Jenderal Andika Jadi Panglima TNI, Jenderal Dudung Jadi KSAD

jenderal andika perkasa dilantik menjadi panglima tni

JakartaGreater – KSAD Jenderal Andika Perkasa dilantik Presiden RI Joko Widodo, pada Rabu, 17 November 2021, di Istana Negara, Jakarta, sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun.

Pelantikan Jenderal TNI Andika Perkasa dilakukan atas Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 106/TNI/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia yang ditetapkan di Jakarta tanggal 17 November 2021.

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa melakukan sumpah jabatan yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, menirukan ucapan Sumpah Jabatan yang dibacakan Presiden Joko Widodo.

Sebelum pelantikan ini, Jenderal TNI Andika Perkasa telah disetujui oleh DPR RI, melalui Rapat Paripurna, Senin, 8/11/2021. Keputusan DPR RI itu menyetujui Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

Jenderal Andika Perkasa menyatakan akan melanjutkan program pendahulunya Marsekal Hadi Tjahjanto.

“Program kerja kita akan melanjutkan secara umum, karena memang kita kan sudah dibatasi ruang. Ruang di mana tugas-tugas kita itu sudah juga dicantumkan dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004,’ ujar Andika, dikutip laman Setkab.go.id, 17/11/2021.

Jenderal Andika menegaskan akan melaksanakan tugas sebagai Panglima TNI dengan sebaik-baiknya serta melakukan evaluasi dan perbaikan.

“Jadi saya akan terus, tetapi memang detailnya saja dari tiap-tiap tugas itu yang perlu mungkin sedikit perlu evaluasi dan perbaikan sana-sini,” ujarnya.

Jenderal Andika merasa terhormat mendapatkan kepercayaan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan dukungan dari DPR RI untuk menjabat sebagai Panglima TNI.

Jenderal Dudung Abdurachman Jadi KSAD

Jenderal dudung dilantik menjadi ksad

Presiden Joko Widodo melantik Letjen Dudung Abdurachman menjadi KSAD dan naik pangkat menjadi jenderal. (@Setkab RI)

Presiden Joko Widodo juga melantik Letjen Dudung Abdurachman menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) dan naik pangkat menjadi jenderal bintang empat berdasarkan Keputusan Presiden No 108/TNI/Tahun 2021 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

Jenderal Dudung Abdurachman yang dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo berpesan agar TNI AD membantu pemerintah di dalam melaksanakan programnya.

“Kami TNI Angkatan Darat, siap membantu pemerintah demi kesejahteraan masyarakat dan seluruh rakyat Indonesia,” ujar Jenderal Dudung.

Selain itu, menurutnya Presiden juga menekankan mengenai peningkatan kesejahteraan prajurit TNI dan menegaskan akan mengimplementasikan visi dan misi dari Panglima TNI.

“Saya tentunya akan mengimplementasikan visi dan misi Panglima Tentara Nasional Indonesia yang sudah disampaikan pada saat fit and proper test di DPR RI,” ujar Jenderal Dudung.

Jenderal Dudung juga berkomitmen untuk melanjutkan program yang sudah dirintis oleh pendahulunya Jenderal TNI Andika Perkasa.

“Saya mengapresiasi apa yang sudah dicapai oleh Jenderal TNI Andika Perkasa pada saat Kepala Staf TNI Angkatan Darat. Kami akan melanjutkan apa yang sudah dirintis,” ujarnya.

KSAD menegaskan akan meminta jajarannya untuk memedomani Delapan Wajib TNI. “Khususnya yang kedelapan, menjadi contoh dan mempelopori segala usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya. TNI Angkatan Darat harus hadir di manapun adanya kesulitan yang diderita oleh masyarakat,” ungkapnya.

*Foto cover: Presiden Joko Widodo melantik Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI, 17/11/2021.(@Setkab RI)

 

Leave a Reply