May 142015
 
Kapal selam terbaru Jepang, Soryu Class

Kapal selam terbaru Jepang, Soryu Class

Jakarta – Disela-sela kunjungannya ke Indonesia, Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Jepang Mr. Hideshi Takuchi melakukan kunjungan kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Sekjen Kemhan) Letjen TNI Ediwan Prabowo, Senin (11/5/2015) di kantor Sekjen Kemhan Jakarta.

Selama melakukan kunjungan ke Sekjen Kemhan, ada beberapa poin yang menjadi pembicaraan kedua pejabat Kemhan, diantaranya perjanjian antara Indonesia – Jepang dalam transfer teknologi peralatan pertahanan.

Topik pembicaraan lainnya membahas kebijakan keamanan maritim Indonesia dan hubungan antara Indonesia dengan Tiongkok, di Laut Tiongkok Selatan, serta tindak lanjut hasil pertemuan informal antara Menteri Pertahanan ASEAN dengan Menteri Pertahanan Jepang.

image

Dalam kesempatan tersebut Wamenhan Jepang didampingi Staf Divisi Kebijakan Internasional, Kemhan Jepang Ms. Yuko Seki, Atase Pertahanan Jepang untuk Indonesia Capt. Hiroshi Komiya dan Asisten Athan Jepang untuk Indonesia Ms. Kimiko Okita.

Sementara itu Sekjen Kemhan didampingi Dirjen Strahan Mayjen TNI Yoedhi Swastanto, M.B.A dan Diranstra Ditjen Strahan Marsma TNI M. Sofiudin.

Sebelumnya pada hari yang sama, Wamenhan Jepang juga melakukan pertemuan dengan Sekjen ASEAN di Sekretariat ASEAN dan Dubes Amerika Serikat di Kedubes Amerika, Jakarta.

(dmc.kemhan.go.id)

Bagikan Artikel :

  71 Responses to “Jepang Bahas Transfer Teknologi Peralatan Pertahanan ke Indonesia”

  1. Bismillah Insya Allah TOT Pesawat, Kapal Selam dll

  2. jangan pelit2

  3. Tumben Jepang, atau baru sekedar wacana?

    *Soryu class ngapain dipampang disitu?

    • Harapan ada yg komen *jangan2 soryu dibeli…preett

      • tidak mungkin indonesia bisa beli kasel soryu teknologi tinggi harga jg tinggi itu cuma pesanan australia, indonesia tdk mampu beli cuma bisa kasel cebol cangbogo.

        • @astuti

          kmu cuma bisa menghina, kita beli bukan cm beli, tapi dgn ada nya ToT buat kemandirian bangsa, mmg Soryu harus dibeli? klo gk sesuai dgn keinginan user mau diapain?
          beli cuma beli tanpa ToT gitu?
          coba kmu pikir knp Changbogo yang notabene U-209 di pilih?? udh tau apa itu improved Changbogo??

        • ooo…gaya loe sok kayak bray ngatain ga mampu beli…kalo belum sembuh ga ush komen bray nyampah

    • Australia kan ngarep Jepang memberi TOT Soryu tapi apadaya Australia belum mampu. Apa mungkin TOT Soryu diberikan ke RI ? Haiikkk …. Xixixixi…????

      • tidak bakalan bung. lebih baik ke alternatif yang lain. teknologi soryu di dapat dari kockum saab. jikalau ingin lebih baik gabung joint development kockum-saab dan damen. otomatis akan menjadi ks dengan teknologi dan doktrin terbaru.

  4. Kenapa jepang pake protes dan Ribut pd wkt Indonesia mau meng akuisisi KS.kilo Class, lha sekarang malah mau kasihToT alat pertahanan, ……………. hati2 jangan sampai terseret pd kemauan jepang dlm hal perselisihan dgn China atw LCS ……… !!!

  5. Mantap ambil semau tot demi kemandirian,,,, jangan takut ama cina, kecewa tot c705 gatot,,,!

  6. Salah satu topik yang diangkat adalah membahas hubungan indonesia dengan cina? Wah berarti ada syaratnya ding TOT itu, antara lain pasti jepang meminta agar hubungan dengan cina dihentikan.

    Wah,,wah,, pusing kepala jenglot.

  7. mending beli “Suryu” dari pada “kilo” plus TOT

  8. Serangan pendekatan terhadap Indonesia begitu masif dilakukan dari berbagai sisi oleh pihak barat.
    Dari pihak om ruskyi adem ayem aja… Belum ada greget nya.

    Semoga tawaran ini merupakan tawaran yang tulus, bukan untuk menjalankan suatu intrik di belakangnya.
    Jika ada gejala seperti itu, ambil manfaatnya selanjutnya tendang ke laut aje…

    • Teu aya ” makan siang ” anu gratis kang ……… !!!

    • Km tak akan pernah tahu kenapa Rusia adem ayem kan?? Ibarat jualan motor blok barat menyuguhkan motornya sambil mengunggulkan teknologi yg dibawa, lha Rusia ibarat dagangan motor yg dibawa cuma BROSURnya saja karna dia tahu bahwa barang yg ditawarkan sudah dipakai dan pemakai Tahu kualitasnya jadi buat apa repot-repot bawa barang dagangannya

  9. Jepun ah jepun!!? Penjajah modern jgn dipercaya..

  10. Biasalah politik kepentingan…ada timbal baliknye ane jamin..kaga ada yg namanye sahabat & musuh yg abadi, yg ada kepentingan abadi..!!! Yg cuman bisa dimainkan adalah ambil sesuatunye yg memang menguntungkan bangsa ini.bukan malah menjerumuskan & merugikan indonesia..

    ….NKRI HARGA MATI…

    • Saya kira tawaran jepang ini bagus banget. Walaupun nantinya tidak bisa tot full bahkan tidak bisa terserap optimal (seandainya jadi dan bener ditawarkan serta di ambil), soryu class merupakan calon ‘musuh’ potensial ks kita. Biar bagaimanapun kayanya australia paham dan ngebet akan teknologi yang nempel pada soryu class, berarti ada nilai plus bagi mereka terhadap kita. Australia bisa tidak bisa harus mendapatkan teknologi soryu, karena (menurut ane) jepang merupakan research and development country terbaik dengan fasilitas yang sangat mumpuni. Manfaatkan kesempatan ini, untuk mempelajari teknologi soryu, mau tidak mau, bisa tidak bisa, karena secara tidak langsung kita bisa mengetahui teknologi terbarunya, kelemahan, kelebihan bahkan bisa mengembangkannya.
      pelajari yang bisa dipelajari. Manfaatkan apa yang bisa dimanfaatkan.

  11. gambar soryu kok di pampang? MUNGKIN INDONESIA UDAH BELI KS. SORYU KALI YAH?

  12. Point menarik dari kunjungan tsb adalah Hubungan antara Indonesia dengan Tiongkok, di LCS dan kaitannya dgn Jepang.

    Tampaknya jepang sdg memikirkan untung-ruginya dlm konflik LCS sebab mitra penting jepang sdg menjalin hubungan mesra dgn tiongkok.

    Disisi lain jepang tdk ingin merusak hub/kepentingan dgn indonesia perihal jika kebijakan yg diambil dlm konflik LCS, Tiongkok meyertakan Indonesia sbg prisai terdepan maka Jepang akan berpikir ulang dikarenakan tdk ingin bergesekan langsung dgn Indonesia mengingat hub yg selama ini terjalin sgt baik diantara kedua negara.

  13. Kayaknya ga hanya TOT alutsista aja yg diberikan…
    lama2 Nippon San ini ngasih TOT atau joint dalam industri bermotornya jika Negeri Tsar Nikolas melalui Truk KAMAS nya serius akan membuka lini produksinya disertai dg komitmen yg bisa membantu Indonesia mampu mandiri dalam industri kendaraan bermotor….
    Toh Rusia ga akan rugi2 amat untuk berbagi teknologi KAMAS jika hal itu bisa membuka pasar untuk disini……bahkan bisa menggerus pangsa pasar merk2 Jepang…….
    IMHO….

  14. indonesia adlh negara penting bg jepang maka mereka akan kehilangan pangsa pasar dan investasinya bila indonesia sdh mendekatkan diri ke cina dan rusia. berapa merek otomotif dan elektronik jepang di indonesia jumlah sgt byk sekali, jepang perlu hubungan g to g lagi spy indonesia tdk beralih ke rivalnya apalagi indonesia mrpkan sentra jalur maritim dan distribusi barang dan minyak mereka dan kaya akan sumber bahan mentah bg industri mereka.

  15. Jepang tau nkri penting buat jepang bung iksan, tapi jepang masik kurang ajarr
    Sangatt kurang ajar, bullsit jepan mau berbagi tot penuh. Lihat dlm hal otomotif saja, meski sebagian besar udah dirakit di mari namun utk beberapa jenis komponen penting nan vital tetap dr jepang. Tdk ada satupun yg dibuka. Padahal lebih 90% otom9tif kita dr jepang.
    Blm smua dana masuk dr jepan, yg semua dikenai beban bunga, bukan dlm mata uang Rp.

    • itulah pandainya mereka bung. kita ini hanya dianggap sbg pasar saja. berapa banyak unit cbu yg diimpor dari jepang lalu dirakit di indonesia. kesalahan di awal kebijaksanaan dulu yg cuma menginginkan investasi mereka tanpa perlu mengharuskan mereka transfer teknologi dan meningkatkan local content. pemerintah bisa mengupayakan menciptakan iklim kondusif utk produksi dan industri kita dgn memberikan bea masuk yg tinggi atau memberi insentif bagi industri yg sdh meningkatkan local content. namanya pengusaha, pasti para investor akan menimbang untung ruginya bila dia mengimpor dr luar atau produksi sendiri di lokal. akan byk multiflier efek bila mereka memilih memperluas lini produksi. dari tenaga kerja smp suplier lokal. sudah waktunya pemerintah dan bangsa ini menciptakan dan mendukung industri daripd importir atau pedagang.

      memang benar uang mereka diberi bunga tapi saya akui rate bunga mereka lebih rendah dari bank lokal. untuk pemakaian mata uang tergantung kekuatan negosiasi pengusaha lokal kita apalagi skg ada peraturan BI yg baru utk menggunakan mata uang rupiah. dgn alibi peraturan BI tsb kita bisa memaksakan mereka utk menggunakan rupiah.

  16. Jangan TERLALU BERHARAP TOT KS da Jepang, Australia aja yg beli BORONGAN ni KS ga di kasih TOT nya..mending fokus di TOT KS CBG (209) dari KorSel ja..dah terbukti kerjasama dng KorSel kita bisa MENGHASILKAN LPD Banjarmasin Class & Tarantula..smoga menyusul KFX/IFX..Amin

  17. Tot apaan nih?
    Jgn2 yg mau dibangun di PT DKB Jkt.

  18. fantastic tetapi utk belanja di atas plg byk info purchasing utk TNI AD yg lainnya mana

  19. YANG KITA BELI KAN CAHBOGO, KENAPA POTONYA SELALU KS ORANG LAEN YANG DIPAJANG..??

    HARUS BANGGA DENGAN PRODUK SENDIRI……….!!!!!!!!!

  20. jepang itu negara super pelit ngak munkin ngasih tot palingan tot ngelap kaca truck hino….jepang janji tot = bullshit= tot jepang eek kebo…..

  21. Mungkin mau berbagi kembangin ifx/kfx .
    Soal teknologi jepang no 1 makanya ada perjanjian antara as dan jepang .
    kalau sudah ngamuk ngeri” sadap ni jepang soalnya rakyatnya kompak jg .

  22. Okeh deh, semoga terwujud. Demi kepentingan bersama.. waktunya semakin cepat semakin baik…

  23. Tanda”nya Indonesia menjadi Negara Mercusuar Dunia dgn kemandiriannya agar tdk di Dikte Bangsa Lain,…

  24. eh fantasy apaan???? emang udh ad yg terealisasi mknya AUS pd ketar ketir mau beli Alutsista baru..,Indonesia banyak duitnya, DPR nya aja yg masih berusaha mengagalkan pembelian senjata. makanya TNI banyak beli senjata diam2, dan lebih ditakutin sm negara2 tetangga sebelah adannya pembeliaan senjata yg tidak dipublikasikanm dan ktnya bermacam Rudal, Radar, kapal selam yang bendanya bs disembunyikan, beda ky kapal perang, tank dll. Kl kata Rusia melalui Dubes nya, Indonesia sekarang yang terkuat di Kawasan sekitanya. itu yg Gw tau..

  25. Setuju!!! supaya Militer Indonesia dapat kembali Jaya di Dunia, daripda duit dikorupsi sm Oknum” Politisi, aparat dll, mending duitnya disita untuk beli senjata, dan TOT dr Rusia. Lumayan buat tambahan budget TNI buat beli senjata. Beli Senjata mending sm Rusia lah pasti TOT nya krn murni jual beli senjata, tp kl beli sm sekutu ASU gw masih ragu, mrk itu kan ky musuh dlm selimut?? Pokoknya sekali Rusia tetap Rusia.

  26. Saya ga percaya seluruhnya kalo nippon mao kasih TOT..ini pengalaman sejati kami yg pernah kerja sama dgn mereka..pasti item strategisnya ga bakal dikasih…gaaa bakaaalll !!..dikasih…lg pula mereka sekutu merica..yg perlu dicontoh mereka adalah etos kerja yg tinggi,disiplin,tepat waktu,kreatif,ga banyak omong & jgn sekali” nyetel musik saat kerja…memai g

  27. Saya ga percaya seluruhnya kalo nippon mao kasih TOT..ini pengalaman sejati kami yg pernah kerja sama dgn mereka..pasti item strategisnya ga bakal dikasih…gaaa bakaaalll !!..dikasih…lg pula mereka sekutu merica..yg perlu dicontoh mereka adalah etos kerja yg tinggi,disiplin,tepat waktu,kreatif,ga banyak omong & jgn sekali” nyetel musik saat kerja…ngomel mereka…

  28. copy paste dari mana bung?

  29. Untuk TNI AL mana ? TNI AU sdh dikirim bung sayaret di postingan sukhoi.
    Untuk TNI AL mana ?

  30. jepang sekutu dekatnya asu paling udh kedip2 mata pgn ngerusak konsentrasi militer dan pemerintah kita, isu2 ttg otomotif buatan dalam negeri pun sering mereka ancam sehingga tak berkembang, sama aja kaya asu negara penjajah jadi ingat bacaan di warung sebelah global apaan gitu 3 kejahatan perang yg dilakukan jepang di indonesia, yaitu antara lain romusha kerja paksa,trus yg kedua budak seks utk serdadu mrk gadis2 nusantara yg berumur 13-25 thun hbis dimainin…kadang diperkosa didepan keluarga gadis….tragis darahku naik dendam rasanya, lantas dgn mudah mereka menyampaikan kpd masyarakat dunia belum lama ini utk tidak atau jgn mengingat dan mengulangi penjajahan dimuka bumi lagi…sy doakan smg china suatu saat menjajah jepang nyahooo loo, berhati2 lah indonesia dgn negara2 penjajah…

  31. pokoknya sekali su 35 tetap su 35. menteri pertahan harus kuat “iman” jangan mau di gida f 16 block 60 ke, pesawat fr inggris ke, perancis ke pokok nya yg berbau nato hindari. mereka itu satu.

  32. Jep*ng jualan mobil di Indonesia dari tahun 70’an saja, sampai sekarang Indonesia belum bisa bikin mesin ????

    Apalagi yang kaya beginian……ditawari TOT……paling juga di PHP in……

  33. baris yg terakhir itu kira2 apa ya : xxxxx-strategic weapon system… jangan I**M ya.. hehehe ngayal.com

  34. TOT buat ultraman.. Apa satria baja hitam… Heheheheh.. Jaman perjuangan dulu aja senjata mereka harus di rebut kok.. Sekarang bilang mau kasih TOT.. Wait n see aja dulu .. Walaupun ga percaya..

  35. kerja sma demgan jepang oke jamgam takut dikerjai lama-lama pinter juga

  36. Ha ha…. Semua kok ketar ketir. Dan tiba tiba berubah menjadi dermawan ke negeri kita? Ngobral MBT sekenlah buat kita. Hibah pesawat semi rongsokanlah, mau jual pesawat canggih ini itulah, dan ini mau ngasih ToT lah sama kita. Baiklah…. Kita tunggu apa yang ditawarkan RRC buat kita…. Oohhh sudah ya? Pelabuhan, railroad, power plant, ini itu dan bla bla bla. Sebagai gadis cantik yang jadi rebutan para jejaka, pintar pintarlah bawa diri. He he he… Terima semua apa yang ditawarkan semua jejaka itu. Baik baiki semuanya, tapi jangan terima komitmen ikatan. Dan jangan bikin sakit ati mereka. Bisa bisa kena santet. Pokoknya porotin mereka semua sampe gigit jari…. Ha ha ha…

  37. Jepang bertanya….Indonesia menjawa ” baiklah upik abu..”

  38. Jepang bertanya….Indonesia menjawab ” baiklah upik abu..”

  39. TOT pembuatan mesin pesawat dan mesin2 alat tempur yg lainnya.. serta TOT pembuatan rudal.. 🙂

 Leave a Reply