Sep 132016
 

TNI Angkatan Laut mulai melakukan manuver lapangan dalam latihan puncak Armada Jaya 2016 pada hari Selasa (13/9) ini. TNI Angkatan Laut akan menampilkan sejumlah persenjataan strategis dalam latihan tersebut, termasuk RM70 Vampir Korps Marinir.

Puncak pertempuran laut Armada Jaya 2016 akan berlangsung pada hari Rabu (14/9) besok. Dalam latihan ini, KRI Kujang dan KRI Clurit akan melontarkan rudal C-705, sedangkan KRI Layang akan meluncurkan rudal C-802. Sementara, KRI Ajak akan menggempur sasaran dengan torpedo SUT. Sasarannya adalah kapal eks KRI Karimata-960 yang sudah dipensiunkan.

KRI Karimata-960. (angkasa.co.id)

KRI Karimata-960. (angkasa.co.id)


Skenario lainnya dalam pertempuran laut adalah adanya gangguan kapal selam musuh. Oleh karena itu, KRI kelas Parchim akan mendemonstrasikan peluncuran roket RBU-6000 dan penembakkan meriam kapal. Puncaknya, pada hari Kamis pagi, akan dilakukan serbuan amfibi oleh tim pendarat Marinir di Pantai Banongan, Jawa Timur.

Dua unit kendaraan tempur Roket multi laras RM 70 Grad milik Korps Marinir TNI Angkatan Laut melakukan persiapan material tempur yang akan dilibatkan dalam latihan Armada Jaya XXXIV/2016 di Dermaga Madura Ujung Koarmatim, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (8/9/2016). (Antara/M Risyal Hidayat)

Dua unit kendaraan tempur Roket multi laras RM 70 Grad milik Korps Marinir TNI Angkatan Laut melakukan persiapan material tempur yang akan dilibatkan dalam latihan Armada Jaya XXXIV/2016 di Dermaga Madura Ujung Koarmatim, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (8/9/2016). (Antara/M Risyal Hidayat)


Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan hadir menyaksikan puncak latihan Armada Jaya 2016 pada tanggal 15 September di Karang Tekok, Jawa Timur.

Latihan Armada Jaya merupakan tradisi besar di lingkungan TNI Angkatan Laut. Latihan ini melibatkan sekitar 7.556 pasukan dengan dukungan sejumlah armada, yaitu 40 KRI, delapan pesawat udara, 69 kendaraan tempur, dan 78 kendaraan taktis milik Korps Marinir.

Sumber: angkasa.co.id dan jawapos.com

Bagikan:

  33 Responses to “Jelang Puncak Latihan Armada Jaya 2016”

  1.  

    merdeka

    •  

      Ha suharto bpk alutsista !!!!??????
      Mabook kecubung loe ???
      Di pelajaran sd saja ga dijelaskan suharto bpk alutsista
      Bpk SBY carin… SBY atau Bpk Sukarno
      Kan sudah di jelaskan bung Diego
      Ah ketaua seneng bolos waktu sekolah ni cariin …xixixi
      😀

      •  

        Ha ha… logikanya masuk akal bung carin..

      •  

        Saya selalu tertarik dg setiap artikel mengenai TNI & Rakyat, tp sy juga tertarik dg komentar2 dibawahnya, terutama oleh bbrp warjaker yg mnrt saya sngt mahir memberikan analisanya.

        Jadi berikanlah komentar2 yg bisa membangun rasa nasionalisme, mempererat rasa persatuan, mendorong penguatan TNI & bukan malah sebaliknya yg memancing komentar berikutnya yg pd akhirnya saling menyalahkan.

        NKRI selamanya

  2.  

    Boleh ikut nonton tidak ya,dipantai banongan

  3.  

    latihan Armada Jaya 2016 semoga berjalan dengan lancar.

  4.  

    Selamat tinggal KRI Karimata-960, RIP

  5.  

    yg di Deket wilayah latihan,siap2 melotot… siapa tahu ada yg nyempil…. hihihi… terutama kasel nya n rudal

  6.  

    ada pesta kembang api. horee..

  7.  

    Kenapa latihannya ga di ZEE Natuna..waktunya jg dipasin sama latihan China-Rusia..

  8.  

    Nunggu vidio penembakan rudal..
    Biasanya di explode ke inet..

  9.  

    Liat2 barangkali ada yg ngumpet nongol.xixi..

  10.  

    Pasti seru ni,jd penasaran hasil latihan ini sprt apa hasilnya he..he..he…

  11.  

    mantap

  12.  

    Klo bbrp taon kmrn ada perdebatan seruu.. ada kubu pendukung latian militer, ada jg kubu yg pingin latian jgn sering sering dan anggaran bwt latian mending bwt beli beras..

  13.  

    INDONESIA DARURAT KAPAL PERANG iver huitfeldt-class frigate !!

  14.  

    gak harus beli – beli dan beli bung !

    bisa juga dapet warisan eyang (Harto -spt KRI Imam Bonjol), terus dipake membully orang lain, senggol ZEE gue bacok !

  15.  

    info dr sebelah sih, pas penembakan rudal bakal di hadiri RI 1 n live

  16.  

    Akhirnya di embargo US dan the gank
    Akhirnya beralih blok timur …
    Dengan kebijakan bpk SBY di canangkan hingga TNI bangkit

  17.  

    absen aja selamat berlatih 🙂

    salam damai selalu:)

  18.  

    pernah bung, beberapa tahun yal…..lagi latihan, malah jadi sasar ks yg ikutan di bawahnya…….

  19.  

    doktrin latihan dari tahun ke tahun tetep aja.ada musuh masuk ke wilayah kita,baru kita serang.sekale kale kita nyerbu ke negeri laen / intervensi dg penembakan berbagai rudal dari tni al-au.itu baru gahar indonesia.

  20.  

    akhirnya ploduk cina menguciwakan

  21.  

    pengadaan alutsista jaman itu kan banyak kepentingan rin… pengadanaan belum transparan atawa G to G seperti sekarang. Banyak kepentingan mafia alutsista bermain sudah jd rahasia umum, siapa yg berani teriak?

    Ga usah dipaksakan beri gelar bapak alutsista lah kalo realisasi alutsista yang berkualitas ga jelas, masih tertinggal dr jiran di asia tenggara.

    terlalu cetek ukuranmu kalo sekedar presentase kuantitas.

  22.  

    Mas admin ane request video latihan nya y…

  23.  

    Jalesveva jayamahe

  24.  

    Untung ttp meluncur biar delay 5mnt.
    Untung tdk meledak di dalam tabung.
    Untung meluncur ke sasaran. Tdk berubah arah nyasar yg lain.
    Untung masih tahap uji coba (biar harganya se biji 20M)
    Untung gk pas perang beneran, kalau enggak delay 5mnt yaa Wassalam…
    # Ahh… terlalu banyak ‘Untung’ yg di dpt hari ini.

  25.  

    ya elah rudal dan torpedonnya gagal dalam ujicoba huhu ngennes

  26.  

    tidak masalah latihan besar-besaran karena saat negara demokrasi terancam, tentara lah yang mudah untuk dikerahkan … kalau sipil penbois … hmmm

    nah kalau biaya pemilu kepala daerah besar-besaran itu yang masalah …

    karena kepala daerah Indonesia jumlahnya buaaanyaaak banget …

    mending buat borong alutsista gahar besar-besaran, kalau perlu selama 10 tahun enggak ada pilkada juga enggak masalah asalkan beras + kebutuhan pokok lain ada dan murah …

  27.  

    Gmana kelanjutan cerita peluncuran rudalc-705 bung admin?,diulas dong

  28.  

    Yg di pesan dan akan datang ..
    Mef 2 2015 -2019
    Kontrak 2014 desember dan 2015 pebuary dan juni yg saya tahu
    Radar weibel
    11 aks panther tot pt di
    8 heli serang apache full dan tot
    11 UNIT kaprang tuk gotong aks panther
    Rudal aim 120 amraam
    Ini yg saya tahu dan byk lagi yg di akan di pesan dan sudah di pesan masuk dlm renstra mef 2015-2019

 Leave a Reply