Jepang Bersiap Bangun Jet Tempur Siluman

ilustrasi Jet tempur siluman Jepang. (@ Japan Ministry of Defense)

Jakartagreater – Jepang telah mengumumkan rencana untuk membangun salah satu pesawat jet siluman paling canggih di dunia, kemungkinan pesawat bermesin ganda yang dirancang untuk mengambil alih peran pertahanan udara penting negara itu pada dekade mendatang.

Kementerian Pertahanan minggu ini mengatakan kepada sekelompok anggota parlemen negara Jepang, bahwa jet tempur generasi keenam yang baru, akan mulai berproduksi pada tahun fiskal 2031 dan menggantikan armada tua negara itu dari hampir 100 jet F-2, mesin tunggal generasi keempat pesawat tempur meniru model F-16 Amerika, menurut penyiar nasional Jepang NHK News.

Jepang telah membuat timeline untuk pengembangan dan pengiriman jet tempur next generation yang dibuat secara lokal, dengan produksi serial akan dimulai pada awal dekade berikutnya.

Kementerian Pertahanan Jepang mempresentasikan rancangan rencana pengembangan program tempur kepada sekelompok anggota parlemen dari Partai Demokrat Liberal yang berkuasa pada hari Selasa, 7 Juli 2020 yang menunjukkan bahwa produksi skala penuh akan dimulai pada tahun 2031, dirilis Defensenews.com.

Kementerian Jepang menambahkan bahwa kontraktor utama untuk program akan dipilih pada awal tahun depan, meskipun itu bisa terjadi segera setelah Oktober 2020. Ini akan memungkinkan desain dasar untuk badan pesawat dan mesin akan diluncurkan sebelum akhir saat ini. Tahun fiskal Jepang, yang berakhir 31 Maret 2021.

Langkah selanjutnya adalah produksi prototipe pesawat tempur pertama, yang direncanakan akan dimulai pada 2024, dengan uji penerbangan yang akan dimulai pada 2028 setelah finalisasi desain dan rencana produksi.

Pesawat tempur baru ini dijadwalkan untuk menggantikan sekitar 90 pesawat tempur Mitsubishi Heavy Industries F-2, yang akan dihapus pada pertengahan 2030-an, karena penggantinya akan secara resmi diperkenalkan ke layanan pada tahun 2035. Jepang sebelumnya mengatakan pesawat tempur baru akan bersifat siluman dan dapat dioperasikan dengan militer AS.

Jepang telah meneliti dan mengembangkan teknologi tempur selama dekade terakhir, termasuk bekerja pada desain dan bahan siluman, radar array yang dipindai secara elektronik aktif, dan mesin turbofan afterburning.

Fitur yang dimiliki Jet Tempur Siluman baru Jepang nantinya, antara lain: kemampuan untuk menyinkronkan penargetan rudal antara beberapa pesawat, yang dikenal sebagai integrated fire control or network shooting; Penyimpanan senjata internal, seperti pada jet stealth F-22 Amerika; penggunaan thrust-vectoring nozzles perangkat yang memungkinkan dorongan mesin untuk berbelok lebih tajam.

2 pemikiran pada “Jepang Bersiap Bangun Jet Tempur Siluman”

  1. Liat aja nanti kedepannya bila jepang mampu kembali membangun industri militernya seperti era PD II aku yakin jepang akan perrlahan membuang pengaruh2 sesat asu dr negaranya, aku yakin jepang sebenarnya tau salah satu penyebab sentimen china dan korea utara terhadap jepang karena begitu kuat pengaruh asu di jepang, jepang emang harus membangun sendiri industri militernya sehingga benar2 mandiri untuk segala kebutuhan militer tanpa ada lg pengaruh asu yg sebenarnya biang kerok pengadu domba negara2 asia pasifik’ jepang jg harus sembari berusaha meredakan sentimen kawasan melalui rekonsilidasi terhadap negara2 kawasan yg sentimen terhadap jepang sebab hanya dengan mencoba menurunkan ego semua masalah pasti bisa dibicarakan dengan bijak, sesungguhnya unjuk kekuatan militer dan perang itu tdk ada gunanya’ pilihan perang adalah opsi terakhir itu pun apabila emang sudah benar2 positif terancam pasti diserang negara yg menjadi lawan.

Tinggalkan komentar