Jul 292016
 

Sebanyak 22 kontainer perlengkapan tempur militer Amerika Serikat, tiba di pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi (28/7) dengan diangkut menggunakan kapal kargo Ocean Glory. Begitu kapal raksasa tiba, pengamanan pelabuhan langsung diperketat. Usai pemeriksaan manifest dan imigrasi, pembongkaran alat tempur langsung digelar hingga Rabu sore.

Puluhan alutsista milik pasukan militer AS itu kemudian, dikirim ke pusat latihan tempur di Karangtekok, Situbondo, Jawa Timur. Kedatangan alat perang milik negeri Paman Sam tersebut dalam rangka persiapan latma Garuda Shield-10 bersama TNI di Situbondo.

Helikopter milik militer AS tiba di banyuwangi dalam rangka Latma Garuda Shield-10 di Situbondo Jawa Timur.

Helikopter milik militer AS tiba di banyuwangi dalam rangka Latma Garuda Shield-10 di Situbondo Jawa Timur.

Seluruh alutsista itu berisi peralatan tempur, diantaranya beberapa kendaraan tempur lapis baja dan helikopter. Terlihat juga empat helikopter bertuliskan United States Militery. Sepintas, alat perang ini mirip jenis Apace.

Setelah diperiksa oleh militer AS, seluruh peralatan itu dinaikkan ke trailer untuk selanjutnya akan di kirim ke pusat latihan tempur di Karangtekok, Situbondo.

Selama proses pengecekan peralatan tempur, militer AS terlihat bersiaga dan waspada mengawasi kondisi di pelabuhan, pasukan dari Kostrad dengan bersenjata laras panjang ikut menjaga areal pelabuhan tempat bersandarnya kapal pengangkut tersebut.

Tim dari Kostrad bersenjata laras panjang juga terlihat berjaga ekstra ketat di areal pelabuhan di sisi utara Pelabuhan ASDP Ketapang. Bahkan dilokasi dibuat steril, hanya petugas khusus diperbolehkan masuk.

Kasi Lalu Lintas Laut Satuan Otoritas Pelabuhan Tanjungwangi, Subagio membenarkan kedatangan kapal tangker yang membawa alat tempur militer AS. Namun, pejabat ini tak merinci jenis alat tempur apa saja yang dibawa.

Heli milik US Army diturunkan dari kapal MV Intermarine Ocean Glory yang sandar di Pelabuhan Tanjung Wangi kemarin.

Heli milik US Army diturunkan dari kapal MV Intermarine Ocean Glory yang sandar di Pelabuhan Tanjung Wangi kemarin.

“Kami hanya berwenang memberikan izin berlabuh kapal dari AS ini. Untuk lain-lain, di luar wewenang kami,” jelasnya.

Kedatangan peralatan tempur militer AS tersebut akan digunakan untuk latihan bersama Garuda Shield-10 antara militer AS dan TNI AD yang rencana akan digelar pada bulan Agustus mendatang, dimana pendukung Latma Garuda Shield-10 berasal dari satuan jajaran Divisi Infanteri 2 Kostrad, khususnya Yonif Raider 515 Kostrad terlibat langsung sebagai pelaku dalam Latma Garuda Shield-10.

Kedatangan peralatan tempur militer AS ini sempat menarik perhatian warga di sekitar pelabuhan. Namun, mereka tak bisa mendekat. Latihan bersama militer AS dan TNI AD Ini merupakan latihan rutin setiap tahun. (marksman/ sumber : puspen tni)

Berbagi

  7 Responses to “Jelang Latma Garuda Shield-10, Alutsista Amerika Tiba di Banyuwangi”

  1.  

    Peralatan tempur modern tp disuruh adu skil selalu kuwalahan

  2.  

    nongkrong disini sejak zaman jahiliyah akhirnya bs pertamax plus plus

  3.  

    waah kalau gc di rumah dateng ne mamarica bawa mainan lgi,

    •  

      WOW datang puluhan alusista ………. Jgn dibalikin — sita aja Pak
      … hahaha para ghoibyah pasti muntah2 kalo yg datang puluhan — tapi yg balik cuma Belasan ^_^
      amin

  4.  

    kok cma di muat di kpal konteiner?! knapa ngk di muat pke kpal indukx atau lhd.!?
    jangan” alusista ghoib ni, xixixixi..
    cma modusx latihan sja,.

  5.  

    Ada beberapa yg tinggal setelah latgab

  6.  

    Sebegitunya

 Leave a Reply