Apr 132019
 

Su-35 seri prototipe pertama (foto : Twitter Kuryer)

JakartaGreater.com – Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dalam pidatonya di Senat AS tentang Anggaran Luar Negeri menegaskan bahwa AS akan memberi sanksi kepada Mesir jika melakukan pembelian persenjatan Rusia, khususnya pesawat tempur Su-35. Media Sputnik meminta pendapat para jenderal Mesir tentang hal itu.

Ketua Komite Pertahanan Parlemen Mesir, Jenderal Kemal Amir mengatakan kepada Sputnik,”Mesir dapat secara independen membuat keputusan pembelian dan menerapkan kebijakan luar negeri berdasarkan kepentingannya sendiri. Mesir memiliki kerja sama strategis dengan AS. Tetapi keputusan Kairo harus bermanfaat bagi Mesir, dan tidak merugikan pihak lain. ”

β€œMesir tidak memiliki batasan untuk membeli senjata Rusia. Kami melakukan kebijakan diversifikasi pembelian senjata. Beberapa dekade yang lalu, Uni Soviet adalah pemasok utama kami. Tentara kita saat ini memiliki banyak senjata Rusia dan tidak ada yang menghalangi kita untuk membelinya. Mesir tidak ada hubungannya dengan perselisihan antara Rusia dan AS. (AS dan Rusia) memiliki hak untuk menjalin hubungan bisnis dengan masing-masing negara, ”kata pakar militer Mesir, Jenderal Jamal Mathlum.

Dia mengatakan bahwa kerja sama strategis antara Mesir dan Rusia telah ada selama beberapa dekade.

AS berjanji untuk menjatuhkan sanksi kepada Mesir atas pembelian pesawat tempur Su-35 Rusia.

Menurut Jenderal Jamal Mathlum, sanksi dari AS tidak mempengaruhinya dan Kairo memiliki hak atas kebijakannya sendiri, yang tidak dapat dibatasi oleh negara lain.

Seorang ahli dari Asosiasi Politisi Militer, Professor dari Departemen Ilmu Politik dan Sosiologi Universitas Ekonomi Plechanov Rusia, Oleg Glazunov percaya bahwa ini hanyalah perang dagang.

“Industri militer Amerika bersaing di pasar Rusia. Senjata Rusia seringkali lebih menarik bagi pelanggan dengan harga dan karakteristiknya. Semua orang tahu itu, jadi AS mendorong pembeli potensial untuk membeli senjata Amerika yang buruk, bukan kepada Rusia. Sanksi tidak pernah berkontribusi pada hal yang baik. Terutama di Timur. Kebijakan Amerika tidak tepat di wilayah ini. Orang Amerika tidak memiliki hak untuk melarang sesuatu kepada para pemimpin timur, mengancam mereka. Mereka mendorong Turki untuk tidak membeli S-400, tetapi masih membeli. Kita perlu berperilaku berbeda di Timur.”

Menurut Glazunov, saat Mesir tetap pada pendiriannya, tidak ada yang dapat dilakukan dan semuanya tergantung pada Presiden Mesir jika dia bisa menolak paksaan, sebagaimana Presiden Turki Erdogan bisa melakukannya.

Menurut Glazunov andai Amerika mengubah kebijakannya dan mau memberikan transfer teknologi, dukungan dan keuangan, tanpa perlu memaksa, maka Turki atau Mesir pasti akan membatalkan pembelian senjata dari Rusia.
Sputnik

 Posted by on April 13, 2019

  23 Responses to “Jenderal Mesir: Pembelian Su-35 Demi Kepentingan Mesir”

  1.  

    Respon yang elok dari jendral mesir itu

  2.  

    Amerika kampungan..masih suka main paksa dasar keonngg

  3.  

    Siapa yg Sekarang ini para Warjager yg Masih Bersimpati dan Membanggakan Sama USA….Sudah Tahu Tabiatnya Begitu…Masih Dibelain Juga…Kalo Para Warjager Tahu…Ditimur Tengah itu…USA menginginkan Hanya ISRAEL saja yg Boleh mempunyai SEnjata Canggih…yg Lainnya Tidak Boleh….SEandainya ada…Itu Berari Ancaman Serius Bagi ISRAEL…Makanya ISRAEL selalu mengemis pada USA…Supaya Negara khususnya Timur Tengah yg Membeli Senjata Canggih dari RUSIA supaya diberi sangsi…Jadi Ditimur Tengah ..Biang masalah adalah ISRAEL

    •  

      Emangnya mau bersimpati ke siapa?? Rusia yg suka nyaplok wilayah orang atau China yg suka ngeklaim wilayah orang nih???

      •  

        Russia nyaplok??? Crimea itu Russia meminta balik…
        China ngeklaim wilayah orang??? Taiwan memang sejatinya masuk wilayah China… seperti halnya Hongkong…

        •  

          Kok cuma crimea aja bro wilayah kecil gitu lho bukannya dulu luas kenapa gak sekalian ukraina dan negara2 sempalan bekas uni sovyet aja? ah masa gak tau yg di claim china yg mana sih, itu LCS gimana? di klaim terus di bikin pangkalan militer padahal dulunya gak ada apa2 cuma pulau kosong lho.. fair aja lah itu fakta lho

          •  

            Anda masak tidak tahu kenapa hanya Crimea??? bung Agato saja paham…
            Crimea itu adalah posisi penting dan strategis karena armada laut Russia berada disitu… kalau dipantai lain jelas adalah pantai yang kurang efektif karena pantai laut yang sering beku…
            Russia di Crimea itu sewa looo sebelumnya, sehingga ketika Ukraina tiba2 berubah haluan jelas membahayakan kepentingan Russia makanya terjadilah krisis di Crimea… dan dari sejarah jelas Crimea dihibahkan oleh Soviet ke Ukraina sehingga akirnya diminta balik…

            Claim China atas LCS dan pulau buatan yang dijadikan pangkalan militer itu jelas untuk mempertahankan garis wilayah China, apalagi dalam perseteruan dengan USA terutama dalam kasus Taiwan… tetapi dari claim yang dilakukan baru sebatas pulau itu kan yang terealisasi… tidak ada yang lain…

      •  

        Okeh. Gue akui loe emang kaya raya, superior, powerful. Jangankan China, seluruh penjuru daratan Siberia Rusia aja takut sama loe. Apalagi gue yg hanya manusia biasa

  4.  

    ini yg sedang berjalan di #”indonesia”#nkri harus mandiri

  5.  

    “Semua orang tahu itu, jadi AS mendorong pembeli potensial untuk membeli senjata Amerika yang buruk”

    Ya semua orang tahu bahwa produk USA itu buruk, kecuali para salesnya di JKGR wkwkwk

  6.  

    Terbukti, tujuan amrik untuk menjaga keunggulan kekuatan israel di kawasan tsb. Su-35 pesawat generasi 4, tetapi dari semua speknya unggul telak dari f-35. Sedang kita tau, f35 israel adalah versi ekspor. Jelas di bawah versi yg amrik punya.
    Di lain sisi israel terpaksa dibatasi gerak terbang jet tempurnya krn Turki memasang S-400. Konon system ini menjadikan jet siluman menjadi usang, dan hilang sifat silumannya.
    Lanjutkan Mesir. Borong Su-35 dan S-400.

    •  

      Semua aspeknya?? Aspek yg mana nih?? Bisa bawa banyak senjata, terbang cepat, manuver cepat itu cuman ada di doktrin pespur generasi keempat aja.

      •  

        Jangan bandingkan dengan F-35 dong bung… kalau F-35 memang mengorbankan kecepatan dan manuver karena pesawat mesin tunggal cenderung jarak jangkaunya pendek… makanya F-35 dibuat mampu memuat bahan bakar lebih banyak untuk mendongkraknya yang berakibat pula pada kecepatan yang lebih lambat dan kemampuan manuver yang lebih rendah… F-22 dan Su-57 menunjukan kalau manuver dan kecepatan serta kemampuan membawa senjata lebih banyak bisa diaplikasikan…
        Kelemahan utama F-35 memang pada mesin tunggalnya sehingga payloadnya jadi terbatas berakibat efek kebanyak hal

    •  

      Turki belum nerima tuh S-400. Kalo ngomong yg bener.

    •  

      Mf numpang lewat. Aku termasuk yg dukung Mesir. Turki.
      Yang aku tangkap dr koment totiwawi, sama spt yg aku pikirkan
      1. Intinya ikut mendukung Mesir dan Turki punya alusista yg ideal bagi penyeimbang zionis. Masalah teknis seberapa hebat SU 35 / S 400 itu merupakan pertimbangan masing2 negara.
      2. S 400 belum dikirim ke Turki. Demikian juga SU 35. Jadi masih berupa kesepakatan. Tapi efeknya sangat menggetarkan amerik4.
      3. Banyak komentator tp gagal paham apa yg di komentari.

  7.  

    Halah, dikasih dana hibah lebih dari USD 1 billions ama Pentagon aja sok gaya lu Sir,Mesir. Itu juga dibantu ama Arab Saudi buat beli Mistral ama Rafale. Kok mau gaya banget nih Jenderal. Mau hilang di Laut Merah tuh Jenderal.

  8.  

    Sdh menjadi tabiat si***.
    Tinggal Mesirnya aja, kl dia berani bersikap seperti Turki, mk lambat laun ancamannya itu jadi uap.