JakartaGreater.com - Forum Militer
Oct 022016
 

Beijing –  Jenderal militer China, Mayjen Jin Yinan mengecam Singapura yang mendukung Filipina terkait sengketa di Laut China Selatan (LCS). Mayjen Jin Yinan mengatakan Beijing harus menjatuhkan sanksi kepada Singapura sebagai bentuk ketidakpuasan.

Mayjen Jin Yinan mengatakan Singapura telah membangun ketegangan di Asia Tenggara dan merusak kepentingan nasional China. Menurut Jin, dengan mengangkat isu sengketa teritorial, Singapura sengaja memicu kebuntuan antara China dan Amerika Serikat di wilayah ini.

“Kami memahami Singapura harus bertahan hidup di antara negara-negara besar. Tapi sekarang Singapura tidak mencari keseimbangan antara negara-negara besar itu, tetapi bermain untuk membuat negara-negara besar berlawanan satu sama lain. Ini sama saja dengan bermain api,” kata Mayjen Jin dikutip dari Sputniknews, Minggu (2/10/2016).

Mayjen Jin melanjutkan, Singapura telah mendorong isu Laut Cina Selatan untuk waktu yang cukup lama. Tahun lalu, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menghabiskan satu jam di KTT Keamanan Asia untuk menyampaikan pidato menekankan masalah. “Ada begitu banyak topik tentang keamanan Asia, termasuk pengembangan yang tidak seimbang, polusi, lingkungan, iklim, terorisme, masalah ras. Tapi semua masalah itu diabaikan dan fokus hanya pada sengketa Laut Cina Selatan China,” ujar Mayjen Jin.

Mayjen Jin lantas menekankan bahwa langkah terbaru Singapura mengenai isu-isu sengketa harus disikapi serius oleh Beijing dan Singapura harus “membayar harga” yang serius karena merusak kepentingan China.

“Sejak Singapura melangkah sejauh ini, kita harus melakukan sesuatu, baik itu pembalasan atau sanksi. Kita harus mengungkapkan ketidakpuasan kami. Itu tak terelakkan bagi China untuk menyerang kembali Singapura, dan bukan hanya di depan opini publik,” ujarnya..

Pernyataan ini muncul setelah utusan Singapura murka karena Venezuela, sebagai tuan rumah Gerakan Non Blok (GNB), menolak memasukkan isu Laut China Selatan seperti dilaporan media China Global Times. Namun, laporan tersebut dibantah Duta Besar Singapura Stanley Loh.

 

Sumber : Sindonews.com

Bagikan :

  66 Responses to “Jenderal China : Singapura Bermain dengan Api”

  1.  

    Check

    •  

      Tunggu aja nanti bakalan kenak api singaporno..
      Mari bikin bangkrut singaporno jangan kasik investasi diindonesia

    •  

      Ini baru negara besar, mampu menekan negara “kecil” semacam Singapura

      Kita mah belum levelnya kesana, FIRR diambil saja sampai sekarang bengong doang

      Negara sebesar kota… menguasai negara sebesar gabungan Malaysia+Thailand+Brunei+Vietnam

  2.  

    cek ikut

  3.  

    Masih lebih besar pulaunya liaoning daripada negara singaporn

  4.  

    sanksi china terhadap singaporn yaitu mengirim jet tempur sukhoi china utk mengambil alih FIR

    •  

      Jauh banget bro?
      Jika China ekspansi ke Singapura hanya untuk persoalan FIR.
      Memangnya angkatan udara China terbangnya di wilayah Singapura?
      Mengenai FIR setahu saya baru Indonesia yang ingin mengambil alih hak kelola di wilayah antara Indonesia dengan Singapura dan Malaysia.
      Semua ini di karenakan baik pedawat komersil, pesawat pribadi ataupun pesawat militer Indonesia terbang di wilayah Indonesia di atur bahkan harus memohon izin kepada Singapura yang memegang lisensi FIR tersebut.
      Intinya tidak ada persoalan dengan siapa yang mengelola FIR asalkan tidak ada pesawat luar yang masuk ke udara kita dan pesawat kita tidak di atur oleh Singapura.
      Lalu dengan China apa yang mereka permasalahkan?
      Mohon pencerahannya.

  5.  

    Cock..negara yg hidup kaya Benalu..red dot..skrng lg kebakaran jenggot gara2 Indonesia mau narikin uang2 warga Indonesia yg ada di Bank dan Pasar modal disana..melalui program Tax Amensti..bahkan skrng di ikuti oleh Malon dng program sejenis Tax Amnesti jg..

  6.  

    Negara kecil yg hidup dr negara besar?

  7.  

    Setelah mamarika kecoa, ehh kecewa dengan sikap Filipina, mamarika membeckup Singapura untuk face to face secara diplomatis dengan China.
    Mamarika paham, jika Singapura bersinggungan langsung dengan China, negara aliansi Singapura akan ikut serta membantunya + negara ASEAN melalui diplomatiknya…

  8.  

    perang sanksi aja dah cukup..

  9.  

    Semoga doa kami terkabul ya Rabb, agar wilayah singapura, malaysia, dan Brunei kembali kepada Indonesia…Dengarlah Doa Kami… Aaammmiiinn

  10.  

    Kecil kecil cabe rawit, bisa bisa sitambun pada mati kelaparan,

  11.  

    Semoga doa kami terkabul ya Rabb, agar wilayah singapura, malaysia, dan Brunei kembali kepada Indonesia…Dengarlah Doa Kami… Aaammmiiinn

  12.  

    Paling nnt dubes china ngelobby istana sambil bawa data dan barang bukti jaringan kaki tangan singaporn d Indonesia. Krn china tau Indonesia sama singaporn lg perang urat saraf mengenai Program Tax Amnesty

    •  

      Kira-kira China bawa data dan buktinya juga apa tidak ya dengan waraga negara Indonesia yang berinvestadi di China.
      Btw setahu saya program TAX AMNESTY berlaku untuk semua warga negara Indonesia yang ingin di ringankan / diampuni pajaknya yang menaruh sebagian harta kekayaannya di luar negri, dan Singapura termasuk diantaranya.

  13.  

    Susahnya jadi negara kecil, ngomong salah ngak ngomong salah

  14.  

    Dua duanya negara brengsek!!!

  15.  

    ssttss donlego? nanti di curigai salah satu proxy. war hehe

  16.  

    itu sekedar pancingan supaya ada alasan cina menggeser arsenalnya ke lcs dan Amerika menggeser Arsenal ke si upil dg dalih melindungi si upil…tapi apa tujuan sebenarnya kedua nya ?

  17.  

    waspadalah Indonesia… Waspadalah… segala kemungkinan bisa terjadi..

  18.  

    LCS itu perairan hak internasional (jalur perdagangan), bukannya hak milik China. Tp hak semua negara. China nya justru yg bermasalah dg Hukum Internasional (UNCLOS/PBB & Keputusan Arbitrase Int). Singapura adl negara niaga, pasti berkepentingan dg hak kebebasan navigasi di LCS. Salahnya dimana ?

  19.  

    terusan Kra gak dilanjut??? berani gak panda ma si upil, yg 1 punya uang yg 1 jaringan,,,

  20.  

    Semakin kelihatan nih pancingan dari cina supaya banyak negara di LCS ramai-ramai beli senjata…Bagooes Mr BayJing

  21.  

    Ayooo…hajar sipanda bengal rakyat indonesia mendukungmu,kalau kamu sudah hancur lebur baru negaramu kamu kasih ke indonesia.

  22.  

    Singaporno mau maen petak umpet dg leluhurnya…. hehehe

  23.  

    rata2 yg di ats komen gak pakai logika ya

  24.  

    Kalian pinter2 ya, sayang gak jadi apa2.. cuman jadi pencemooh

  25.  

    Hanya basa yg bikin basi alias basa basi..

  26.  

    harusnya singapura nyontoh kita…yg jadi kaki tangan cina

  27.  

    Singapore merasa aman2 aja, krn mrk yakin jika dierang china, pst indonesia akan bantu mrk, krn wilayah kita ama singpore kan ga jauh2 amat…

  28.  

    sebenarnya begini china bersitegang dgn singpura hanya mencari alasan untuk masuk perairan natuna ..

  29.  

    Salut banget sama cina kalo berani menganeksasi singaporno, ……….. Cina VS cinasingporn !!

  30.  

    Yg jelas. Singapura masih jadi spionasenya Cina utk menyedot teknologi Amerika.

  31.  

    Hajar wes…!
    Sikat habis aj sak mbah n yang2x

  32.  

    Satu2 negara di asia tenggara yang dukung invasi cinak atas LCS adalah TAILand bung..

    Venezuela masuk blok timur, jadi wajar di agenda acara nonblok venezuela gak masukan masalah LCS ke acara mereka…padahal ngakunya non blok.

    •  

      Thailand itu sudah dari dulu dikuasai Cina, lihat saja demografi nya, 14% populasi Thailand adalah orng Cina dan 40% dari populasi Thailand memiliki darah campuran cina. Thaksin dan Yingluck Sinawatra adalah kakak beradik keturunan Cina yg menjadi perdana menteri Thailand dan kedua2 nya dilengserkan melalui Kudeta Militer Thailand.

  33.  

    sikap tegas Singapura terhadap cina patut diapresiasi jangan campur adukkan dengan masalah lain dulu kembalikan ke konteks satu persatu untuk masalah LCS, Singapura mendukung keputusan Mahkamah Internasional yang memenangkan FIlipina memang tidak masuk akal pernyataan cina bahwa LCS milik mereka hanya karena moyangnya pernah lewat dan mancing disana, nenek moyang kitapun dijamin pernah berkeliaran dan mancing di LCS begitu juga bangsa2 lain utamanya bangsa2 di Asia Tenggara terlalu serakah cina, sejarah mereka pun kelam penuh pelanggaran HAM, sampai sekarangpun mereka tidak bisa mengendalikan rakyatnya yang doyan beranak pinak makanya mereka mau expansi kemanapun, kita Indonesia mendukung Filipina tetangga kita tidak ya atau pura2 tidak tahu karena takut dengan kerjasama ekonomi dengan cina yang sangat menguntungkan cina…… andaikata cina santun tidak arogan mau menang sendiri, bekerjasama dengan negara2 di asia tenggara pasti kawasan akan lebih damai

  34.  

    Singapura adalah musuh utama Indonesia, China juga sudah marah sama Singapura. Kalo begitu kita pake aja ilmu perang China kuno yg dibuat oleh Tsun Zhu: Musuh dari musuh adalah teman. Kita rangkul China untuk menghancurkan Singapura lewat investasi dan ekonomi. Semua kapal dagang dan kapal tangker gak usah parkir di Singapura lagi. Ajak pemerintah China ikutan buat Tax Amnesty dan merepatrisasi simpanan uang warga mereka dari Singapura. Nanti lagu kebangsaan Singapura bukanlah: Majulah Singapura tapi Hancurlah Singapura.

  35.  

    saatnya pemerintah mereformasi sitem dan dirjen perpajakan, sehingga rakyat tetap percaya klo uang pajaknya tdk hilang dimakan tikus,

  36.  

    Cuma butuhkan orang sipil buat mimpin Negara ini, militer tetaplah jd jendral/menhan

  37.  

    habisi saja siupil

  38.  

    chok….

  39.  

    Nah lo….
    Singapok bakal di tempeleng bapaknya dah…

  40.  

    Min, izin repost yaa..

  41.  

    Jelas lah Venezuela tdk memasukan isu LCS. Dikarenakan Venezuela sudah tdk mendapatkan dana dari China utk mengatasi krisis ekonomi nya

  42.  

    singapore lagi mencari patner tentang lcs? heheeheehhee,sedangkan bagi china mending singapore netral dan tidak ikut campur.

    kalo tentang politik sepertinya amrik lebih condong dalam geopolitik pertahanan dan keamanan dengan singapore, kalo dibanding dengan china(kalo ekom mungkin)

    singapore sudah menjadi basis keuangan geo transnational lintas negara(eropa,japan dan negara2 maju menjadi singapore adalah pusat diasteng)sedangkan bisnis paling menguntungkan ada jasa dan pariwisata segala jenis,kalo dibilang bermain api saya rasa tidak,mungkin bagi china politik ikut mereka atau amrik serikat.

    opini pribadi bila salah maafkan

    salam damai selalu:)

  43.  

    singapur mulai di babat hbis,,,, pion2 amerika mulai berjatuhan
    ingat sukhoi dtempatkan di batam untuk apa qlo bkn buat singapor yg sok jaguh dan dia jg mungkin sbg pion proxy usa.

  44.  

    Okey deh. Biarkan singapura beli senjata yg banyak. Lagian mereka kekurangan operator. Suatu saat kita rampas senjata mereka, karena kita kelebihan jumlah operator. Seperti sejarah majapahit, yg saat itu cuma memiliki armada 10 kapal perang bekas tentara singosari. Tapi kemudian mendapatkan tambahan 40 kapal perang hasil rampasan dari tentara tartar(bangsa mongol/tiongkok). Cukup untuk misi menyatukan nusantara. Berkat kelihaian raden wijaya dan arya wiraraja.

  45.  

    singapore cerdas…. ada natuna di garis depan sebagai bumpernya….

    jika pasukan PLA datang wara wiri dekat natuna…ngga mungkin indonesia diam

  46.  

    Singapura adalah pangkalan AS sehingga ini hanya sebatas sentiman saja antara China dan Singapura

  47.  

    singapura, hati dan fikirannya inggris-amerika tapi raganya china,

 Leave a Reply