Jan 262017
 

Dalam rangka memperkuat solidaritas dan kerukunan antar umat beragama, aparat Kepolisian bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan warga keturunan Tionghoa di kabupaten Tuban, Jawa Timur, kamis pagi (23/01/2017) menggelar kegiatan sosial bersih-bersih klenteng secara bergotong royong.

Kegiatan Sinergi TNI-Polri bekerjasaama dengan warga etnis Tionghoa ini dilaksanakan di klenteng Kwan Sing Bio di jl. Re Martadinata, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Tempat peribadatan umat tri dharma ini didatangi puluhan aparat kepolisian dan TNI berpakaian dinas lengkap, yang langsung melakukan aktifitas bersih-bersih dengan menggunakan peralatan seadanya. Mulai dari memungut sampah, menyapu halaman, mencabuti rumput hingga menyiram tanaman.

Sinergi aparat Kepolisian dan TNI ini bertujuan untuk membantu persiapan perayaan tahun baru imlek 2568. Bersama sejumlah warga keturunan tionghoa, aparat TNI-Polri bergotong royong membersihkan seluruh halaman dan ruang klenteng berlambang kepiting seluas 6,5 hektar ini.

Selain menggelar aksi bersih-bersih, petugas juga membantu pengamanan hingga perayaan imlek selesai. Menurut Kasat Sabhara Polres Tuban, AKP Eko Adi Wibowo, Kerja bhakti antar golongan ini diharapkan dapat memperkuat solidaritas antara aparat keamanan dan warga keturunan tionghoa yang selama ini sudah terjalin sehingga tercipta kerukunan antar umat beragama.

“Kegiatan ini dalam rangka menyatukan Kebhinekaan antara pihak TNI-Polri dan warga umat tri dharma klenteng. khususnya memberikan rasa aman, nyaman dan membina kerukunan antar umat beragama,” papar Kasat Sabhara Polres Tuban, AKP Eko Adi Wibowo, kepada jakarta greater.

Kasat Sabhara Polres Tuban, AKP Eko Adi Wibowo, saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait kegiatan sosial Kebhinekaan TNI POLRI di Klenteng Tuban (foto: jakartagreater.com)

Aksi petugas ini mendapat apresiasi positif dari umat tridharma di kelenteng setempat. Mereka berharap solidaritas dan kerukunan antar umat beragama ini terus terjaga sehingga mereka dapat beribadah dengan aman dan tenang.

Perayaan tahun imlek 2568 di klenteng Kwan Sing Bio Tuban, rencananya akan digelar secara sederhana. Pengurus dan umat klenteng akan merayakan dengan menggelar sembahyang bersama sebagai bentuk pendekatan diri kepada sang pencipta. Mereka juga akan berdoa agar bangsa indonesia dijauhkan dari perpecahan dan selalu dalam lingdungan Yang Maha Kuasa.

jakartagreater.com

  3 Responses to “Jelang Imlek, TNI-POLRI Bersinergi gelar Kegiatan Sosial bersih-bersih Klenteng Tuban”

  1.  

    semoga tetap terjaga kerukunan antar umat beragama,,
    jangan saling memprovokasi,
    jangan saling menghina,,

    kedepan kan persatuan dan kesatuan
    saling menghormati dan saling menghargai..

    dan tetap jaga rasa toleransi..
    semoga bangsa ini tetap jaya Yaa Robb..
    amin…

  2.  

    Tapi jgn lupa Angpaonya lho!he3.

  3.  

    gong xi fa cai,…
    bagi warjag yang merayakan nya…..