Jelang Milad GAM, TNI dan Polri Perketat Keamanan di Aceh

Kepolisian dibantu TNI mulai meningkatkan pengamanan di Aceh menjelang peringatakan Milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Aparat siap mengamankan kegiatan masyarakat pada peringatan HUT GAM, asal tanpa ada pengibaran bendera bulan bintang.

Hal itu ditegaskan Kapolda Aceh, Irjen Husein Hamidi terkait kondisi keamanan terakhir di Aceh menjelang Milad GAM pada 4 Desember nanti. “Pengamanannya lebih ditingkatkan dari hari-hari sebelumnya,” katanya kepada wartawan di Banda Aceh, Kamis (2/12/2015).

Menurutnya, peningkatan pengamanan dilakukan karena setiap 4 Desember ada berbagai kegiatan masyarakat dan peringatan Milad GAM. Dia tak menyebut berapa jumlah personel yang diturunkan untuk pengamanan tersebut.

“Polri dibantu oleh TNI bersama unsur terkait lainnya melakukan pengamanan terhadap kegiatan masyarakat, dalam bentuk kegiatan apapun,” sebutnya.

Kapolda meminta semua pihak untuk mematuhi seruan Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh, untuk tidak mengibarkan bendera bulan bintang pada Milad GAM.

“Apabila dinaikkan supaya diturunkan kembali,” ujar Husein.

Secara keseluruhan Kapolda menegaskan situasi keamanan di Provinsi Aceh menjelang HUT GAM masih sangat kondusif dan terkendali.