Feb 062015
 

image

Tokyo – Pemerintah Jepang mempertimbangkan untuk melakukan patroli udara dan laut di Laut Cina Selatan. Langkah ini gerakan yang berisiko meningkatkan ketegangan baru dengan China, tetangga yang memperkuat kehadiran militernya di wilayah tersebut 04/02/2015.

“Saling ketergantungan antar ngara semakin meningkat dan mendalam dan situasi di Laut China Selatan yang memanas mempengaruhi keamanan nasional kita,” kata Menteri Pertahanan Jenderal Nakatani, Selasa di Tokyo. “Cara bangsa kita menangani persoalan ini akan menentukan situasi kawasan Laut China Selatan ke depan,” katanya, seraya menambahkan Jepang tidak memiliki rencana khusus saat ini untuk memulai patroli.

Sikap ini disampaikan Nakatani, menanggapi komentar yang dibuat pekan lalu oleh Komandan Angkatan Laut Armada Ketujuh, Laksamana Madya Robert Thomas, bahwa AS akan “welcome” dengan adanya perluasan patroli udara ke Laut Cina Selatan untuk melawan meningkatnya jumlah kapal China yang mendorong klaim teritorial negara mereka.

Patroli rutin Jepang saat ini meluas ke perairan di sekitar perbatasan Laut Cina Timur, di mana Jepang terlibat sengketa dengan China atas kedaulatan rantai pulau kecil. Rencana perluasan pengawasan akan menjadi satu poin diskusi antara Jepang dan AS untuk menyelesaikan revisi pedoman kerja sama pertahanan pada semester pertama tahun ini.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina Hua Chunying pekan lalu memperingatkan adanya potensi gangguan di Laut Cina Selatan, tanpa secara khusus mengacu ke Jepang.

“Kami bersedia dan mampu untuk bersama-sama menegakkan perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan,” ujar Hua kepada wartawan di Beijing dalam menanggapi pertanyaan tentang komentar Thomas. “Negara-negara di luar wilayah tersebut harus menghormati usaha dari negara-negara di kawasan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas, dan menahan diri dari upaya menabur perselisihan di antara negara-negara lain dan menciptakan ketegangan.”

Kekuatan Maritim
Presiden China Xi Jinping terus berupaya memperluas jangkauan China sejak berkuasa pada bulan November 2012. Pimpinan Partai Komunis ini menyatakan akan membuat Cina menjadi kekuatan maritim sebagai tujuan nasional. China juga terus mengembangkan kemampuan militer dan jangkauan tempur untuk mendukung claim mereka atas sebagian besar Laut Cina Selatan.

Ketegangan meningkat dalam beberapa tahun terakhir antara China dan negara-negara penuntut lainnya, terutama Filipina dan Vietnam. Filipina juga telah mengajukan kasus teritorial ini ke arbitrase internasional.

Cina telah memperluas patroli angkatan laut untuk mengkover sebagian besar Laut Cina Selatan, menurut laporan media pemerintah. Namun Pemerintah Beijing berulang kali membantah akan mengatur zona pertahanan udara di wilayah tersebut.

China juga terlibat dalam sengketa dengan Jepang atas kedaulatan pulau-pulau di Laut Cina Timur, yang dikenal sebagai Senkaku di Jepang dan Diaoyu di China. Pembelian Jepang pulau di September 2012 memicu demonstrasi di Cina dan serangan terhadap perusahaan-perusahaan Jepang. Pertemuan dan gesekan antara kapal dan pesawat dari kedua negara telah mengangkat potensi konfrontasi.(bloomberg.com).

Bagikan Artikel :

  24 Responses to “Jepang Berencana Memperluas Patroli ke LCS”

  1. bukan jadi cekcok lagi ni..

  2. premium kah

  3. Mobil jepang tambah ngga laku d China

  4. Nunggu tanggapan tiongkok kira kira apa nehh??

  5. gegerrrrr

  6. Soryu Soryu pada sliweran, comotttt hehe

  7. wah mengingatkan armada laut kekaisaran jepang saat WW II..betul patroli aja di laut china selatan, rusia juga seharusnya biar tambah rame dan imbang kekuatannya. segera perkuat pertahanan kita di natuna saya yakin TNI tidak akan diam aja

  8. Zaman Kubelai Kau dulu Majapahit seimbang dengan Cina, Negara Cina tidak pernah menjajah NKRI tapi sekarang orang Cina menjajah NKRI (ekonomi), dulu Negara Jepang pernah menjajah NKRI, mau pilih mana ? bingung khan !

  9. China vs Jepang = perang dunia 3

  10. Wah… Gawat tuh!!!

  11. ini akan lebih memperkeruh suasana, itu berarti akan mempercepat konflik LCS, saya yakin ini yg di inginkan asu, bagaimana asia tenggara sudah siapkah ???

  12. ASu pasti gembira, moment inilah yang dinantikan oleh ASu, bakalan banyak order alat2 perang dari jepang cs !!!

  13. NINJA VS SHAOLIN
    Jika rencana Jepang benar2 terealisasir, mk ini akan menjadi tontonan yg menarik. Krn kita akan bisa melihat manuver2 menarik dari kedua belah pihak dan akan bisa menyaksikan jurus2 Ninja yg benar2 telah terbukti keampuhannya pd masa PD II coba diimbangi oleh jurus2 Shaolin yg baru kelihatan kehebatannya dalam film2 saja.

    Ini gratis loh. Hehehe!
    Selamat menyaksikan, kawan!

  14. tu kapal pengangkut helikopter punya indonesia yg dititipkan ke jepang demi menjaga perasaan negara tetangga agar tidak terjadi perlombaan senjata di asia tenggara… kalau gak percaya lihat benderanya warna merah putih

  15. awas di terkam sama naga !

  16. arigato gozaimastah ..sye sye !!

  17. jepang gak usah ikut campur di LCS , sang agresor mulai mengendus tulang ..

  18. Sama sama negara penjajah biarkan bertarung.. kita lihat aja..

    • betul negara penjajah biarkan bertarung ,sekalian asu, barat dan rusia biar mereka hancur. Terutama kehancuran barat yg melabelkan islam teroris padahal merekalah teroris ,ingat negara mana yg banyak menciptakan alat alat perang itulah teroris sesungguhnya

  19. Jepang dgn sengaja ikut nimbrung dlm sengketa LCS, untuk menarik simpatik ASu, …. payah !

  20. untuk mengamankan jalur perdaganganya, si jepang mengambil langkah brelian tpi beresiko tinggi terjadi konflik terbuka. Jepang tlah / sudah mempertimbangkan dengan matang apa konskuenya nanti. Jalur playaran impor exspor dari dan ke jepang. Kalo g’ gini ekonomi jepang akan kolap tatkala jalur dagangya di tutub permanen china.

  21. Sebelum merembet ke Indonesia, akan rame China vs Jepang – Korsel dulu

  22. Kalau lihat peta baru yang diklim china memang gila masak wilayah china sampai mepet2 zona ekslusif indonesia dipulau kalimantan, sulawesi dan papua, laut seluas itu maunya buat dia doang, terus gimana nasib nelayan korsel, korut, vietnam, jepang, singapura, taiwan, thailand, kamboja, philipina, malaysia, brunai, dan sebagian indonesia, lebih gila lagi ngaku2 pulau natuna punya dia sampai TNI AL mengirim 7 KRInya untuk menjaga natuna, Panglima TNI menolak ajakan latihan perang dari militer China dilaut China selatan, malah TNI ngajak militer USA latihan perang di kepulauan Natuna (China mulai jadi ancaman nyata dipasifik mau tak mau mepet ke USA) kalau China makin arogan dengan peta baru sepihak, mau tak mau mesti dikeroyok rame2 asean (10 negara), jepang, korsel, Ausi dan tentu saja USA.

 Leave a Reply