Oct 052014
 
image

18 Ribu Prajurit dan 592 Alutsista Siap Ramaikan HUT TNI Ke-69 di Makoarmatim (JakartaGreater.com)

Surabaya – Untuk memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia yang ke-69, tiga matra TNI yang terdiri dari TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara akan menggelar perayaan besar-besaran dengan menyajikan atraksi serta memamerkan Alutsista pada Selasa (7/10/2014) mendatang, di Koarmaritim Dermaga Ujung Surabaya, Jawa Timur.

Menurut Panglima TNI, Jenderal Moeldoko mengatakan bahwa akan ada 18.000 ribu prajurit dengan ratusan alutsista, baik dari AD, AL, dan AU yang menyemarakan pesta TNI.

β€œDari berbulan-bulan yang lalu, para prajurit sudah latihan di kesatuannya masing-masing, dan saat ini mereka berkumpul di lokasi untuk melakukan gladi bersih,” tuturnya, Sabtu (4/10/2014).

Sekedar diketahui bahwasanya jumlah Alutsista dari TNI Angkatan Darat sebanyak 22 Tank Leopard, 22 Tank Marder, 13 Panser Tarantula, 13 Tank Scorpio, 6 Meriam 155 mm Caesar (192 alutsista) dan 43 Pesawat.

Sedangkan Alutsista dari TNI Angkatan Laut sebanyak 35 KRI, 10 LVT, 6 BVP-2, 26 BMP 3F1, 4 RM70 Grad dan 23 pesawat.

Dan untuk Alutsista dari TNI Angkatan Udara sebanyak 139 pesawat antara lain 12 Sukhoi, 3 F5, 10 F-16, 12 Hawk, 3 Emb 314 Super Tucano, 1 C130 Tanker dan 3 Boeibg 737.

Serta akan ada demonstrasi prajurit dan alutsista TNI tambahan yang akan ditampilkan seperti serangan udara langsung, manuver atau menembak tank di laut, operasi lintas udara, dan terjun statik laut. Selain itu juga akan ada atraksi bela diri militer, defile pasukan dan material, dan Jupiter Aerobatic Team.

18 Ribu Prajurit dan 592 Alutsista Siap Ramaikan HUT TNI Ke-69 di Makoarmatim (JakartaGreater.com)

18 Ribu Prajurit dan 592 Alutsista Siap Ramaikan HUT TNI Ke-69 di Makoarmatim (JakartaGreater.com)

image

(all photos: JakartaGreater.com)

image

image

image

image

image

image

image

image

Hari Ulang Tahun TNI ke-69 yang menelan dana hingga Rp 20 miliar lebih tersebut akan menyuguhkan personel gabungan TNI dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara, yang akan menampilkan demontrasi penyelamatan sandera, pencegahan teroris, aksi bela diri. Serta akan ada 592 Alutsista dengan 205 di antaranya adalah pesawat yang siap memeriahkan acara tersebut

“AU akan menampilkan personil dari Paskhas termasuk pasukan elit Den Bravo (anti teroris). Juga akan menampilkan perlengkapan tempur Paskhas dan peralatan sistem udara,” tutur Kasau Marsekal Ida Bagus Putu.

Dia menambahkan bahwasanya pihaknya juga membawa Pesawat UAV tanpa awak, pesawat tempur, pesawat angkut, pesawat latih, dan helikopter. Pesawat-pesawat ini dibawa dari 4 Pangkalan Udara yakni Lanud Halim PK, Lanud Iswahyudi Madiun, Lanud Juanda Surabaya, dan Lanud Abdul Rahman Saleh Malang.

“Sekitar 150 pesawat. Pesawat tanpa awak akan bisa mengirimkan gambar lokasi upacara, akan terbang pada ketinggian 12 ribu kaki,” imbuhnya.

AU pun akan mempertontonkan demo udara seperti Fly Pass, serangan udara, penerjunan pasukan, dan air cover.

“Fly pass semua pesawat akan lewat dalam formasi besar. 42 pesawat tempur, 16 Hercules. Mengakhiri demonya dengan satu salam terakhir 1 flight 4 pesawat F-16 dan 4 Sukhoi,” tandasnya.

Sementara itu, TNI Angkatan Laut juga akan memamerkan kekuatan dan alutsistanya. Terutama 3 KRI jenis Frigate yaitu KRI Bung Tomo, KRI John Lie, dan KRI Usman Harun yang baru saja tiba akan ikut juga dipamerkan.

“Akan dilakasanakan demo Sailing Pass ditampilkan berbagai jenis kapal. Frigate baru saja tiba 5 hari lalu,” tutur Kasal Marsekal Marsetyo.

Dalam kegiatan Sailing Pass ini akan ada demo bantuan tembakan anti kapal selam. Selain itu juga akan ditampilkan aksi-aksi penanggulangan kapal selam.

“Kemampuan dari pasukan-pasukan marinir yang diterjunkan dari pesawat akan merebut apabila kapal dibajak, termasuk pembebasan sandera yang ada,” pungkasnya.

Dan untuk orang Nomor 1 Di Republik Indonesia juga akan menghadiri acara tersebut.

image

(all photos: JakartaGreater.com)

image

image

image

image

image

image

image

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada kesempatan tersebut direncanakan akan menjadi inspektur upacara dalam perayaan HUT TNI ke-69. Selain itu acara ini juga akan dihadiri oleh Presiden Terpilih Joko Widodo serta beberapa tamu kehormatan lainnya.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI, Jenderal Moeldoko yang mengatakan bahwa Presiden SBY bersama ibu Ani Yudhoyono akan tiba di lokasi acara, 2 hari sebelum puncak HUT TNI ke-69.

Tepatnya pada hari Minggu (5/9/2014), SBY beserta rombongan akan melakukan Joy Sailing dengan menggunakan KRI Dewa Ruci, dan pada keesokan harinya, Senin (6/9/2014), SBY akan memberikan pengarahan kepada para prajurit TNI yang mengikuti acara tersebut.

“Presiden akan datang dilokasi acara pada hari minggu. Sebelum melakukan joy sailing, Presiden akan mengumpulkan semua prajurit untuk diberikan wejangan-wejangan, serta petunjuk-petunjuk kepada kita sebelum beliau digantikan. Mungkin Presiden memerlukan waktu setengah jam untuk bertemu prajurit, supaya pada saat hari H, Presiden hanya memerlukan waktu sedikit dan segera bisa menyaksikan demontrasi prajurit serta Alutsista ,” tuturnya.

Dia menambahkan bahwasanya pada saat memantau gladi bersih dan persiapan perayaan HUT TNI Ke-69. Dirinya merasa masih ada beberapa yang perlu diperbaiki lagi sebelum hari H. Terutama karena Presiden Terpilih Joko Widodo dan sejumlah tamu kehormatan lainnya akan hadir dalam acara ini.

“Pak Jokowi hadir, belum ada perubahan. Pak Tri Sutrisno sudah confrom. Pak BJ Habibie dan Pak JK juga kita undang,” tandasnya.

image

(all photos: JakartaGreater.com)

image

image

image

image

image

image

image

image

Sekedar diketahui bahwasanya selain dihadiri oleh tokoh-tokoh dalam negeri, HUT TNI yang terbesar sepanjang sejarah TNI tersebut juga akan dihadiri oleh tokoh tamu tetangga. Seperti Raja Brunai Darussalam, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah dan Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan Timor Leste, Xanana Gusmao.

Dan untuk masyarakat umum, Selain bisa merasakan naik di Tank Leopard, masyarakat yang tidak bisa menyaksikan secara langsung perayaan HUT TNI Ke-69, juga bisa merasakan naik KRI Usman Harun.

Hal tersebut dikarenakan, pada tanggal 8 Okteber 2014, TNI masih mengadakan serangkaian kegiatan HUT TNI Ke-69, yang bertempat di Kodam V/ Brawijaya Surabaya, yang diperuntukan kepada masyarakat umum.

“Tanggal 8 Oktober akan ada pesta rakyat. 20 ribu rakyat akan kita undang di lapangan Kodam V/Brawijaya Surabaya. Kita akan gelar seluruh perwakilan alutsista. Khususnya yang belum dilihat olehmasyarakat,” tutur Panglima TNI, Jenderal Moeldoko.

Dia menambahkan bahwasanya, rakyat Indonesia, khususnya warga Surabaya, bisa melihat dan menaiki langsung sejumlah alutsista. Seperti tank Leopard, Panser Anoa, KRI dan lain sebagainya.

“Agar rakyat bisa ikut merasakan kemeriahan HUT TNI. Maka Kita laksanakan di Kodam, karena dilapangannya luas. Nanti kita akan siapkan tank dan kapal biar masyarakat bisa menaikinya bersama-sama. Lalu keliling Surabaya,” imbuhnya.

Sekedar diketahui bahwasanya atraksi gabungan dari ketiga Matra saat gladi bersih sudah berjalan dengan lancar. Berbagai alutsista dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara yang akan ditampilkan dalam demo dan atraksi di hari puncak sudah berada di lokasi.

Berbagai tank dan kapal sudah berada di Dermaga Ujung. Sementara untuk pesawat dan helikopter yang juga telah dicoba saat gladi bersih, saat ini kembali disandarkan. Sebagian di Lanud Juanda Surabaya, sisanya di Lanud Iswahyudi Madiun, dan Lanud Abdul Rahman Saleh Malang.

Dan untuk masyarakat yang akan mengikuti acara pesta rakyat di Kodam V/ Brawijaya juga akan diizinkan untuk menaiki kapal laut milik AL.

“Nanti kalau warga habis naik Leopard, lalu ingin naik kapal Usman Harun juga bisa. Nanti kita siapkan bis untuk mengangkut mereka dari Kodam ke Dermaga Ujung. Mereka bisa naik KRI-KRI yang ada di Dermaga Ujung,” pungkasnya. (DK) (JKGR).

Bagikan Artikel :

  114 Responses to “Jelang Puncak HUT TNI Ke-69”

  1. nomer siji

  2. akhirnya pertamax juga…heee

  3. nomor kaleh

  4. Monggo direme ken

  5. kayaknya mesti ikut pesta rakyat di kodam nih.

  6. Warna kendaraan dan radar kohanudnas kok biru, putih, hitam ya? Apa mau berkamuflase di laut?

  7. Dirgahayu TNI….

  8. tetangga pasti iri kita punya mainan yg gahar skelas yakhont

  9. Sangaaarrr….

  10. MANTEB

  11. KEREEEN….

  12. dirgahayu TNI..

  13. Bravo TNI

  14. Akhirnya muncul juga rudal R-HAN-122, cuma itu R-HAN yang lainnya mana ???

  15. Mantap TNI

  16. Bravo TNI !!!

  17. TNI nomor 1..
    Pngen liat semua alutsista baru tni yg lengkap..NKRI harga mati !!

  18. dpt 5 besar gak ya #berharap
    Gilaaaaaaa, TNI Gahar banget. “NKRI harga MATI”.

  19. semoga dirgahayu ini bisa menjadikan nasionalisme rakyak indonesia kian tinggi dan menambahkan semangat kebanggaan bangsa indonesia
    dan tidak lupa sebagai sinyal kepada ular,bahwa TNI tdk lemah

    @diego or admin

    maaf saya reques untuk artikel

    Denkavkud AD Kebanggaan
    Indonesia di Mata Dunia

    satu-satunya detasemen pasukan berkuda yang ada di Asia Tenggara.

    reaksionline.com/?p=3088

    karna jarang sekali pasukan kuda ini diulas.
    sapa tau ada warjag yg jadi pawangnya n ikut kasih wawasan.
    cmiiw

    maaf cucu lancang

    • I agree with your suggestion..

      nyong setuju bung cucu.. mugo2 cepet di ulas

    • Saya penasaran, kenapa pasukan berkuda hanya sebesar detasemen, padahal dimasa perang dengan keterbatasan BBM pasukan berkuda dapat menjadi solusi untuk mobilitas pasukan gerilya. Kalau perlu Pasukan Gajah juga di buat untuk mobilitas logistik. Mudahan2 dimasa depan ada kajian tentang keuntungan Pasukan berkuda, sehingga bisa ditingkatkan menjadi beberapa Brigade di masing2 Angkatan Darat dan AL Marinir.

      Ketersediaan kuda bisa di topang dengan pemberdayaan industri kuda dengan:

      1) Industri makanan ( hamburger kuda, bakso kuda dll)
      2) Olah raga kuda (banyak turnamen internasional)
      3) Ibadah umat islam, berkuda dan memanah adalah sunnah dan di anjurkan dalam Islam, ini adalah sunnah yg terlupakan, Bayangkan klu ada klub2 kuda tersebar di penjuru Indonesia untuk mengakomodasi kebutuhan ini.

      • masa yang akan disaat ilmu diangkat ke langit maka sunah rosul yang benar. berkuda dan panah sangat bermanfaat.

      • Barusan ane liat di MH tipi diulas denkavkud di lembang. Keren. Kudanya besar besar. Ada 200 an kuda yang dipeihara.
        Yang bikin menarik ada 1 ekor kuda pejantang turunan Uzbek. Besar. Kerjanya hanya kawin melulu. Diliatin waktu ngawinin kuda betina. Ampe si pembawa acaranya nutup mata. Malu kali

      • Thanks bung Mpu Gondrong, tadi nya ga kepikiran ke biaya pakan..ternyata pakan nya 10 kg/hari per kuda. Tadi mikir nya, klu tukang Delman mampu..masa TNI ga mampu getuh πŸ™‚

    • Setuju bung cucu. Saya aja baru tau kalau kita punya pasukan berkuda. Mungkin diluaran sana masih banyak yang awam seperti saya. Pasukan berkuda ini jarang banget dipublikasikan

      • Bukan hanya kavaleri yang piara kuda bung tuh yon angrat juga piara kuda beban kandangnya di cibangkong bandung dekat pusenkav klo yg ini punya bek ang fungsinya buat angkutan log baik kompi kuda beban ini sm denkavkud sdh pernah muncul ditayangan target dan strategi klo gk salah dl tayang di indosiar
        Maturnuwun sr maneh

  20. TNI Josssss
    NKRI JAYA..

  21. trima kasih pak moeldoko trima kasih pak sby
    SAYA SEBAGAI RAKYAT BIASA SANGAT BANGGA DENGAN ANDA SEBAGAI PEMIMPIN DAN PELINDUNG BANGSA DAN NEGARA

    jayalah TNI
    dirgahayu TNI ke 69
    PATRIOT SEJATI, PROFESIONAL DAN DI CINTAI RAKYAT

  22. Ada pernyataan yang menarik bahwa tgl 8 oktober akan di gelar ” alutsista yang belum diketahui oleh masyarakat ” maksudnya alutsista ghoib kah ???

  23. Coba waktu bapa gw dulu jd kepala lapan, umur gw udah besar, pasti saya udah bocor2rin produk rahasia lapan ke jkgr….hihi

  24. Nyimak

  25. pic no 11 itu apaan ya??

    • Saya nyoba nebak ya @bung termos
      Klo di analisa lebih detail gambarnya.personil yg ada di dalem itu pake seragam khas tni-au,berwarna biru langit…trus ada sebuah alat yg mirip seperti microfon…kayanya ini atc(air trafic control) mobile…tp saya cm nebak aja ya

      • kalau atc mobile sprti bung Ncank bilang kmgkinan ya jga, tp radarnya dmnanya itu bung.. kn atc harus ada radarnya jga kn??

        • Mungkin radarnya mobile juga bung,jd kemungkinan di integrasikan…jd pada saat pergelarannya nanti ada beberapa kendaraan pendukung kemungkinan jg di back up sama skyshield sebagai pertahanannya.radar mobile jg kan banyak modelnya.bener gk bung perkiraan saya.cm analisa saya aja bung…mungkin bung termos pny analisa lain

  26. sm sprti anda bung @Termos B,. Ane jg penasaran pic no.11 tu apaan ?

  27. Mantap banget sayang gak boleh cuti buat nonton ke Surabaya
    Wah2 Selain RI-1 Ada juga Brunei-1, Serta Timor Leste-1 wah mau bikin poros baru kah di kawasan ASEAN kah Ato memang sudah terbentuk Aliansi antar 3 negara ini

  28. DIRGAHAYU HUT TNI KU YG KE 69… semoga TNI ku makin JOSSS

  29. Si mbah amx 13 ikutan parade juga
    Engkong f-5 juga ikutan
    Klo eyang btr 50 ikutan jg gk ya
    Si mbah abis di retrofit kliatan sangar lg!!!

  30. BJ Habibie dan Bp Jokowi jadi tamu istimewa HUT TNI di ARMATIM, semoga dengan melihat parade TANK LEOPARD teory amblesiyah akan gugur dengan sendirinya.. AMIN

  31. harapan ane cuma 1

    ada yang upload full videonya kualitas HD di youtube dan ane akan mengucapkan berjuta terimakasih

    #org jauh

    • Bung Kunyuk ,
      Ane coba nanti tanggal 8 pas bisa ambil video.

      Bung Ryan Zae , Ane insya Allah bisa ijin cuti ,1/2 hari
      sempatkan dari kodam ke dermaga ujung en ambil foto .

      Insya allah bila ane sempat foto & video , akan upload disini .

      sementara sesepuh warjag , lagi sibuk dewe-dewe ,mulai bung PR same Bung sarkem , Satrio ..
      maklum ini perhelatan besar 3 Matra , bukan lagi 1 Matra ……

      Semoga TNI makin jaya selalu dan dicintai masyarakat ( Juga forum JKGR tentunya )

  32. ajib

  33. r-han nya unyu2 ya
    sante nanti tinggal diperbanyak lobang2nya 32 roket siap meluncur
    hehe

  34. jadi bangga dan terharu..
    tapi kita pernah ga memikirkan apa yang sudah didapat para TNI kita dengan tunjangan yg seadanya….semoga pemegang kebijakan lebih memperhatikan mereka. … TNI ku sayang TNI ku malang…..
    TNI KUAT BERSAMA RAKYAT

  35. TVRI biasany nyiarin lngsung acara kek beginian deh

  36. baru MEF 1 aja otot TNI udah kaya gini,,semoga saja dipemerintahan selanjutnya MEF 2 dan MEF 3 dapat dilanjutkan biar tambah gagah dan menggetarkan..dirgahayu TNI yang ke 69,bersama rakyat TNI kuat,,jayalah TNI.

    • Bener bung. Baru minimum tahap 1 saja udah gini. Kalau sudah sampe tahap 3 harus terus maju menuju ke maksimum biar yang baru lulus AAU yang pangkat masih letda dan lettu bisa nyupir f16 atau sukhoi, ga kayak skrg yang harus perwira menengah. Nyupir Kitiran cukup saat pendidikan aja. Si Maverick di film Top Gun aja pangkatnya masih lettu bisa nyupir f14 tomcat. Go to maximum!

  37. mantap sip deh

  38. bung jalo@”..melihat sekilas alusista tni tiga matra,bisa dibilang lebih dari cukup mumpuni bila hanya menghadapi per individu negara22 dikawasan asean.tapi masih perlu peningkatan alusista yang lebih modern bila ingin bicara diluar kawasan & disegani negara22 maju.slama ini indonesia slalu mendapat alusista nomer empat tao tiga dari segi kemampuan bila membeli dari negara lain..dan karenalah itulah terkadang negara tetangga berani memandang rendah tni,dan mungkin akan terus begitu bila negara kita ta melakukan langkah22 kongkrit.kini saatnya semua industri bidang pertahanan ditanah air difungsikan semaksimal mungkin.agar kedepannya lahir alusista22 ghoib yang mampu membuat negeri ini seperti sarang ‘NAGA HITAM’..apalagi kedepannya nanti sudah ditunggu ‘NAGA MERAH’ dibatas NATUNA
    BY:cuma ungkapan

  39. banjiiirrr……

  40. ayooo rame rame naik leo. apa kpal usman harun.

  41. Terbaik dalam sejarah , dirgahayu TNI

  42. Nagih ongkos parkir kilo πŸ˜€

  43. Itu C-802

  44. Info dari teman yang bertugas di Armabar, yang ingin menyaksikan lewat tv. Semoga bermanfaat.

    Berikut disampaikan Acara HUT TNI :
    ?Tgl 4 okt, pkl 16.00, KUIS VERSUS DIKOMPAS T?Tgl 4 okt , pkl 19.00, PIDATO PANGLIMA TNI DITVRI.
    ?TGL 4 OKT MENYAKSIKAN KELUARGA SOMAD EPISODE MASUK TENTARA TANPA DIPUNGUT BIAYA PKL 07.30.
    ?PENAYANGAN PENGABDIAN TNI DIPERBATASAN, PROGRAM LENTERA INDONESIA EPISODE PAPUA DGN JUDUL KETIKA PENA JADI SENJATA TGL 4 OKT PKL 15.30
    ?TGL 5 OKT 2014 PKL 19.00, SARAH SECHAN DINET TV.
    ?Tgl 5 okt PKL 19.30,MARIO TEGUH GOLDEN WAYS DIMETRO TV.
    ?EPISODE ATAMBUA NTT JUDUL SEMANGATKU MERAH PUTIH TGL 5 OKT
    ?CHEFS TABLE SPESIAL HUT TNI 5 OKT PKL 15.30
    ?REALITY SHOW LINTAS IMAJI 5 OCT PKL 23.30.
    ?EPISODE ATAMBUA NTT JUDUL SEMANGATKU MERAH PUTIH TGL 5 OKT
    ?TGL 6 OKT, pkl 18.00 KUIS BERPACU DALAM MELODI DINET TV.
    ?Tgl 6 okt, pkl 20.00 ,satu jam bersama PANG TNI di RAJAWALI TV.
    ?Tgl 6 okt pkl 22.00, BUKAN EMPAT MATA DITRANS 7.
    ?Tgl 7 okt,pkl 09.00, PARADE DAN DEFILE UPC.HUT TNI DISELURUH STASIUN TV.
    ?Tgl 7 okt, pkl 18.00, KUIS SUPERDEAL 2 MILYAR DI ANTV.
    ?Tgl 7 okt, pkl 21.00, KAMERA RIA DITVRI. ?MENYAKSIKAN SIARAN LANGSUNG UPACARA HUT TNI DISURABAYA PKL 08.00 – 11.00 DI TV ONE, SCTV, TVRI, METRO TV.
    Met HUT TNI ke 69, Jayalah Indonesia ku.

  45. Selamat ultah tni makin jaya

  46. Emak gk diundang…

  47. ROSLAN DI MANA?

  48. smoga NKRI jaya slalu… Aamiin,…

  49. @bung ganar

    nyong?weh wong bahari yah…
    salam bahari.

    iya bung kesatuan tsbt yg unik itu kuda,kalau suruh tiarap dia tiarap,
    padahal tuh detasemen sangat membantu lho bila untuk mengejar para separatis yg notebane nya ngumpet dihutan dan pegunungan,dan bisa juga membantu perbekalan,prajvrit terluka dan pembawa pesan.dan istimewanya naluri binatang lebih tajam bila ada bahaya mengancam,kenapa saya request melatih binatang ga gampang.

    mudah2an si sarkem megang detasamen tsbt,biar cinlok skalian hahaha

    maaf cucu lancang

  50. Siap

  51. POPI ingin mendaftar pak panglima,….. pengen naik kapal selam KILo 877 ,..(KRI 412) … πŸ™

  52. Brunei 1 diundang biar semakin yakin TNI adalah pemain besar di kawasan dan sbg sahabat di asean.
    untuk Timor leste agar mereka yakin dan tahu kemampuan TNI dibanding Aussi dlm stabilitas kawasan, secara TiLes calon anggota asean dan didukung penuh oleh kita.serta dititipnya barang2 goib disana juga mencegah peluang Cina membuka pangkalan militer di tiles.

  53. buat sesepuh warjag diharap mendokumentasikan parade dan diupload di akun youtube jakartagreater,minimal ngerekam pake DSLR :mrgreen: jangan dikasih watermark :mrgreen:

  54. mantap

  55. Lebih joss kalau tni punya senjata nuklir

  56. makin bangga dgn kinerja Pak SBY.. yg dpt menjadikan TNI amat lebih berOTOT dgn hanya 2 periode..Dirgahayu TNI ku & Trima kasih pak SBY..

  57. itu Yakhont nya ada sayapnya..? perasaan yg dipasang di KRI polos ya…? mirip Brahmos..? jangan2 itu yakhont versi untuk perspur ya.. hehe

 Leave a Reply