acara2 didatengin menteri pertahanan sudah dapet 32 rafale sama 3 mistral sejak 2014… Rusia jg sama, kagak perlu lobi2 kilo 8 biji sudah melaut no lambung 401 402 parkir di brunei… Pokoknya yang namanya transaksi militer Indonesia itu rahasia 200% xixixi…

      • Ngomong apa loe bro. . nglindur apa telat minum obat. . . ?! pilot indonesia ada berapa pertahun yang dihasilkan. . ? Pesawat latihnya ada berapa ? Lulusan AAU ada brp ?

  2. luamayan lah kadua ….

  3. Time is money sir…!!! Hahaha..langsung bersihin jalan takut ada yg nyalip ditikungan .lumayankan dapet cuan…hahaha…

  4. ini mentri pertahanan Franch kan cucunya Jaques Derrida yak? Hehehe

  5. Oke deh..indonesia mnyusul akan mengakusisi rafale…buktinya kmrn2 ada rafale kke jakarta buat test drive

    • Kan kata bung narayana indonesia bakal kedatangan rafale 64 biji dan sdh dibayar lunas sama baapak besar yg mulia bapak SBY..yakin itu taun dpn gak digoibin lagi ..kan kekuatan udara dan lautan nkri hrs mngimbangi gabungan kekuatan negara songong malaya singaporno australio..

 Leave a Reply