Aug 112014
 

Jenderal Moeldoko tampak menunjukkan proses latihan kepada sejumlah wartawan. Jumat (18/7/14) (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Liputan6.com, Jakarta – Panglima TNI Jenderal Moeldoko didampingi para Kepala Staf Angkatan bersama sejumlah perwira tinggi (Pati) Mabes TNI, angkatan mendeklarasikan dan menandatangani piagam ‘Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi di Lingkungan TNI’.

Penandatanganan piagam itu disaksikan langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad, Ketua Ombudsman RI Danang Garindrawardana.

“Pada hari ini, Senin 11 Agustus 2014 saya Jenderal Moeldoko selaku Panglima TNI mencanangkan pembangunan zona integritas menuju bebas dari korupsi di lingkungan TNI,” ujar Moeldoko pada acara pencanangan di Aula Gatot Subroto, Jakarta, Senin (11/8/2014).

Penandatanganan ini dilakukan untuk mempercepat pemberantasan korupsi sesuai Inpres nomor 5 tahun 2004. Selain itu, TNI ingin memberikan pemahaman dalam membangun zona bebas integritas untuk mewujudkan WBK (wajib bebas korupsi).

Sedangkan secara khusus penandatanganan dokumen pakta integritas, yakni untuk pemenuhan kewajiban Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), pemenuhan akuntabilitas kerja dan pemenuhan kewajiban pelaporan keuangan.

Kemudian, penerapan disiplin TNI/PNS, penerapan kode etik khusus, penerapan kebijakan pelayanan publik, penerapan whistleblower system tindak pidana korupsi, rektuitmen secara terbuka, promosi jabatan dan mengukur kinerja individu sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta keterbukaan informasi publik.

Laporan keuangan TNI telah dinilai secara periodik oleh BPK RI TA 2012 mendapat predikat wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelas (WTP DPP). Sejalan dengan upaya perbaikan yang telah dilakukan TNI, pada tahun 2013 TNI mendapat predikat WTP.

Salah satu indikator penilaian bidang pengawasan sesuai dengan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 14 tahun 2014 tentang pedoman evaluasi reformasi birokrasi instansi pemerintah tentang pembangunan zona integritas. Pelaksanaan penilaian secara internal oleh TNI dan eksternal oleh Kementerian PAN dan RB.

“Untuk itu saya perinahkan seluruh unsur pimpinan untuk memaknai pencanangan ini menjadi titik tekan pembinaan baik di lingkup satuan tugas operasi maupun pendidikan. Unsur inspektorat untuk meningkatkan pengawasan internal dalam pengawasan pelaksanakan kegiatan,” tegasnya. (news.liputan6.com)

 

==============================================================================================

Moeldoko: Tak Semua Pengadaan Senjata Bisa Terbuka

 

Menhan Purnomo Yusgiantoro (kiri) didampingi Panglima TNI Jenderal Moeldoko (kanan)

Menhan Purnomo Yusgiantoro (kiri) didampingi Panglima TNI Jenderal Moeldoko (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Moeldoko melakukan deklarasi Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi di Lingkungan TNI di Mabes TNI, Senin (11/8).

Hadir pula dalam acara tersebut, Ketua KPK Abraham Samad, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar, dan Ketua Ombudsman Danang Girindrawardana

Moeldoko menerangkan, pakta integritas tersebut mula-mula akan direalisasikan melalui sejumlah program. Program-program tersebut menurut dia, di antartanya adalah e-procurement di bidang pengadaan barang dan jasa, e-recruitment dalam pemenuhan SDM, pembentukan unit Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), serta intensifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LKHPN).

Meski begitu, Moeldoko memberi pemahaman bahwa TNI berbeda dengan lembaga negara lain. Dia mencontohkan, tidak semua pengadaan barang bisa terbuka, terutama dalam hal pengadaan persenjataan. “Itu memiliki nilai rahasia, kalau diobral ke market bisa repot,” ujar Moeldoko.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Marsetio, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Ida Bagus Putu Dunia, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Letjen M Munir, serta para unsur pimpinan TNI dari berbagai satuan. (www.republika.co.id)

 

 

 Posted by on August 11, 2014

  87 Responses to “Jenderal Moeldoko Canangkan Zona Bebas Korupsi di Lingkungan TNI”

  1. …….”tidak semua pengadaan barang bisa terbuka, terutama dalam hal pengadaan persenjataan. “Itu memiliki nilai rahasia, kalau diobral ke market bisa repot,” ujar Moeldoko.”

    • Hehehe..! Maksudnya apa sih Bung..? Membaca pernyataan itu, saya tiba-tiba seperti gak ngerti bahasa Indonesia..! Yang ingat cuma bahasa isyarat..! Thanks bung Gue untuk kiriman artikelnya. Gurih, panas dan pedas..! Ayam penyet…

      • ditambah roti cane ayam plus teh tarik biar anget bung @yayan KL di guyur hujan ka

      • @ bung yayan, apakah andaikan punya s-300/400 dan pantsir termasuk dirahasiakan? salam kenal dan damai sejahtera.

      • Bung Yayan, statement Pak Moeldoko bahwa tidak semua pengadaan bisa diungkap ke publik, semakin menguatkan apa yang pernah di babar Bung Yayan, Bung Satrio, Bung Jalo, Bung Now, Bung PS DLL soal alutsista yang didatangkan TNI. Alutsista seperti : Rafale, Typhoon, Kasel Kilo, Sukhoi Su 34 dll yg tidak pernah ada diberita (cuma di JKGR loh) mudah2an bisa ditunjukkan pada rakyat Indonesia. Salam kenal Bung Yayan…

    • perusahaan aja punya rahasia..apalagi negara ..!!!..biarlah rahasia itu tetap jd misteri bung gue…

    • Ya memang seperti itu,masak arsenal mau di obok2….???harus ada hal yg bersifat rahasia,tp jangan semuanya,kalo ada yg di rasa perlu di publish ya silahkan di publish….lanjutkan pak…!!!

  2. Siap pak,Lanjutkan….!!!!

  3. sudah di sabotase pertamaknya sama bung @gue

    • maaf bung gorbacep…… karena ada hal yg perlu diketahui oleh warjag, ini statement resmi pak Moel ……..

      yaitu …………..“ tidak semua pengadaan barang bisa terbuka, terutama dalam hal pengadaan persenjataan. Itu memiliki nilai rahasia, kalau diobral ke market bisa repot,” ujar Moeldoko.”

      Jadi pengadaan persenjataan TNI, ada publish resmi untuk publik , tapi juga ada yang Rahasia, tidak untuk di publish.

      Salam hangat

      • Gak apa-apa bung..! Saya rela kok..!

        • selamat malam bung yayan bagaimana kabarnya ? moga sehat selalu
          kapan artikelnya di muat lagi nih bung yayan.
          jadi ketagihan di lapak ini karena artikel bung yayan.

          • Hehehe..! Alhamdulillah baik bung..! Sebaliknya, gimana kabar bung Gorbacep? Semoga sehat dan senantiasa bahagia di tengah keluarga. Amien..!

        • Kyk lagu “……. Aku rela……. He he he
          Maaf bung Yayan.
          Sy jd ingat komentar bung gue di salah satu artikel.
          Kita harus bisa mdmbedakan publish resmi Darri user atau tni atau artikel dari narasumber.
          Dulu bung gue , komentar ttg ada perjanjian rahasia dgn rusia.
          Perjsnjian ini ada sisi positif yaitu lawan atau musuh tdk tau kekuatan indonesia sebenarnya.
          Sisi negatifnya rawan mark up anggaran baik dari pihak rusia atau indonesia.

          Saya setuju pendapat bung gue dulu, mknya skrg pak moel menggandeng KPK dan mencanangkan zona bebas korypsi sekaligu Hal yg masuk rahasia tetap terjaga

      • maaf bung @gue cuma guyon. jadi nga enak sama yang punya warung.
        makasih sebelumnya atas semua artikelnya yang di pubslih di lapak ini.
        salam hangat juga

  4. dapet no5

  5. Lanjutkan….salut sama pak moel.

  6. Setuju pak jendral tidak semua pengadaan senjata harus di buka ke publik, tetapi semangat pemberantasan korupsi demi menciptakan pemerintahan yg bersih tetap harus diutamakan.

  7. RI 1 2019

  8. menyimak

  9. Mantap panglima. Item2 yg rahasia boleh di buka dikit aja? Hehe

  10. Kelihatan pak moeldoko telah mendapat restu dr atasannya SBY untuk 2019.

    Sedikit info buat warga JKGR yg memiliki anak gadis harap waspadai pergaulan mereka n sosmed mereka.
    Oknum radikal sedang melebarkan cabang pendana utk gerakan mereka. Salam NKRI

  11. Yg penting tni sdh semakin matang, profesional dan transparan (dalam pertanggungjawaban atas pengadaan alutsista). Bagi saya tidak ada masalah kalo adahal2 tertentu yg menurut tni tdk boleh dipublikasikan kpd masyarakat krn senjata ragasia kita memang tidak boleh diketahui lawan. Hanya saya berharap adanya penghargaan bagi perwira sampai prajurit yg berprestasi dan punishmen bagi yg melanggar sumpah jabatan. Hidup tni!

  12. pake doa bung @jpt, anda pesimis ksli ma tni

  13. Bung BINx2BlackCODE@ untuk gerakan radikal apa sdh ada upaya2 kontra intelejen mengenai ini?,

  14. Di timur tengah wanita Indonesia adalah yg paling mahal, terutama 21thn ke bawah, saya rasa untuk anak laki2 cukup awasi mental n iman nya saja tp untuk anak perempuan punya kelemahan dlam kategori “Hati/Perasaan” n itu sasaran yg sangat empuk.

    /jam gadis indonesia < 21thn= 1200 rial. Di timur tengah khususnya dubai n UEA

  15. @YAYAN: Di timur tengah wanita Indonesia adalah yg paling mahal, terutama 21thn ke bawah, saya rasa untuk anak laki2 cukup awasi mental n iman nya saja tp untuk anak perempuan punya kelemahan dlam kategori “Hati/Perasaan” n itu sasaran yg sangat empuk.

    /jam gadis indonesia < 21thn= 1200 rial. Di timur tengah khususnya dubai n UEA

  16. Masalah oknum radikal Isis saya tidak terlalu khawatir tp tetap waspada, saya lebih khawatir kebangkitan “KOMUNIS” di Indonesia, tanpa atau anda sadari “Komunis” d NKRI telah merasuk sampai pada tingkat Legislatif n Yudikatif. Suka atau tidak itu KENYATAAN nya,

  17. Pengen tahu apa yg dibaca Pak Moel sama Pak Poer… Kira – kira ada yg tau ndak? 🙂

  18. Waspadalah terhadap komunisme.. mereka sudah merajalela di Indonesia.. setuju dengan bung BINX2BlackCODE..
    Salam kenal….

  19. Hari gini masih bangga sama F-35…pesawat gagal bin mahal
    Mending F-16 aja yang dah battle profen … gak ditembak dah jatuh sendiri… 😀

  20. @BARICADE: Semoga anda paham dgn clue ini n saya sangat berat ntuk menulisnya tp ini demi keutuhan NKRI, ingatkah anda seseorang yg prnah berkata di media “Indonesia sistem konstisionalnya sekarang sudah Liberal, n itu tidak boleh.! Indonesia harus kembali kepada UUD 45 seutuhnya” bung BARICADE jika anda paham bung, anda pasti akan langsung sadar n terkejut. salam NKRI

    • apa ada keterkaitan dengan sebuah lembaga pemberantasan korupsi yang ingin memasuki institusi TNI?? yang sudah jelas ingin merusak dan membeberkan segala alutsista dan segala rahasia yang TNI punya kepada pihak yang ada di belakang lembaga tsb??

    • memang liberal bngt bung
      apalagi jika dihadapkan dengan Pancasila,pasti sangat bertentangan

      • siap Bung! terima kasih atas penjelasannya. kalau untuk masalah ketidak jujuran negara produsen,bukannya sudah ga asing lagi ya? saoalnya pernah di singgung bahwa papa bear banyak mafia mafia alutsista nya hehehe

      • @urakan: anda benar tentang Liberal merusak tp pendapat anda tidak seutuhnya benar, kembali kepda UUD 45 seutuhnya “benar2 seutuhnya” = NAsionalis, KOMUNISME,AGAMA.

        • @NKRI: terimakasih kembali bung, masalah mafia, semua negara jg memilikinya, n memang bukan rahasia lg bung

        • mgkn pendapat saya tidak sepenuhnya benar bung
          dalam pikiran saya,ketika undang undang dibuat seharusnya tidak bertentangan dengan Pancasila
          Pancasila adalah ruh negara dan bangsa Indonesia
          sebuah program,proses dan tahapan tahapan dalam membangun Indonesia yg sesungguhnya

    • jangan kan parlemen…sebagai media kultur sudah dikembangkan di tingkat institusi pendidikan tinggi…aneka gula-gula doktrin dan konsep yg disampaikan…

      ternyata clue yg bung @BINx2BlackCODE..cukup untuk memberi bukti yg pernah ane sampein…kemarin2
      salam wat bung @BINx2BlackCODE..dari ane SR abal-abal hehe

  21. bung BINx2 yang kelempar di media kan kasus sapi. yang laporan, sonotan. kapan2 laporan si upil, kalo ada orang2 yang membahayakan para ular. rekening pada di sono semua walaupun cuman mampir. ke swiss dan cayman island kejauhan, dan masih banyak. aslinya kartu para anggota dewan dan sebagian pejabat kita udah mereka pegang, siapapun yang melawan bakalan ancur, kalo ngga rahasianya di beberkan mesti di hancurkan nama baiknya plus sabotase jadinya saya sama sekali ngga percaya kpk kecuali ketuanya dan orang2 yang sering muncul di tv. kpk kan lembaga super bodi jadi para ular sangat pingin masuk situ minimal jadi informan yang aman(hanya analisis pkl pinggir jalan)

    • @Freaxaout: di KPK jg tersebar org2 pilihan kita bung, untuk arus politik sekarang cuma n hanya KPK benar2 masih perawan krna dijaga oleh kita tp tdak tahu gimana nanti arus politik untuk 2014-2019, jd untuk saat ini kekhawatiran “Sabotase” di KPK saya rasa saat ini bukan jd masalah

  22. Binx2blackcode@ Berarti Apa yg saya fikirkan tentang ” Desain/ skenario menciptakan ‘tokoh'”-” Ide untuk merekayasa opini publik melalui
    media “-” Konsolidasi para pemilik modal” ujung2 nya jadi ini ??,saya paham bung.

    • Jika saya memberikan konspirasi sperti ini -> media sengaja menciptakan tokoh tertentu untuk membendung komunisme atau justru org dbalik medialah dalang komunisme.
      Tentu membingungkan bukan? Tp saya yakin komunisme dapat dberantas oleh pak moel, walaupn presiden skalipun ada dbelakang komunisme tp selama TNI berpegang teguh trhadap pancasila n nasionalisme presiden trsbut tdak bsa brkutik. Saya tidak mengatakan SBY atau JOKOWI atau PRABOWO salah satu dr mereka ada dbalik komunisme, saya hanya menggunakan kata “perumpamaan,seandainya” presiden. Jd saya bukan memberi statmen tp hnya sbuah perumpamaan.
      Jd jgn salah menafsirkan

  23. saya bilang kan ” informan yang aman ” bung BBBC.
    bukan yang kerja disana. harusnya sumber info harus di kejar dan jangan berhenti di lembaga , institusi dan pemerintahan. kingpin nya ituloh kudu ilang dulu. walaupun bakalan ada kingpin baru tapi dalam perebutannya kita bisa blackops. yang mana aja mau mimpin harus mati jadinya cuman ada gengster dan itu urusan polisi dikawal BIN bukan BAIS CMIIW

    • @freaxout: jika ada masalah dalam keluarga anda siapa yg lbih tau anda atau tetangga anda bung?
      Menjadi informan sbuah lembaga harus bsa menjadi keluarga besar lembaga tsbt. Menurut saya KPK aman dr informan asing dlam urusan militer bung

  24. kalo nyang itu iya pasti bung BBBC hehehe
    pis ah jangan ngambek

  25. Siap bung, tentang “media sengaja menciptakan tokoh
    tertentu untuk membendung komunisme
    atau justru org dbalik medialah dalang
    komunisme.”, saya pham bung
    .

  26. saya pernah membaca salah satu artikel mengenai ini, mengenai hubungan dan peran salah satu (….. ) , tp blum memmukan clue yg bisa dijadikan acuan ,apa motif dn tujuan konspirasi ini mengingat Pemerintah yg sekarang berbeda dengan “jamanya”, dmna blum bnyak lembaga2 independent yg bertugas mengawasi penyimpangan2, tp berharap semoga apa yg ditulis itu tidak menjadi kenyataan, Semoga NKRI ttp berdaulat adil dan makmur.

    • bagi2 ilmunya om baricade…

    • @baricade: jadi pertanyaan yg sbenarnya adalah “kerusahan internal NKRI yg di danai asing apakah murni campur tangan asing atau pihak tertentu dlam tubuh NKRI yg memanggil n meminta bantuan asing dgn prjanjian trtentu? ” jawabannya YA.! pihak trtentu dari NKRI lah yg memanggil asing. Semoga jd pencerahan. Salam NKRI

  27. Percaya atau tidak pak jokowi n partainya jg belum tahu skenario siapa yg djalani mereka pak handal, yg benar2 memahami keadaan NKRI sbenarnya suka atau tidak adalah rival pak jokowi, hanya saja partainya telah terbuai. Sbenarnya ini trmasuk rahasia tp tangan saya gatal . SALAM NKRI

    • wihiyy…semakin rumit..

      Mumpung masih masa transisi om…dibabar semua….siapapun yang salah dan benar…

      kalau saya yang salah; saya yang mendapat pencerahan..

      • Justru masa transisi yg mengharuskan saya bungkam bung, tp kalau pun pak jokowi tetap maju sbagai RI 1 semua sudah d antisipasi, pak jokowi org yg bgus n nasionalis hanya saja masih trlalu lugu, saya yakin di kursi RI 1 beliau akan dikelilingi org2 yg profesional, saya tetap optimis dgn itu. Inteligent n catur itu sama bung lawan bergerak 1 langkah, kami harus bsa brpikir kritis n memprediksi seakurat mungkin 3 langkah selanjutnya.

        • statemenya bagus om tapi masih telalu umum om….
          bharap ada info yg lebih g-spot biar orgame

          kalo kata andi arif ttg jokowi: “lebih banyak kita yg ngurusin dia dari pada dia yg ngurusin kita”

  28. bung BBBC jawaban untuk bung baricade menunjukan kalo kingpin nya udah di ketahui kok ngga di (blackcode). ah ngga tahu deh. kalo saya sih kenapa ngga nyari shauron(mata yang slalu melihat, yambung dari pak handal) kita bener2 bisa 2-3 langkah di depan mereka. kalo mata itu tetep terbuka apa yang kita lakukan juga tetep aja sana tau juga IMHO

  29. bung bin….apa yg harus saya lakukan untuk keluarga saya sbg refleksi pertemuan boma-plankton-kamerun-sikuping-mugi di kota pushington itu….ini kan confirmed bhw ada pihak internal NKRI yg narik asing kemari….sisi lainnya manuver kelompok komunis wis jeeengg…jeeeeeeengg…nunggu bledos ae

    aku cuman sopir truck, bung bin…aku khawatir ama keluarga besarku…..aku wong cilik…tp aku yo setia jogo NKRI….lha terus aku kudu lapo, bung bin?

    salam final untuk NKRI ….

    • @wojo: Ajari anak cucu anda tentang perjuangan bangsa ini, ajari mereka sampai mereka menangis bila mendengarkan lagu “INDONESIA RAYA” beri mereka pengertian sampai mereka menangis bung bila mendengar INDONESIA RAYA.

      itu .!

      • maturnuwun…bung bin

        Bismillah…..saya akan amalkan untuk mendidik dan mengajari anakku,muridku untuk menjadi patriot NKRI yg mengerti benar disanubarinya atas INDONESIA.

  30. @baricade: sangat cerdas bung.

  31. makasih banyak bung BBBC dan bung baricade ada yang nyambung kalo berfikir. itu blackcode di kurungin, kebiasaan disini itu artinya di gelapin hehehe.
    biasanya bung blaze yang bisa nyambung. sebenernya banyak uneg2 dalam hati. yang tentunya bukan ranah umum kadung sedikit tahu, juga ada tujuan gabung disini mudah2an tercapai
    amin

  32. Emang bayangan anda berjalan d tengah cahaya warna apa bung freaxout? 🙂

  33. ngga ada warnanya bung lha wong sipil. asli masuk sini nyari sodara. yang kenal paling sesepuh. udah 6 tahun ngga ketemu. nomor hpnya ilang se hp hpnya. ngga bisa di hidupin lagi soalnya harus nulis 3 telp terakhir. sekarang paling udah pensiun tapi ada suriken di pundaknya dia di AL. terakhir pamit di singapur mau ke amrik. kali aja ada kopdar dan sesepuh nongol jadi mau nanya hanya itu tujuan saya.

 Leave a Reply